Mengontrol hp dari laptop (Airdroid) - de-Tekno.com

Mengontrol hp dari laptop (Airdroid)

Aplikasi yang digunakan untuk mengontrol hp dari laptop adalah aplikasi Airdroid. Ada 4 buah fitur utama yang disediakan oleh aplikasi Airdroid ini, yaitu:

  • Remote Camera (Mengontrol camera hp)
    Biasa digunakan jika ingin memanfaatkan hp bekas sebagai CCTV atau camera pengintai.
  • Remote Control (Mengontrol hp)
    Bisa digunakan untuk main game Android atau mengakses aplikasi Android lainnya di laptop/PC. Untuk main game senaiknya gunakan koneksi kabel USB.
  • Screen Mirroring (Memonitor hp)
    Berfungsi untuk memproyeksikan layar hp ke laptop/PC. Screen Mirroring kontrolnya dari hp sedangkan Remote Control, kontrolnya bisa dari hp bisa dari laptop/PC.
  • AirMe (menggunakan keyboard dari laptop)
    Berfungsi memanfaatkan keyboard laptop untuk mengetik di hp. Ngetik jarak jauh, atau Remote Keyboard.
Control hp dari laptop

Yang dikontrol adalah hp, sedang yang mengontrol (controller) adalah laptop. Salah satu kelebihan Airdroid adalah dapat digunakan dengan koneksi local dan koneksi remote. Koneksi lokal jika kedua perangkat terkoneksi dengan jaringan internet yang sama seperti Wi-fi modem atau Wi-fi hotspot sedangkan koneksi remote, masing-masing menggunakan jaringan internet berbeda, baik itu menggunakan paket data atau menggunakan internet wi-fi modem.

A. Persiapan
Silahkan lakukan persiapan seperti berikut:

  1. Silahkan install aplikasi Airdroid di hp (Playstore) dan di laptop. Untuk yang di laptop silahkan download aplikasi Airdroid di Airdroid.com
  2. Koneksikan kedua perangkat dengan jaringan internet, koneksi local ataupun remote
  3. Silahkan daftar akun Airdroid dengan klik Create New Account. Lalu log-in menggunakan akun tersebut baik di laptop maupun di hp.

B. Setup Airdroid pertama kali

Setup ini diperlukan bagi hp android yang Non-Root. Bagi yang tidak mengerti apa itu Non-Root, bahasa mudahnya adalah hp yang masih asli atau perawan dari produsennya. Masih dapat update, masih memakai User interface dari produsennya dan fitur-fitur nya masih sesuai dengan produsennya. Dan mayoritas pengguna hp dipastikan hp nya masih Non-Root.

Untuk melakukan setup, siapkan kabel USB dan diusahakan koneksi kan wifi hp dan laptop ke wifi yang sama dulu, jika setup nya berhasil baru dicoba menggunakan jaringan internet berbeda, namun jika tidak punya gunakan jaringan internet yang ada saja. Selanjutnya ikuti langkah berikut.

  1. Di halaman Airdroid di hp, klik tombol Me di sisi bawah layar (Pastikan sudah login ke akunnya dan terkoneksi ke internet)
  2. Klik Security & Remote features. Aktifkan fitur Camera, Screen Mirroring, Remote Control dan Desktop Notif. Atau diaktifkan dulu semua tidak apa-apa, jika nanti tidak dibutuhkan bisa di non-aktifkan kembali. Terlihat bagian Remote control tidak bisa di aktifkan jika hp nya Non-Root. Keluar dari halaman Security & Remote. Lanjut langkah berikutnya.
  3. Aktifkan USB Debugging .
    USB Debugging terletak di dalam menu Settings Developer options (Opsi Pengembang). Untuk bisa mengaktifkan USB Debugging, settings Developer options-nya harus diaktifkan dahulu. Cara mengaktifkan Developer options berbeda-beda tergantung merk hp dan seri nya. Silahkan lihat link nya di akhir tulisan ini untuk mengaktifkan Developer options di masing-masing merk hp dan seri-nya.
  4. Hubungkan hp dengan Laptop menggunakan kabel USB
  5. Pilih mode koneksi Charge Only atau No Data Transfer. Caranya tarik layar dari atas ke bawah, klik di bagian notifikasi mode koneksi USB, pilih mode koneksi Charge Only atau No Data Transfer.
  6. Buka Airdroid di Laptop dan silahkan Login jika belum login, dan gunakan akun yang sama dengan akun Airdroid di hp.
  7. Klik Remote Control (ikon keker/binocular)
  8. Klik Non Root. Akan mucul pesan berikut di hp, centang kotak kosong klik OK.
Kontrol hp dari laptop

9. Di Laptop klik Connect di bahwa gambar hp
10. Tunggu sebentar sampai muncul pesan sukses. Lanjut ke bagian C. Jika gagal coba ikuti langkah di bagian Catatan berikut.

