Mengunci & sembunyikan aplikasi hp Realme (All model) - de-Tekno.com

Mengunci & sembunyikan aplikasi hp Realme (All model)

Hp Realme juga dilengkapi fitur untuk mengunci dan sembunyikan aplikasi. Pengguna bisa menggunakan fitur mengunci saja atau sembunyikan saja dan bisa menggunakan keduanya sekaligus.

sembunyikan aplikasi Realme

Karena antara fitur mengunci aplikasi dan sembunyikan aplikasi memiliki tujuan berbeda, dan juga cara mengakses atau membukanya berbeda, maka masing-masing kami pisahkan menjadi tiga bagian. Bagian A Cara Mengunci Aplikasi, bagian B cara sembunyikan aplikasi dan bagian C cara mengakses atau membuka aplikasi yang terkunci dan disembunyikan. Dan kami lengkapi di bagian terakhir cara mengembalikan aplikasi yang terkunci dan disembunyikan.

Di setiap langkah terdapat penjelasan sesuai dengan seri hp Realme dikarenakan terdapat perbedaan istilah dan metode.

A. Mengunci aplikasi di hp Realme

Untuk mengunci aplikasi di hp Realme silahkan ikuti langkah berikut:

Langkah-1
Untuk hp Realme yang sudah menggunakan Reame UI, menuju ke h alaman setting App Lock (Kunci Aplikasi), untuk hp Realme lawas menuju ke halaman settings App Encryptions (Enkripsi Aplikasi). Silahkan pilih di antara ke tiga cara berikut:

  • Settings (Pengaturan) > Privacy (Pribadi) > App Lock (Kunci Aplikasi), (untuk Realme 6, 7, 7Pro dan yang sudah update Realme UI).
  • Settings (Pengaturan) > Security (Keamanan) > App Lock (Kunci Aplikasi), (untuk Realme 2, 2 Pro, 3, 5, C1, C2, C12)
  • Settings (Pengaturan) > Security (Keamanan) > App Encryptions (Enkripsi Aplikasi), (untuk Realme C2, 3, 3Pro, 5,)

Langkah 2
Muncul jendela pembuatan Password. Klik Set Password untuk mulai membuat Password. Silahkan buat Password yang mudah diingat dan ikuti petunjuk di layar. Juga terdapat pilihan untuk menggunakan Kunci Pola jika anda tidak ingin menggunakan Password. Untuk memilih Kunci Pola klik Other Encyptions Methods (Mode Enkripsi Lainnya) kemudian klik Pattern Code (Kode Pola). JIka sudah klik Done (Selesai).

Buat Password atau pattern

Di sebagian seri hp Realme lainnya, selain pembuatan Password anda juga diminta untuk membuat fitur Reset Password atau Password Rocovery (Pemulihan Password). Beberapa pilihan untuk setting pemulihan password, di antaranya:

  • Silahkan isikan sebuah nama di tempat yang disediakan sesuai dengan pertanyaannya. Pertanyaan default-nya adalah “Siapa nama salah satu Guru anda”. Anda bisa mengganti pilihan lain dengan klik tanda panah di sebelahnya, misalkan nama ayah, ibu, nama SMA atau nama Restoran.
  • Menentukan alamat email yang terhubung dengan akun anda.
Password recovery

Silahkan ikuti petunjuk di layar untuk membuat fitur pemulihan password. Tujuannya adalah jika anda lupa Password anda akan diberikan pertanyaan sesuai pilihan di atas. Anda akan jawab dengan sebuah nama yang anda isikan.

Password yang di buat di atas akan selalu digunakan ketika:

  • Masuk ke halaman Settings di bagian App Lock atau App Encryptions untuk melakukan perubahan settings, menambah atau menghapus aplikasi yang dikunci.
  • Membuka Aplikasi yang dikunci.

Jika anda tidak menemukan fitur pemulihan password silahkan lanjut ke langkah 3.

Langkah 3
Masuk ke Daftar Aplikasi. Silahkan memilih aplikasi yang ingin di kunci. Anda bisa memilih beberapa aplikasi sekaligus lalu klik Lock (Kunci) atau klik Enable Encryptions (aktifkan enkripsi) di seri hp Realme lainnya.

Jika ada notifikasi untuk menggunakan Sidik Jari (Fingerprint) silahkan klik Use saja biar tambah aman.

Sampai di sini selesai proses mengunci aplikasi. Terlihat aplikasi yang dipilih sudah ada simbol kunci di sebelahnya. Jika aplikasi ini juga ingin disembunyikan lanjut ke bagian B. Jika tidak lanjut ke bagian C cara membuka aplikasi yang terkunci dan disembunyikan.

