Cara install aplikasi Google Drive di laptop/PC - de-Tekno.com

Cara install aplikasi Google Drive di laptop/PC

Ada dua cara untuk menggunakan atau mengakses Google Drive di laptop PC. Dengan menggunakan browser yang selama ini biasa dilakukan atau dengan menggunakan aplikasi Google Drive yang harus di-install terlebih dahulu.

Jika anda merasa perlu untuk selalu ter-koneksi dengan Google Drive, ada baiknya memilih menggunakan aplikasi. Karena hasil kerja anda akan langsung tersimpan di Google Drive dengan aman tanpa harus membuka nya menggunakan aplikasi browser lagi.

Untuk menggunakan aplikasi Google Drive anda perlu melakukan download kemudian meng-install aplikasi Google Drive ke dalam Laptop/PC anda.

Meng-Install aplikasi Google Drive

Berikut cara meng-install aplikasi Google Drive di Laptop/PC.

1. Silahkan kunjungi alamat ini https://www.google.com/drive/download/. Geser halaman ke bawah dan di bagian For Individuals, klik tombol Download

2. Akan muncul jendela Notifikasi ToS (Term of Service), klik tombol Agree and Download

3. Program “installbackupandsync.exe” akan didownload, tunggu sampai selesai. Jika sudah selesai klik file tersebut untuk meng-install aplikasi Google Drive

4. Jika proses instalasi komplit, klik Close untuk menutup jendela.

5. Ikon Google Drive dan ikon Google office lainnya akan muncul di Desktop. Akan muncul jendela “Welcome to Backup and Sync” dan klik tombol Get Started.

6. Masukkan alamat email anda, kemudian klik tombol Next. Dan masukkan Password nya, klik Next lagi. Jika ada notifikasi Verifikasi dari hp anda, silahkan buka hp nya klik Yes. Ini salah satu bentuk sistem keamanan untuk akun Google Anda.

7. Di jendela berikutnya silahkan pilih kualitas dan ukuran file yang akan di upload, kemudian klik tombol Next.

Sinkronisasi Google Drive - kualitas dan ukuran file

8. Di jendela berikutnya tentukan acuan sinkronisasi, apakah mau sinkron kan semua isi folder atau folder tertentu saja. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan. Jika sudah klik tombol Start. (Pilihan Settings no 7 dan 8 ini bisa dirubah nanti setelah Aplikasi Google Drive ter-install)

Sinkronisasi Google Drive - pilih Drive

Lamanya proses sinkronisasi antara folder yang di Laptop PC dengan Folder yang di Google Drive tergantung besarnya kapasitas Folder tersebut.

Jika aplikasi Google Drive sudah ter-install di Laptop/PC, untuk mengakses Google Drive cukup dengan menggunakan File Explorer. Di halaman File Explorer di deretan folder sebelah kiri akan terlihat Folder Google Drive.

Dokumen yang sebelumnya dibuat dengan menggunakan aplikasi Google Spreadsheet, Google Doc atau Google Slide, ketika anda klik file tersebut dari File Explorer, secara otomatis akan membuka aplikasi browser untuk kemudian membuka aplikasi yang bersangkutan (Google Spreadsheet, Google Doc atau Google Slide).

Begitu juga ketika klik ikon Google Spreadsheet, Google Doc atau Google Slide yang sudah terinstall di beranda (Desktop) laptop/PC, akan membuka aplikasi yang bersangkutan melalui aplikasi Browser.

Mengatur ulang Settings Google Drive

Jika ingin mengatur ulang pilihan setting Google Drive nomor 7 dan 8 di atas bisa dilakukan dengan dua cara berikut (lihat gambar di bawah ini):

1. Klik ikon panah di Task Bar
2. Di jendela yang muncul Klik KANAN Google Drive (ikon awan)
3. Di jendela Google Drive klik ikon titik tiga vertikal
4. Kemudian pilih Preferences, akan masuk ke halaman Settings Google Drive seperti no 7 dan 8 di atas. Silahkan merubah Settings Google Drive sesuai yang diinginkan.

Merubah Setting Google Drive-1

Atau bisa juga dilakukan dengan cara berikut (lihat gambar di bawah ini):

1. Buka FIle Explorer
2. Di bagian Google Drive klik KANAN
3. Arahkan kursor mouse ke pilihan Google Drive, di jendela yang muncul klik Preferences. Ini juga akan membuka halaman Settings Google Drive. Silahkan merubah Settings Google Drive sesuai yang diinginkan.

Merubah Setting Google Drive-2

Demikian cara meng-install aplikasi Google Drive di Laptop/PC. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Cara menggunakan Google drive di handphone android
Berbagi file Google drive
Menggunakan Google drive di laptop atau PC Windows
Apa bedanya, akun Gmail dan akun G Suite
Cara menggunakan Google Form bagi pemula

error: Content is protected !!