Jenis Camera pada hp Triple Camera - de-Tekno.com

Jenis Camera pada hp Triple Camera

Hp (smartphone) Triple Camera berarti hp tersebut memiliki tiga jenis camera terpisah di sisi belakangnya dan tidak termasuk camera yang ada di sisi depan (camera selfie). Masing-masing merk hp triple camera memiliki kombinasi jenis camera yang berbeda. Bahkan merk sama beda model beda juga jenis camera yang di pasangkan.

Berikut beberapa jenis camera yang terdapat pada hp Triple Camera.

Main Camera (Kamera Utama)

Fungsi Main Camera ini adalah untuk mengambil gambar seperti pada umumnya kamera. Setiap kali mengambil gambar kamera utama selalu bekerja. Kekurangan pada kamera utama ini akan “ditambah” oleh kamera lainnya saat pengambilan gambar dengan mode/fitur tertentu.

Ciri khas dari kamera utama dari ketiga kamera yang terdapat di hp triple camera adalah memiliki sensor pixel terbesar. Dari belasan hingga puluhan mega pixel (MP). Sedangkan dua kamera lainnya memiliki sensor pixel beberapa hingga belasan mega pixel saja.

Ciri lain dari kamera utama adalah memiliki bukaan diafragma (Aperture) terbesar. Nilainya berbanding terbalik dengan F-Stop. Nilai F-stop ditulis dengan simbol F/1,8 atau kadang ditulis F2.8 saja. Semakin kecil nilai F-stop semakin besar bukaan diafragma kamera. Semakin besar bukaan diafragma kamera, semakin banyak cahaya yang masuk ke sensor kamera.

Ultra wide Camera

Kamera yang memiliki lensa sudut ultra lebar (Ultra Wide Angle). Lebih lebar dari teknologi Wide Camera sebelumnya. Memiliki kemampuan untuk menangkap sudut yang lebar hingga 123 derajat sehingga area tangkapan camera menjadi lebih luas.

Macro Camera

Kamera yang fungsinya mirip kaca pembesar. Hp Triple Camera yang dilengkapi kamera Macro akan dapat mengambil gambar yang berjarak beberapa cm saja dari objek. Objek yang sangat kecil seperti semut, bisa di tangkap dengan kamera Macro ini. Anda yang hobi fotografi dengan objek yang kecil-kecil, hp yang memiliki kamera Macro ini cocok buat anda.

Depth Camera

Ini adalah kamera yang dilengkapi sensor kedalaman (Depth Sensor). Kamera ini memiliki kemampuan untuk menangkap kedalaman gambar dengan mengestimasi jarak antara object dengan latar belakang. Sehingga hasil foto dengan efek kabur di latar belakang dimungkinkan dengan Depth Camera ini. Efek kabur di latar belakang diistilahkan dengan efek Bokeh.

Telephoto dan Periscope

Kamera Telephoto adalah kamera yang dilengkapi alat untuk memperbesar objek secara Optic (optical zoom). Sedangkan Periscope adalah alat yang dilengkapi lensa prisma untuk membelokkan cahaya 90 derajat yang kemudian diteruskan ke ruang optical zoom dan sensor kamera.

Karena body smartphone yang tipis, kamera yang dilengkapi telephoto tidak bisa menawarkan kemampuan zoom lebih banyak, paling 2x – 4x saja. Namun dengan adanya lensa Periscope ruang untuk menambahkan lensa zoom semakin luas karena posisi optical zoom dan sensor kamera menjadi tegak lurus (90 derajat) terhadap objek. Saat ini Camera Telephoto Periscope (kamera yang dilengkapi Telephoto dan Periscope) bisa menawarkan optical zoom hingga 10x. Karena teknologi Telephoto dan Periscope ini terbilang cukup baru dan mahal, hingga awal 2021 teknologi ini baru terdapat di hp high-end saja.

