Screenshot laptop: layar penuh, sebagian layar, cara cepat & klasik - de-Tekno.com

Screenshot laptop: layar penuh, sebagian layar, cara cepat & klasik

Screenshot laptop atau tangkapan layar laptop, adalah cara menangkap gambar di layar laptop yang hasilnya berupa gambar yang umumnya berformat .png. Apapun yang ada di layar laptop pada saat melakukan Screenshot akan tesimpan dalam bentuk gambar.

Ada beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop khususnya Windows 10. Ada cara klasik dan ada cara yang cepat dan sederhana. Ada Screenshot layar penuh, ada screenshot sebagian layar saja pada lokasi tertentu. Cara ini berlaku untuk semua merk laptop selama masih menggunakan sistem operasi Windows 10.

A. Screenshot penuh layar laptop
Screenshot penuh layar laptop akan menangkap seluruh objek yang ada di layar laptop pada saat itu. Cara ini kita bagi dua yaitu cara cepat dan cara klasik.

Cara Klasik
1. Tekan tombol Prt SC dari keyboard. Gambar akan tersimpan di Cilipboard (memory sementara).
2. Buka aplikasi Paint atau sejenisnya, lalu di Paste. Di sini gambar hasil Screenshot baru akan terlihat
3. Klik tombol File > Save As > pilih format gambar > Tentukan nama file > klik Save.

Gambar yang tersimpan di Clipboard sifatnya sementara. Gambar akan terhapus secara otomatis jika:
– Kita klik tombol Prt Sc berikutnya. Yang tersimpan di Clipboard adalah hasil Screenshot terakhir saja. Yang sebelumnya akan terhapus. Jadi setiap kali melakukan Screenshot segera di simpan dengan cara di atas.
– Laptop nya di matikan.

Cara Cepat
Cukup dengan menggunakan tombol Windows (logo Windows) + tombol Print Screen (Prt SC) di keyboard laptop. Tekan dan tahan tombol Windows dilanjutkan menekan tombol Print Screen hingga layar laptop terlihat berkedip. Dengan teknik ini kita sudah dapat menghasilkan gambar yang diambil dari layar laptop pada saat itu.

Screenshot laptop full screen

Gambar akan tersimpan secara otomatis di folder Pictures dan sub Folder Screenshots. Untuk melihat hasilnya silahkan buka File Eplorer > Pictures > Screenshots. Hasil Screenshot terakhir akan berada di paling bawah sesuai urutan tanggalnya.

Untuk memudahkan kita mengkakses hasil screenshot terbaru, urutan tanggal nya di balik dengan cara klik tombol List, untuk merubah dari tampilan Thumbnail (gambar ukuran mini) ke tampilan List, kemudian klik Tab Date. Posisi gambar hasil Screenshot terakhir akan berada di paling atas. Kemudian klik tombol Item untuk mengembalikan tampilan gambar dalam bentuk deretan Thumbnail (gambar mini) agar kita dapat mengenali gambar yang barusan di screenshot.

Keistimewaan lain dari cara cepat ini adalah walaupun sudah secara otomatis tersimpan dalam bentuk file di sub folder Screenshot, hasil Screenshot juga tersimpan di Clipboard. Jadi jika kita ingin langsung mengedit file gambar tersebut kita tinggal buka aplikasi yang sesuai lalu di paste kan saja tanpa harus mengakses file yang tersimpan di sub Folder Screenshot terlebih dahulu.

Kedua cara di atas adalah untuk Srcreenhot penuh layar laptop. Seluruh objek yang terlihat di layar laptop akan tersimpan utuh. Jika kita ingin Screenshot objek tertentu saja di layar laptop, bisa dengan menggunakan cara berikut.

B. Screenshot bagian tertentu layar laptop
Secara default, Windows 10 dilengkapi sebuah tool dengan nama Screen Snip. Untuk membuka tool Screen Snip ini silahkan klik tombol Notifikasi di sudut paling kanan Task Bar untuk membuka jendela Quick Action (Notofikasi). Di sini terdapat beberapa fitur Tool dari Windows 10 termasuk Screen Snip. Silahkan di klik Tombol Screen Snip untuk membuka tool ini.

Screen Snip

Screen Snip menyediakan 4 jenis Screenshot, yaitu:

  1. Rectangular Snip. Berfungi untuk Screenshot sebagian layar berbentuk persegi. Kita arahkan pointer mouse ke objek tertentu lalu klik kiri dan tahan kemudian tarik pointer mouse ke area yang ingin di Screenshot.
    Rectangular Snip Screenshot on laptop
  2. Freeform Snip. Berfungsi untuk Screenshot sebagian layar berbentuk bebas sesuai gerakan pointer mouse. Arahkan pointer mouse di objek tertentu, klik dan tahan, gerakkan pointer mouse mengikuti bentuk objek.
    Freeform Snip Screenshot on laptop
  3. Window Snip. Berfungsi untuk Screenshot jendela tertentu di layar jika kita membuka lebih dari satu jendela. Arahkan mouse ke jendela yang akan di Screenshot lalu di klik dari mouse.
    Windows Snip Screenshot on laptop
  4. Fullscreen Snip. Berfungsi untuk Screenshot layar penuh seperti cara bagian A di atas.

Setiap kali selesai melakukan Screenshot dengan salah satu metode di atas, akan muncul notifikasi. Klik Notifikasi yang muncul untuk membuka hasil Screenshot kemudian mengedit atau menyimpan nya.

Hasil dari Screen Snip ini juga tersimpan di Clipboard sehingga kita bisa mengeditnya dengan menggunakan aplikasi foto lainnya.

Lihat juga:

Mengembalikan ikon Bluetooth yang hilang Windows 7,8,10
Cara membagi layar di Windows 10 (Split Screen)
Cara Screenshot dan Scrollshot di hp Samsung
Mengaktifkan fitur Connect yang hilang di Windows 10
Cara mudah mengirim file sesama Windows 10 (Nearby Sharing)
Trik menggunakan touchpad laptop agar tak tergantung mouse

error: Content is protected !!