Cara membagi layar di Windows 10 (Split Screen) - de-Tekno.com

Cara membagi layar di Windows 10 (Split Screen)

Tidak mau kalah dari hp, Windows 10 pun memiliki fitur untuk membagi layar (Split screen), namanya Snap windows. Beberapa aplikasi yang terbuka bisa ditampilkan di layar laptop/PC secara proporsional. Sehingga kita dapat bekerja dengan beberapa aplikasi sekaligus. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus ini dikenal dengan istilah Multitasking.

Bagi yang ingin mencoba membagi layar laptop/PC Windows 10 agar aplikasi-aplikasi yang terbuka menempati posisi yang proporsional, silahkan ikuti cara berikut.

Membagi layar di Windows 10 jadi dua bagian sisi kanan dan kiri

Jika kita bekerja dengan dua aplikasi sekaligus, kedua aplikasi bisa kita tampilkan di layar laptop secara proporsional.

Aplikasi yang ingin ditempatkan di separuh layar laptop/PC sebelah kanan,
klik dan tahan header bar aplikasi tersebut kemudian seret sampai posisi kursor mentok ke dinding sebelah kanan layar laptop. Jika sudah muncul kotak transparan silahkan di lepas kliknya. Hasilnya aplikasi akan menempati setengah layar laptop/PC sebelah kanan.

Di separuh layar yang kosong, jika sudah ada aplikasi yang terbuka klik aplikasi tersebut untuk menempati sisa separuh layar sebelah kiri.

Jika belum ada aplikasi lain yang terbuka, silahkan buka aplikasi kedua untuk menempati bagian kiri layar. Seret jendela aplikasi ke dua ke tepi layar sebelah kiri sampai muncul kotak transparan, kemudian lepaskan kliknya.

membagi layar laptop Windows 10

Dengan cara di atas, dua aplikasi ditampilkan secara berdampingan kanan dan kiri.

Membagi layar di Windows 10 menjadi empat bagian

Jika ingin menjalankan 4 aplikasi, ke empat aplikasi atau program tersebut bisa ditampilkan di layar laptop/PC secara proporsional dengan cara sebagai berikut.

Untuk menempati sudut kanan atas, seret header bar aplikasi sampai kursor menyentuh sudut kanan atas layar laptop/PC, jika muncul kotak transparan, lepaskan kliknya.

Membagi 4 layar Windows-10

Jika ingin ditempatkan di sudut kanan bawah, seret jendela aplikasi ke sudut kanan bawah layar. Begitu juga jika aplikasinya ingin ditempatkan kiri atas atau kiri bawah. Seret jendela aplikasi ke sudut kiri atas atau kiri bawah, dan lepaskan kliknya jika sudah muncul kotak transparan.

Hasilnya, empat aplikasi akan menempati ke empat sudut layar laptop.

Membagi layar di Windows 10 menjadi tiga bagian

Jika ingin membagi layar laptop/PC Windows 10 menjadi tiga bagian, gunakan kombinasi dari ke dua cara di atas. Satu aplikasi ditampilkan di separuh layar kanan atau kiri, sedangkan dua aplikasi lainnya menempati separuh layar yang kosong di bagi dua, kanan atas/bawah atau kiri atas

Misalkan satu aplikasi di seret ke sisi kiri layar, dan dua aplikasi lainnya diseret ke sudut kanan atas dan kanan bawah Atau sebaliknya, satu aplikasi diseret ke sisi kanan layar, dua aplikasi sisanya di seret ke sudut kiri atas atau kiri bawah.

Mengaktifkan fitur Snap windows di Windows 10

Jika cara membagi layar ini tidak bisa di lakukan di Windows 10 anda, berarti fitur Snap screen masih belum aktif. Secara default fitur ini sudah ON (aktif), mungkin dikarenakan update atau hal lainnya, fitur ini jadi tidak aktif.

Untuk mengaktifkan fitur Snap windows di Windows 10, silahkan ikuti cara berikut:

1. Buka halaman Settings
Untuk membuka halaman Settings, klik Start (ikon windows di pojok paling kiri task bar) > klik Settings (ikon roda gigi)

2. Di halaman Settings, klik System

3. Di Tab sebelah kiri, klik Multitasking

4. Di halaman Multitasking, di bagian Snap windows, ON kan tombol Snap windows, kemudian beri centang semua kotak pilihan di bawah Snap Windows.

Settings Snap windows -  Windows-10

Silahkan ulangi cara membagi layar di atas setelah fitur Snap windows di aktifkan. Demikian saja cara membagi layar (Split screen) di Windows 10, semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Split Screen hp Oppo, Cara tampilkan 2 applikasi di layar
Mengembalikan ikon Bluetooth yang hilang Windows 7,8,10
Manfaatkan Smart TV sebagai monitor kedua laptop/PC
Screenshot laptop: layar penuh, sebagian layar, cara cepat & klasik
Mengaktifkan fitur Connect yang hilang di Windows 10
Cara mudah mengirim file sesama Windows 10 (Nearby Sharing)
Trik menggunakan touchpad laptop agar tak tergantung mouse

error: Content is protected !!