Beda hp gaming dengan hp biasa - de-Tekno.com

Beda hp gaming dengan hp biasa

Beda hp gaming dengan hp biasa. Kita sepakat bahwa semua hp bisa buat main game. Namun tidak semua game bisa di mainkan dengan baik di semua hp.

hp gaming ASUS ROG

Ketika memainkan game 3D dengan grafis yang tinggi, seperti Asphalt 8 dan 9, atau Call of Duty misalnya, kita baru akan menyadari tidak semua Game bisa dimainkan dengan nyaman di hp biasa.

Dari sini lalu muncul istilah hp gaming, hp yang memang didesain untuk bermain game dengan nyaman.

Berikut beberapa kriteria yang mem-beda-kan hp gaming dengan hp biasa

Layar

Ukuran layar yang lega
Walaupun hp dengan ukuran layar di atas 6 inch sudah banyak beredar, namun hp gaming memiliki ukuran layar yang lebih lagi, tidak kurang dari 6.5 inch. Misalnya hp gaming Asus Rog phone 3 memiliki ukuran layar 6.59 inch sedangkan Xiaomi Black Shark 3 memiliki ukuran layar 6.67 inch bahkan Xiaomi Black Shark 3 Pro memiliki ukuran layar terbesar, 7.1 inch. Asus Rog Phone 5 kabarnya memiliki ukuran 6.78 inch.

Resolusi Layar
Untuk Resolusi layar nampaknya kualitas FHD masih jadi standard hp gaming karena memang sejauh ini nampaknya belum ada game 4K yang tersedia untuk kelas hp. Andaipun hp gaming ditempelkan layar 4K nampaknya sia-sia saja. Yang menonjol dari layar hp gaming ini, walaupun masih resolusi FHD rata-rata menggunakan bahan Amoled dan juga dilengkapi fitur HDR10+.


Refresh Rate
Yang membedakan lagi antara hp gaming dengan hp biasa dalam urusan layar adalah Refresh Rate. Umumnya layar hp standard Refresh Rate -nya adalah 60 Hz. Beda dengan layar hp gaming yang dilengkapi layar dengan Refresh Rate minimal 90 Hz bahkan hp gaming terbaru seperti Asus ROG dibekali layar dengan Refresh Rate 144Hz. Xiaomi Black Shark 3 dan 3 Pro Refresh Rate layar-nya 90Hz. Hanya Xiaomi Black Shark 3S dan 4 saja yang dibekali layar dengan Refresh Rate 120Hz.
Refresh rate adalah kecepatan layar menampilkan ulang gambar per detik (Hz). Semakin tinggi refresh rate semakin halus pergerakan objek di layar.
Selain di hp gaming, Refresh Rate yang tinggi sejauh ini baru terdapat di hp papan atas (flagship).

Untuk mengecek berapa Refreh Rate hp anda klik saja tool di link displayhz.com. Namun jika anda membuka halaman ini dari laptop, yang terbaca adalah Refresh Rate dari layar monitor laptop anda.

Kinerja

Agar memiliki kinerja yang optimal, hp gaming selalu dilengkapi Chipset dan processor grafis (GPU) terkini dengan dibekali RAM dan Memori yang gendut. Asus Rog phone 3 dan Xiaomi Black Shark 3 keduanya dibekali Chipset Snapdragon 865 dan pengolah grafis (GPU) Adreno 650 dengan Memori minimal 128GB dan 8GB RAM.

Hanya hp flagship yang dapat menyamai bahkan mengungguli kinerja hp gaming. Namun bedanya, walaupun dilengkapi Chipset dan GPU terbaik, hp flagship lebih mengutamakan efisiensi demi menghemat battery. Beda dengan hp gaming yang mengorbankan battery demi mencapai kinerja maksimal.

Battery

Wajib bagi hp gaming memiliki kapasitas battery yang besar. Rasanya mustahil main game sambil nyari charger kan? Hp gaming rata-rata dilengkapi battery lebih dari 4500 mAH. Asus Rog 3 dilengkapi battery 6000 mAH, Xiaomi Black Shark 3Pro dilengkapi battery 5000 mAH.

Sound

Tata suara juga penting bagi gamer. Bedanya dengan hp biasa, hp gaming dilengkapi dual stereo speaker sedangkan hp biasa lebih menggunakan speaker tunggal untuk menghemat ruang. Asus Rog phone dilengkapi dual stereo speaker dengan teknologi DTS X + dual amplifier.

Aksesori

Hp gaming dilengkapi aksesori eksternal untuk meningkatkan kinerja dan pengalaman bermain game. Asus Rog phone 3 dilengkapi sistem pendingin eksternal misalnya selain

Software

Hp gaming dilengkapi fitur gaming mode untuk meningkatkan kinerja hp agar nyaman dengan kinerja maksimal. Di hp flagship pun sebagian dilengkapi mode gaming ini. Asus Rog Phne 3 dilengkapi user interface khusus, ROG UI. (ROG = Republic of Gamers)

Asus ROG Phone dan Xiaomi Black Shark hanya sebagai contoh pembanding saja. Masih ada contoh hp gaming lainnya yang tidak kami sebutkan. Hp flagship termasuk yang memiliki spek bahkan lebih dari hp gaming walaupun tidak disertai embel-embel hp gaming seperti MI 10 dan Samsung S20.

Demikian beda hp gaming dengan hp biasa, semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Jenis sensor di hp – Accelerometer, Gyroscope …
Mengontrol hp dari laptop (Airdroid)
Mode koneksi USB Android | MTP, PTP, MIDI, RNDIS, File Transfer
Mengganti default koneksi USB hp Android ke laptop/PC

error: Content is protected !!