Aktifkan & sembunyikan Developer options Samsung All Seri - de-Tekno.com

Aktifkan & sembunyikan Developer options Samsung All Seri

Dari sekian banyak model atau seri Samsung Galaxy, langkah untuk aktifkan mode pengembang (Developer options) cukup sederhana dan mudah karena istilah yang digunakan selalu sama, baik yang sudah menggunakan user interface OneUI atau OneUI Core, maupun yang masih manggunakan user interface Samsung Experience.

Yang perlu diperhatikan adalah versi Android yang digunakan. Karenanya cara untuk aktifkan Developer options di hp Samsung Galaxy ini kami bagi menjadi tiga bagian, yaitu seri Samsung Galaxy yang menggunakan Android 7 ke atas, Android 6 ke bawah dan seri Samsung Galaxy khusus seperti Samsung Galaxy seri J, seri Fold, dan seri Tab.

A. Cara 1. Seri Samsung Galaxy dengan Android 7 (Nougat) ke atas

Untuk aktifkan opsi Pengembang (Developer options) hp Samsung Galaxy seri A, seri M, seri S, seri Note dan seri Z yang sudah menggunakan minimal Android 7 (Nougat) silahkan ikuti cara berikut:

1. Masuk ke halaman Settings (Pengaturan) > About Phone (Tentang hp) > Software Information
Di halaman Software Information anda bisa mengetahui versi Android hp Samsung Galaxy dan user interface yang digunakan.

2. Klik Build Number sebanyak 7 kali, sampai muncul notifikasi “Developer mode has been enabled (Mode Pengembang sudah aktif)” atau “Developer mode has been turned on (Mode Pengembang sudah di-ON-kan)” di sisi bawah layar.

Mengaktifkan Developer options Samsung A51

Di sebagian hp Samsung Galaxy, jika anda menggunakan PIN atau Pola keamanan, anda diminta untuk memasukkan PIN atau pola keamanan sebelum muncul notifikasi di atas.

Ciri Samsung Galaxy yang menggunakan Android 7 ke atas adalah sudah menggunakan user interface Samsung Experience. Dan untuk Samsung Galaxy Android 9 (Pie) ke atas sudah menggunakan user Interface OneUI atau OneUI Core.

B. Masuk ke halaman Developer options

Untuk masuk ke halaman Developer options :

1. Kembali ke halaman utama Settings (Pengaturan)

2. Geser layar ke atas, di posisi paling bawah layar akan muncul pilihan Developer options. Silahkan di klik untuk masuk ke halaman Developer Options. Di sini terdapat banyak sekali pilihan settings yang akan berpengaruh terhadap kinerja hp Samsung anda. Aktifkan saja settings yang anda memahami fungsi nya.

Masuk ke mode pengembang hp Samsung

Untuk sembunyikan atau nonaktifkan Developer options (mode Pengembang), di halaman mode pengembang ini di sisi paling atas layar, klik tombol ON/OFF sehingga posisi tombol jadi OFF. Dengan cara ini pilihan Developer options di halaman utama Settings sudah tersembunyi. Untuk aktifkan kembali Developer options di hp Samsung anda, silahkan ulangi cara di atas.

C. Cara 2. Seri Samsung Galaxy dengan Android 6 (Marshmallow) ke bawah

Untuk Seri Samsung Galaxy lawas yang masih menggunakan Android 6 (Marshmallow) ke bawah, silahkan ikuti cara berikut.

1. Masuk ke halaman:
• Settings > About device (Tentang Perangkat) > Build number
ATAU
• Settings > About phone (Tentang hp) > Software info > Build Number
ATAU
• Settings > About device > Software info > Build Number

2. Klik Build Number sebanyak 7 kali, sampai muncul notifikasi “Developer mode has been enabled (Mode Pengembang sudah aktif)” atau “Developer mode has been turned on (Mode Pengembang sudah di-ON-kan)” di sisi bawah layar.

Mengaktifkan Developer options Samsung seri J

Di sebagian hp Samsung Galaxy, jika anda menggunakan PIN atau Pola keamanan, anda diminta untuk memasukkan PIN atau pola keamanan sebelum muncul notifikasi di atas.

Untuk masuk ke halaman Developer options, semua seri hp Samsung lawas, caranya sama seperti di bagian pertama di atas.

D. Sembunyikan Developer Options Samsung Galaxy Android 6 ke bawah

Untuk sembunyikan Developer options di seri Samsung Galaxy yang menggunakan Android 6 ke bawah, caranya berbeda dari Samsung Galaxy dengan Android 7 ke atas. Silahkan ikuti caranya berikut sesuai dengan versi Android yang digunakan.

Cara 1 untuk Samsung Galaxy dengan Android 6

Settings > Applications > Applications manager > All apps > cari aplikasi Settings > Storage > Clear Data > Delete

Cara 2 untuk Samsung Galaxy dengan Android 5 dan Android 4

Settings > Applications > Applications manager > All > cari aplikasi Settings > Clear Data > Clear

E. Seri Samsung Galaxy yang tidak diproduksi lagi (Discontinued)

Cukup banyak seri Samsung Galaxy yang sudah tidak diproduksi lagi (discontinued). Yang terkenal dan masih ada yang jual hingga sekarang adalah Samsung Galaxy seri J (Joy atau Junior). Sebagai gantinya adalah seri M (Millenial).

Untuk aktifkan Developer options di hp Samsung Galaxy seri J ini, bisa mengikuti ke dua cara di atas sesuai dengan versi Android nya.

Untuk Samsung Galaxy seri J tahun 2017 dan 2018, yang menggunakan Android 7 (Nougat) dan user interface Samsung Experience, bisa mengikuti Cara-1 di atas. Seperti Samsung Galaxy J5 (2017) dan Samsung Galaxy J7 (2018). Dan untuk yang masih menggunakan Android 6 (Marshmallow), Android 5 (Lollypop) dan Android 4.1 (Kitkat), bisa mengikuti Cara-2 di atas.

F. Seri Samsung Galaxy Tablet dan Galaxy Z Fold dan Flip

Uniknya produk hp dan tablet Samsung Galaxy adalah untuk aktifkan Developer Options metodenya sama seperti metode di atas tergantung versi Android yang digunakan. Baik itu Galaxy Tab seri A ataupun seri S. Jika Tablet nya menggunakan Android 7 (Nougat) ke atas, gunakan Cara-1 atau jika menggunakan Android 6 (Marshmallow) ke bawah, gunakan Cara-2.

Untuk Samsung Galaxy seri Z, seperti Galaxy Z Fold, Galaxy Z Fold2 dan Galaxy Z Flip karena ini adalah varian baru yang sudah menggunakan user interface OneUI, untuk aktifkan Developer options bisa dengan mengikuti Cara-1 di atas.

Artikel terkait:

error: Content is protected !!