B. Sembunyikan aplikasi di hp Realme

Untuk sembunyikan aplikasi di hp Realme silahkan ikuti langkah berikut:

Langkah-1
Masuk lagi ke halaman setting App Lock (Kunci Aplikasi) atau App Encryptions (Enkripsi Aplikasi) seperti Langkah-1 bagian A di atas. Silahkan masukkan Password yang dibuat di bagian pertama A di atas.

Langkah-2
Di halaman App Lock (Kunci Aplikasi) atau App Encryptions (Enkripsi Aplikasi), silahkan pilih dan klik aplikasi yang ingin disembunyikan termasuk aplikasi yang sudah terkunci yang dibuat dibagian A diatas.

Langkah-3
Di bagian Hide Homescreen Icon (Sembunyikan ikon Layar Depan) -> klik tombol di sebelahnya untuk mengaktifkan.

Akan muncul jendela Notifikasi untuk membuat Access Number (Nomor Akses atau Kode Akses) jika ini pertama kali anda menggunakan fitur sembunyikan aplikasi. Silahkan klik Set Access Number (Buat Nomor Akses) untuk membuat Nomor Akses.

Set Nomor Akses-sembunyikan aplikasi Realme

Nomor Akses harus diawali dengan tanda pagar (#) diikuti angka (satu hingga 16 angka) dan diakhiri tanda pagar lagi. Misalkan formatnya: #000#. Jika sudah klik tombol Done (Selesai) di sudut kanan atas layar. Tunggu proses sembunyikan aplikasi lalu klik Done (selesai). Silahkan Lanjut bagian C Membuka aplikasi yang terkunci dan disembunyikan.

Jika anda tidak menemukan fitur pembuatan nomor akses seperti di atas (Realme 7) silahkan ikuti langkah berikut:

  1. kembali ke halaman sebelumnya, App lock Settings.
  2. klik Settings ikon Roda gigi di sudut kanan atas layar
  3. Klik Change Access Number (Ganti nomor akses). Lalu masukkan Nomor Akses, yang diawali dengan tanda pagar (#) diikuti angka (satu hingga 16 angka) dan diakhiri tanda pagar lagi. Jika sudah klik Done (Selesai).
Setup kunci akses - sembunyikan aplikasi Realme

Sampai di sini selesai cara sembunyikan aplikasi di hp Realme. Silahkan lanjut ke bagian C Membuka aplikasi yang terkunci dan di sembunyikan.

C. Membuka aplikasi yang terkunci dan disembunyikan di hp Realme

Membuka aplikasi yang terkunci
Untuk membuka aplikasi yang terkunci saja, silahkan masuk ke halaman aplikasi di mana aplikasi tersebut berada. Klik aplikasi tersebut dan anda diminta memasukkan password atau pola tergantung yang anda pilih saat settings mengunci aplikasi di bagian A di atas.

Mengakses aplikasi yang disembunyikan
Aplikasi yang disembunyikan tersimpan di lokasi khusus yang kita tidak akan tahu letaknya. Untuk membuka atau mengakses aplikasi yang disembunyikan, silahkan ikuti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Telpon
  2. Ketikkan Nomor Akses yang berformat #xxxx# yang dibuat di bagian B di atas.
  3. Akan muncul halaman Hidden App (Aplikasi tersembunyi) yang berisi aplikasi yang disembunyikan. Silahkan pilih aplikasi yang akan di buka.
akses sembunyikan aplikasi Realme

Aplikasi yang dikunci dan sekaligus disembunyikan untuk membukanya cukup menggunakan nomor akses saja tanpa perlu menggunakan password atau pola lagi. Password tetap diperlukan pada saat ingin menambah atau menghapus aplikasi yang dikunci atau disembunyikan.

D. Mengembalikan aplikasi yang terkunci dan disembunyikan di hp Realme

Untuk mengembalikan aplikasi yang terkunci silahkan ikuti langkah berikut.

Langkah-1
Masuk lagi ke halaman setting App Lock (Kunci Aplikasi) atau App Encryptions (Enkripsi Aplikasi) seperti Langkah-1 bagian A di atas. Silahkan masukkan Password yang dibuat di bagian pertama A di atas.

Langkah-2
Masuk ke Daftar Aplikasi. Silahkan pilih dan klik aplikasi yang ingin dikembalikan.

Langkah-2
Jika ingin mengembalikan aplikasi yang disembunyikan saja, klik bagian Hide Homescreen Icon, OFF-kan tombol di sebelahnya.

Jika ingin menghapus atau membatalkan aplikasi yang dikunci dan disembunyikan, di bagian Enable Password verifications, OFF kan tombol di sebelahnya.

Demikian cara mengunci dan sembunyikan aplikasi serta cara membuka dan mengembalikannya di hp Realme, semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Gboard | Oppo Realme Vivo
Mengaktifkan USB Debugging dan Developer options hp Realme
Mirror hp Realme ke Laptop (Tanpa kabel dan app lain)

error: Content is protected !!