Untuk membedakan Kamera yang dilengkapi Periscope dengan kamera lainnya, terlihat lubang lensa yang berbentuk persegi panjang. Kalau lubang lensa kamera lainnya berbentuk bulat.

hp triple Camera

Monochrome / Black/White (B/W) Camera

Sensor monochrome berfungsi menangkap gambar hitam putih dengan gambar yang lebih detail khususnya dalam keadaan yang kurang pencahayaannya. Jika dikombinasikan dengan camera utama, akan menghasilkan gambar yang bersih dan detail walau dalam keadaan yang kurang cahaya.

Berikut kombinasi jenis camera di hp triple Camera

Samsung

Main – Ultra Wide – Depth
(Samsung Galaxy A11, A20s, A30s, A50, A50s, A7 (2018), A70, A80, M11, M21 M30, M30s).
Mayoritas hp Samsung triple camera memiliki kombinasi Main – Ultra Wide – Depth.

Main – Macro – Depth
(Samsung Galaxy A02S)

Main – Macro – Ultrawide
(Samsung Galaxy S10 Lite)

Main – Telephoto – Ultra Wide
(Samsung Galaxy S10, S10+, S20, S20 Fe, S21, S21+5G)

Samsung Triple Camera

Huawei

Main – Telephoto – Ultra Wide
(Huawei P40)

Main – Periscope Telephoto – Ultra Wide
(Huawei Mate 40 Pro)

Periscope Telephoto berarti kamera-nya dilengkapi optical Zoom (Telephoto) dan lensa prisma (Periscope).

Huawei Periscope Telephoto Camera

Di Huawei Mate 40 Pro, Depth Camera menggunakan teknologi ToF 3D yang berfungsi sebagai sensor kedalaman (Depth) dan sekaligus sebagai Biometrics sensor, yang diletakkan di sisi depan bersama camera selfie. (ToF: Time of Flight).

Tidak banyak varian Huawei yang baru yang menggunakan Triple Camera. Bahkan selain Quad Camera, Huawei juga sudah ada yang menggunakan Penta Camera (5 kamera belakang!!).

OPPO

Main – Macro – Depth
(OPPO A53, A15, A15s, A33, A31)

Main – Telephoto – Ultra Wide
(OPPO Find X2)

Main – Periscope Telephoto – Ultra Wide
(OPPO Find X2 Pro dan OPPO Reno 10x zoom)

Oppo Reno 10X Zoom Periscope Telephoto

Xiaomi

Main – Macro – Depth
(Poco M3 dan Redmi 9C)

Main – Macro – Ultra Wide Angle
(Mi 10T dan Mi 10T Pro)

Terlihat hanya ada tiga varian hp Xiaomi yang memiliki triple camera karena mayoritas hp Xiaomi keluaran 2020 sudah menggunakan Quad Camera.

Realme

Main – B/W – Macro
(Realme C12)

Main – Dept – Macro
(Reame C3)

Main – Macro – Wide Angle
(Realme Narzo 20)

Vivo

Main – Ultra Wide – Depth
(Vivo V15, V15 Pro, V20, V20 SE, Y12, Y15, Y17, S1, Z1 Pro)

Main – Macro – Depth
(Vivo Y20, Y20s)

Main – Macro – Ultra Wide
(Vivo Y19)

Note:
Semua varian hp di atas kami ambil dari situs resminya di Indonesia. Artinya produk tersebut memang dijual di negeri ini. Masih banyak varian lain yang bukan untuk di pasarkan di dalam negeri.

(Sources: GSM-Arena dan situs resmi Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme, Huawei, Vivo Indonesia)

Lihat juga:
Maksud dan fungsi Quad Camera pada hp
Maksud dan fungsi dual camera pada handphone android
Maksud dan fungsi HDR pada camera smartphone
Setting Anti Flicker (anti kedip) pada camera android
Gunakan HP lawas sebagai webcam Zoom di laptop/PC

error: Content is protected !!