Manfaatkan Smart TV sebagai monitor kedua laptop/PC - de-Tekno.com

Manfaatkan Smart TV sebagai monitor kedua laptop/PC

Di Windows 8.1 dan 10 terdapat fitur yang diistilahkan dengan Multiple Displays, yang berarti pengguna dapat menambahkan beberapa Monitor sekaligus bagi laptop atau PC nya. Di sini kita memanfaatkan Smart TV sebagai monitor kedua.

Contoh penerapannya misalkan untuk pembelajaran Online. Bagi Pengajar, monitor ke dua (Smart TV) digunakan untuk menampilkan aplikasi Zoom atau Google Meet untuk memonitor siswa-siswa nya dengan layar yang lebih luas, sedangkan monitor pertama (laptop/PC) digunakan untuk presentasi.

Untuk menjadikan Smart TV sebagai monitor kedua, ada dua metode koneksi yaitu wireless dan menggunakan kabel HDMI. Karena Smart TV umumnya sudah support Miracast (kadang disebut juga Wireless HDMI), maka di sini kita gunakan yang wireless. Namun metode ini tidak bisa digunakan di Smart TV yang berbasis Android (Android TV) karena umumnya Android TV tidak support Miracast.

Setup Miracast di Smart TV

1. Aktifkan wifi.
Wifi Smart TV cukup diaktifkan saja, tidak harus terkoneksi dengan wifi router atau modem. Namun jika sudah terkoneksi, biarkan saja.

2. Aktifkan fitur Miracast di Smart TV
Cara mengaktifkan Miracast pada Smart TV caranya berbeda-beda tergantung merknya. Cari saja istilah seperti Screen Mirror atau Miracast di bagian Settings, Network atau Input. Berikut contoh mengaktifkan Miracast atau Screen Mirror pada beberapa merk Smart TV

LG Smart TV
Pada remote control tekan Home > Pilih Network > Miracast, “ON”-kan.

Samsung Smart TV
Dari Remote control tekan tombol Source > Screen Mirroring

TV akan scan perangkat lain untuk koneksi. Waktu scan 2 menit. Segera aktifkan Screen Mirror / Miracast pada laptop/PC sebelum waktu 2 menit habis.

SONY Bravia Smart TV (Non-Android)
Dari remote control tekan tombol INPUT > Gunakan tombol naik-turun untuk memilih Screen Mirroring, kemudian tekan OK.

Setup di Laptop/PC Windows 10

Umunya laptop/PC berbasis Windows sudah support Miracast. Namun jika anda ingin memastikan apakah laptop/PC sudah support Miracast silahkan ikuti langkah berikut:

1. Ketikkan “DXDIAG” di pencarian Windows sudut kiri bawah Taskbar > Tekan ENTER.

2. Di halaman DXDIAG tunggu sampai proses selesai > Tekan Save All Information > Arahkan penyimpanan di halaman Desktop saja agar mudah diakses.

3. Buka file informasi yang berformat txt tersebut. Di halaman informasi cari Miracast. Akan terlihat apakah Laptop/PC yang di gunakan support Miracast atau tidak, seperti gambar berikut.

Informasi Miracast di Windows

Langkah selanjutnya:

1. Aktifkan Wifi laptop.
2. Masuk ke halaman Settings (klik tombol Start > klik Settings (ikon roda gigi)
3. Pilih System > Di halaman System, di jendela sebelah kiri pilih Display
4. Geser layar ke bawah di bagian Multiple Displays, klik “Connect to Wireless Display“.
5. Di sisi kanan layar muncul jendela Notifikasi Connect, klik nama Smart TV nya. Tunggu sampai laptop terkoneksi dengan Smart TV. Jika muncul notifikasi permintaan koneksi di layar Smart TV klik OK atau Yes.

Koneksi laptop ke Smart TV

Jika sudah terkoneksi layar laptop akan muncul di Smart TV. Ini adalah Mode Screen Mirroring (Duplicate these displays), objek yang terdapat di monitor kedua (Smart TV) sama persis dengan objek yang ada di layar laptop. Kita harus ganti mode Duplicate these displays ke Mode Extend these displays.

6. Kembali ke halaman Settings > System > Display, di bawah bagian Multiple Display akan muncul pilihan mode koneksi monitor kedua. Klik kotak ini dan pilih Extend these displays.

7. Akan muncul notifikasi untuk menetapkan mode Extend sebagai default. Klik Keep Changes.

Ganti default mode monitor kedua

Sekarang layar Smart TV sudah menjadi monitor kedua (perluasan) dari layar laptop. Silahkan geser kursor mouse ke sisi kanan layar laptop, terlihat kursor berpindah dari layar laptop masuk ke layar Smart TV.

Namun ada yang aneh, wallpaper di layar laptop jadi nge-Zoom (membesar). Hal ini dikarenakan wallpaper menyesuaikan dengan layar Smart TV yang lebih besar. Agar lebih cantik kita bedakan wallpaper layar laptop dengan layar Smart TV dengan cara sebagai berikut:

1. Buka kembali Halaman Settings
2. Pilih Personalization.
3. Di bagian Background cari wallpaper yang berbeda dari layar laptop.
Klik KANAN wallpaper tersebut, di jendela yang muncul pilih Set for Monitor 2.

Bedakan wallpaper monitor1 dan monitor-2

Sekarang Wallpaper di laptop kembali Normal. Dan Wallpaper Smart TV memiliki wallpaper sendiri. Jika di Screenshot maka hasilnya berpupa gambar panjang dari kedua layar seperti gambar berikut.

Screenshot kedua layar monitor

Coba di test dengan membuka dua atau lebih aplikasi. Silahkan klik dan tahan Header Bar salah satu aplikasi, kemudian seret ke kanan sampai masuk ke layar monitor 2 (Smart TV).

Untuk memutus koneksi dengan Smart TV, geser layar ke atas, di Settings Bar bagian atas layar klik Disconnect.

Dengan metode ini kita dapat memanfaatkan Smart TV sebagai monitor kedua bagi laptop atau PC. Sehingga kita bisa bekerja dengan leluasa.

Lihat juga:
Cara membagi layar di Windows 10 (Split Screen)
Screenshot laptop: layar penuh, sebagian layar, cara cepat & klasik
Mengaktifkan fitur Connect yang hilang di Windows 10
Cara mudah mengirim file sesama Windows 10 (Nearby Sharing)
Trik menggunakan touchpad laptop agar tak tergantung mouse
Menggunakan On screen keyboard untuk mengetik bahasa Arab di laptop/PC

error: Content is protected !!