Maksud dan fungsi VPN (Virtual Private Network) - de-Tekno.com

Maksud dan fungsi VPN (Virtual Private Network)

VPN singkatan dari Virtual Private Network yang berarti jaringan virtual pribadi. Fungsi VPN adalah untuk sembunyikan identitas asli ketika mengakses internet dengan cara membuat identitas baru yang palsu bagi pengguna nya.

Maksud dan fungsi VPN

Setiap kali berinternet kita akan membawa identitas. Identitas yang dimaksud dikenal dengan istilah IP Address (Internet Protocol Address). IP Address ini harus dimiliki oleh perangkat yang terhubung ke jaringan internet sebagai identitas dari perangkat tersebut agar bisa saling berkomunikasi.

Bersamaan dengan IP Address terdapat beberapa data lainnya yang bisa dilihat seperti nama penyedia jasa internet yang anda gunakan (Internet Service Provider yang disingkat ISP), lokasi, perangkat yang digunakan serta beberapa data-data lainnya. Data-data ini tidak akan terlihat oleh pihat lain jika menggunakan VPN.

Cara kerja VPN

VPN bekerja dengan cara menciptakan terowongan atau jalur internet khusus antara lokasi internet pengguna dengan server VPN yang berada di lokasi lain dan seolah anda sedang berada di lokasi server VPN tersebut. Data antara lokasi pengguna dan server VPN akan selalu di acak agar tidak bisa dibaca oleh pihak lain.

Berikut beberapa fungsi VPN

Sembunyikan riwayat berinternet (Browsing history)

Semua riwayat ketika kita menjelajahi internet, dengan mudah dapat dilacak oleh ISP (Penyedia jasa internet) dan aplikasi Web Browser. Situs yang dikunjungi pun juga menyimpan riwayat kunjungan. Web Browser akan selalu menyimpan riwayat pencarian penggunanya. Dengan VPN, penyedia layanan internet (ISP) dan Web Browser tidak akan bisa melacak riwayat berinternet pengguna.

Mengganti IP address and lokasi

IP Address adalah alamat perangkat kita. Alamat ini bisa dideteksi dan dikunjungi oleh siapa saja. Bagaimana jika yang berkunjung berniat jahat?

Dengan VPN, IP Address dan lokasi pengguna akan disembunyikan dan diganti dengan IP Address dan lokasi virtual yang disediakan oleh VPN. Jika ada yang berkunjung, maka yang dikunjungi adalah alamat virtual VPN bukan alamat asli pengguna.

Mengganti Geografi untuk streaming

Acara TV Streaming sering dibatasi oleh wilayah geografi. Hanya tersedia di wilayah atau negara tertentu saja. Di Smart TV terdapat fitur untuk mengganti Geografi. Namun walaupun sudah mengganti geografi, penyedia layanan tetap bisa membaca IP address dari Smart TV tersebut sehingga layanan TV streaming tetap tidak bisa di akses.

Dengan VPN, pengguna bisa mengganti IP Address ke negara yang diinginkan. Dengan demikian acara TV streaming tetap bisa diakses walupun berbeda negara dengan penyedia layanan TV streaming.

Melindungi perangkat

Saat terkoneksi dengan internet khususnya yang menggunakan wi-fi publik, perangkat yang digunakan (laptop/PC, tablet atau smartphone) bisa menjadi target para hacker. Dengan bantuan VPN, data yang dikirim dan diterima di perangkat akan diacak sehingga hacker tidak bisa memantau kegiatan anda.

Melindungi data

Saat bekerja dari rumah, mungkin anda ingin mengakses file penting dari kantor atau perusahaan. Demi keamanan, anda pastinya membutuhkan koneksi yang aman agar data dan aktivitas anda tidak diketahui pihak lain. VPN ber-fungsi menyediakan jalur khusus (pribadi) ke server kantor atau perusahaan dan menambahkan enkripsi untuk mengacak data yang dikirim dan diterima sehingga tidak bisa dilacak pihak lain.

Demikian maksud dan fungsi VPN, semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Cara berbagi koneksi internet VPN dari laptop Windows 10
Cara menggunakan VPN Gratis di laptop/PC Windows
Mengisi formulir dan membuat tanda tangan dokumen PDF
Antara Browser dan Search Engine, apa bedanya?
Apa itu streaming dan hal yang perlu diketahui pada streaming video dan audio

error: Content is protected !!