Fungsi Setting dalam Developer options hp Android - de-Tekno.com

Fungsi Setting dalam Developer options hp Android

Fungsi Setting dalam Developer options. Di dalam menu Developer options terdapat banyak opsi yang disediakan hp Android. Berikut beberapa fungsi setting dalam Developer options (opsi Pengembang) yang mungkin juga bermanfaat bagi pengguna hp Android.

Fungsi Setting Developer options

Select USB Configuration

Settings “Select USB Configuration” berfungsi untuk memilih atau menetapkan default koneksi USB saat hp Android terkoneksi ke komputer dengan kabel USB. Koneksi Default bawaan pabrik adalah Charging.

Jika anda sering memindahkan file ketika terkoneksi ke komputer maka default koneksi USB nya perlu diganti dari Charging ke File Transfer (Android 9 ke atas) atau MTP (Android 8 ke bawah), agar setiap kali terkoneksi ke komputer anda tidak perlu lagi mengganti jenis koneksi USB.

Untuk mengganti default koneksi USB, anda masuk ke Developer options dan klik “Select USB Configuration” kemudian pilih default koneksi USB yang diinginkan, File transfer atau MTP biasanya.

Force Activities to be Resizable

Ini ada hubungannya dengan fitur Split screen jika fitur ini tersedia di hp anda. Jika settings “Force Activities to be Resizable” diaktifkan maka aplikasi yang tidak support Split screen tetap bisa dibuka di fitur Split screen.

USB Debugging

Settings USB Debugging ini sering diminta untuk diaktifkan ketika menggunakan aplikasi tertentu seperti aplikasi Droidcam, Airdroid, dll. Fungsinya untuk memberi akses kepada komputer dengan menggunakan aplikasi yang sama. Aplikasi akan meminta untuk mengaktifkan USB Debugging jika hp Android nya tidak di Root.

Select mock location app

Jika hp Anda tidak ingin dilacak menggunakan GPS, anda bisa menggunakan aplikasi pembuat GPS palsu. Aplikasi semacam ini cukup banyak dan bisa dicari di Playstore, seperti Fake GPS misalnya.
Untuk membuat lokasi palsu, aktfikan settings”Select mock location app” ini lalu pilih aplikasi yang ingin digunakan.

OEM (Original Equipment Manufacture) unlocking

Jika anda merasa bosan dengan user interface seperti MIUI (Xiaomi) atau OneUI (Samsung), atau hp anda tidak pernah dapat update lagi, anda bisa melakukan Root kemudian meng-install sistem operasi Android yang lain lain (yang diistilahkan dengan Custom ROM). Sebelum melakukan Root settings “OEM unlocking” harus di aktifkan dahulu.
Cari dulu informasi yang cukup sebelum anda melakukan Root di hp Android anda.

Force 4x MSAA

MSAA singkatan dari Multi-Sample Anti-Aliasing, yakni faktor yang berpengaruh pada reproduksi gambar di layar hp. Jika settings Force 4x MSAA di aktifkan akan menghasilkan gambar yang lebih baik namun akan cepat menghabiskan batre hp anda.
Settings Force 4x MSAA ini sering diaktifkan jika ingin mendapatkan grafik yang lebih bagus atau nge-lag saat bermain game. Namun harus juga didukung oleh kehandalan GPU (pengolah grafis) dan Chipset. Jika tidak, kinerja hp akan menurun.

Demikian beberapa fungsi setting dalam Developer options yang mungkin saja diperlukan. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Jenis sensor di hp – Accelerometer, Gyroscope …
Cara install aplikasi hp Android selain dari Playstore
Mode koneksi USB Android | MTP, PTP, MIDI, RNDIS, File Transfer
Mengganti default koneksi USB hp Android ke laptop/PC
Mengirim file sesama Android menggunakan Nearby Share

error: Content is protected !!