Jenis sensor di hp - Accelerometer, Gyroscope ... - de-Tekno.com

Jenis sensor di hp – Accelerometer, Gyroscope …

Tanpa kita sadari hp kita yang kita gunakan sehari-hari ini bahkan terkadang kita remehkan karena harganya murah misalnya, ternyata dilengkapi alat yang begitu canggih. Wajar saja jika hp kita ini disebut hp pintar alias Smartphone karena memang telah dilengkapi oleh alat atau sensor-sensor canggih tersebut.

Sensor yang banyak digunakan di hp juga digunakan di perangkat lainnya seperti Satelit dan Pesawat terbang. Sensor-sensor ini awalnya hanya digunakan di dunia militer dan industri saja, sekarang juga ada di genggaman kita.

Berikut beberapa jenis sensor yang terdapat di hp.

Proximity Sensor

Sensor ini menggunakan Led Infra Merah sebagai pemancar cahaya Infra Merah dan Detektor cahaya Infra merah sebagai penerima untuk mendeteksi jarak sebuah benda. Proximity Sensor di hp, jarak deteksinya sangat pendek sekitar 10 cm saja. Sensor ini berfungsi saat kita sedang menelpon. Ketika kita menempelkan hp ke telinga, maka layar hp akan mati sehingga layar sentuh hp tidak berfungsi walaupun tersentuh oleh kulit telinga atau pipi.

Proximity sensor di hp

Accelerometer

Istilah Accelerometer berasal dari kata Acceleration yang berati Akselerasi atau Percepatan. Accelerometer berarti alat yang dapat mengukur percepatan gerakan ke suatu arah secara linier di sepanjang sumbu XYZ.

Di hp sensor Accelerometer ini berfungsi untuk:
– menentukan orientasi hp posisi tegak (Portrait) atau terbaring (Landscape).
– arah gerakan hp di sepanjang sumbu XYZ
– besarnya percepatan gerakan hp di sepanjang sumbu XYZ
– menentukan arah layar apakah menghadap ke atas atau ke bawah
– menghitung banyaknya langkah kaki di aplikasi kesehatan.

Accelerometer Sensor

Gyroscope

Sensor Gyroscope berfungsi untuk menentukan arah rotasi dan besarnya kecepatan sudut (Angular Velocity). Semua gerakan Rotasi di ukur oleh sensor Gyroscope ini. Sedangkan gerakan linier diukur oleh Accelerometer. Sensor Gyroscope wajib ada pada hp gaming. Jenis permainan game yang kendalinya berdasarkan posisi hp (miring kanan atau kiri) mengandalkan sensor ini. Jika hanya mengandalkan Accelerometer, posisi hp terbaca kurang akurat. Tidak semua hp dilengkapi sensor Gyroscope.

Gyroscope

Magnetometer

Magnetometer Sensor berfungsi untuk mendeteksi medan magnet Bumi, sehingga hp kita dapat menentukan arah mata angin (Utara, Selatan, Timur dan Barat) dengan tepat dan juga dapat mengukur besarnya kekuatan medan magnet. Jika digabungkan dengan sensor GPS (Global Positioning System) kita dapat menentukan lokasi hp dengan tepat.

GPS (Global Positioning System)

Sensor GPS berfungsi menentukan posisi kita di atas permukaan Bumi. Posisi hp di permukaan Bumi diukur berdasarkan sinyal minimal dari 3 buah Satelit. Sinyal ini tidak menggunakan paket data hp, karenanya walaupun tanpa internet atau paket data posisi hp tetap bisa di tentukan.

Untuk hp yang tidak dilengkapi GPS, posisi bisa ditentukan dengan menghitung jarak hp terhadap sinyal dari Tower Pemancar (BTS / Base Transceiver Station). Namun ini hanya nilai perkiraan saja, tidak akan seakurat GPS.

Ambient light sensor

Sensor ini berfungsi mendeteksi kecerahan cahaya di sekitar hp. Hasilnya hp akan secara otomatis mengatur kecerahan layar di sesuaikan dengan kecerahan cahaya sekitar sehingga pengguna hp tidak silau atau buram.

Hall effect sensor

Sensor ini mendeteksi medan magnet yang sangat dekat, hanya beberapa cm saja. Di hp sensor ini digunakan untuk Smart Cover atau Flip Cover. Di bagian penutup Smart cover terdapat magnet yang sangat tipis dan kecil, ketika cover menutup dan magnet tepat berada di atas Hall effect sensor, hp akan memberikan reaksi tertentu, misalkan layar hp jadi terkunci.

Agar berfungsi sesuai harapan, sebaiknya beli flip cover resmi khusus untuk model hp yang dimiliki. Jika flip cover tidak sesuai, hp tidak akan memberikan reaksi yang diharapkan. (Selengkapnya tentang Hall effect sensor silahkan lihat link Smart Cover di bawah).

Smart Cover dengan Hall effect sensor

Barometer

Barometer yang kita kenal adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara. Di hp, Barometer digunakan untuk mengukur ketinggian karena tekanan udara akan berubah di ketinggian tertentu. Sensor Barometer bekerja bersama sensor GPS dapat menentukan posisi dan ketinggian dengan lebih akurat. Sehingga kita bisa tahu apakah hp tersebut berada di lantai dasar atau lantai 2 di sebuah gedung bertingkat.

NFC Sensor

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang berarti komunikasi jarak dekat. Sesuai namanya, dua perangkat yang menggunakan NFC dapat berkomunikasi satu sama lain jika keduanya saling berdekatan.

Teknologi NFC memungkinkan kedua perangkat dapat saling bertukar data digital. Teknologi NFC ini biasa juga digunakan untuk pembayaran digital dengan menempelkan hp ke perangkat pembayaran yang juga dilengkapi sensor NFC. (Selengkapnya tentang NFC silahkan lihat link di bawah)

Biometrics Sensor

Sensor ini berfungsi meningkatkan keamanan hp dengan mendeteksi bagian tubuh pengguna seperti sidik jari, wajah dan iris mata. Yang termasuk dalam kategori Biometrics Sensor adalah Finger Print sensor, IRIS Sensor dan Facial Recognition System. Dengan sistem keamanan Biometrics Sensor dijamin hp nya tidak akan bisa di buka orang lain.

Catatan

– Ketersediaan sensor-sensor di atas tidak semua terdapat di hp, tergantung dari model dan merknya,
– Masih banyak jenis-jenis sensor yang lain yang terdapat pada model dan merk tertentu saja.

(Sources: Sensor types | Android Open Source Project)

Lihat juga:
Memahami Simbol-simbol di SD Card
Fingerprint reader: Setup pembaca sidik jari pada HP Android
Smart cover pada hp android; Tips dan solusi
Apa dan bagaimana cara menggunakan NFC

error: Content is protected !!