Catatan-1:
Jika sampai langkah ke 10 tidak muncul pesan sukses, silahkan coba langkah berikut:
– Ulangi lagi Langkah no 5 dengan memilih mode koneksi USB MTP atau File Transfer. (Sebagian hp menggunakan istilah MTP, sebagian menggunakan istilah FIle Transfer tergantung versi Android yang digunakan)
– Jika masih gagal, masuk lagi ke halaman Developer options (Opsi pengembang) dan aktifkan settings berikut:

  • Untuk hp Xiaomi (MIUI): di bagian USB debugging (Security settings) > On kan juga.
  • Untuk hp Vivo (Funtouch OS) : di bagian USB simulated input > On kan
  • Untuk Huawei (EMUI): di bagian Allow ADB debugging in charge only mode > On kan

C. Test
Selanjutnya klik nama hp anda di bawah Devices. Silahkan di coba ke empat fitur di atas, Remote Camera, Remote Control, Screen Mirroring dan AirMe. Jika hp dan laptop tidak terkoneksi dengan jaringan Internet yang sama, fitur Remote Camera tidak akan bisa di akses dengan akun gratisan.

D. Cabut (Disconnect) kabel USB
Jika semua fitur sudah bisa di akses di bagian C di atas, silahkan cabut kabel USB nya. Dan di coba lagi ke empat fitur di atas tanpa koneksi kabel USB.

E. Ganti koneksi internet Remote
Dari langkah A – D di atas, asumsinya wifi hp dan wifi laptop terkoneksi dengan jaringan internet yang sama, wifi modem atau wifi hotspot. Di bagian ini coba matikan wifi hp dan aktifkan paket data. Jadi hp dan laptop terkoneksi dengan jaringan internet berbeda.

Catatan

  • Hp kembali tidak akan bisa diakses dari laptop jika:
    – hp dimatikan / di restart
    – Log out
    – Kuota Airdroid habis
    – USB Debugging dan Opsi Pengembang di off kan (khusus Remote Control dan AirMe).
  • Untuk akun gratisan hanya diberi kuota 200 MB saja, jika lebih dari itu hp tidak bisa diakses. Namun setelah 8 hari kuota ini akan reset kembali.
  • Kita diijinkan koneksi dengan dua hp sekaligus dengan akun gratisan.
  • Jika cara mengontrol hp dari laptop menggunakan jaringan internet yang sama, keempat fitur yang disediakan Airdroid bisa di akses semua walau dengan akun gratisan.
  • Jika koneksi hp ke laptop menggunakan jaringan internet yang berbeda, fitur Remote Camera tidak bisa diakses kecuali dengan akun Premium. Tiga yang lainnya tetap bisa digunakan dengan akun gratisan.
  • Aplikasi Airdroid tersedia untuk hp Android (Playstore) dan iOS (Appstore) dan juga laptop Windows dan MacOS. Silahkan download di link di atas.
  • Untuk akun premium termasuk cukup mahal, bisa langganan perbulan atau pertahun. Jika anda merasa butuh sekali dengan aplikasi ini dan mampu, silahkan upgrade ke premium dengan cara buka halaman akun anda, di bawah nama akun anda klik Upgrade. Anda akan di bawa masuk ke halaman Airdroid.com untuk melakukan Upgrade. Silahkan ikuti petunjuknya di halaman tersebut.
  • Kualitas koneksi sangat tergantung dari kualitas jaringan internet di kedua perangkat, controller dan target, dan jika hp target di matikan atau aplikasi Airdroid dihapus, maka koneksi harus diulangi dari awal lagi
  • Di hp, matikan wifi dan aktifkan paket data.
  • Di halaman Airdroid di laptop, klik akun anda (ikon gambar anda)
  • Di bagian Devices klik Refresh (ikon panah melingkar) sampai tulisan Local berganti ke Remote (Celullar)
  • Klik ikon keker untuk masuk kembali ke halaman Remote Control.
  • Silahkan di coba lagi ke empat fitur. Untuk Remote Camera tidak bisa di akses dengan akun gratisan dan jaringan internet Remote.

Demikian cara mengontrol hp dari laptop dengan menggunakan aplikasi Airdroid. Semoga dapat digunakan dengan bijak.

Lihat video Youtube nya juga:
https://youtu.be/sQsw66NxaJ8

Lihat juga:
Cara Screenshot dan Scrollshot di hp Samsung
Mirror hp Vivo ke laptop (All Model, No Apps)
Mirror hp Xiaomi Redmi ke laptop (Tanpa kabel & app)
Mirror hp Realme ke Laptop (Tanpa kabel dan app lain)
Mirror hp Oppo ke Laptop (All model, No Apps)
Update Airdroid, menampilkan layar android [tanpa root] di laptop/PC
Cara koneksi perangkat android ke laptop/PC tanpa kabel dengan AirDroid

error: Content is protected !!