Cara update software / firmware Smart TV Samsung - de-Tekno.com

Cara update software / firmware Smart TV Samsung

Seperti halnya hp, Smart TV Samsung pun tersedia update Software (Firmware) dalam kurun waktu tertentu. Update software bertujuan untuk menambah fitur-fitur baru dan memperbaiki kekurangan atau masalah pada software sebelumnya yang dikenal dengan istilah Bugs.

Samsung menyediakan dua pilihan cara untuk update software, yaitu melalui internet atau melalui USB.

Update via Internet

Jika Smart TV Samsung nya selalu terkoneksi dengan internet, aktifkan saja pilihan Auto Update agar jika tersedia update, Smart TV akan melakukan download software sendiri dan akan di update pada saat TV dihidupkan lagi. Berikut cara update melalui internet dan pastikan Smart TV Samsung nya sudah terkoneksi ke jaringan internet.

1. Dari remote tekan tombol Home/Menu > pilih Settings
2. Pilih Support > Software Update
3. Jika tersedia update klik Update Now, dan aktifkan juga pilihan Auto Update agar kelak tersedia update Smart TV nya akan melakukan update secara otomatis.

Auto Update Software Samsung Smart TV

Update via USB

Pilihan ke dua yaitu Update Software Smart TV Samsung melalui USB.
Cara update software via USB ini kita harus mendownload software Smart TV Samsung melalui laptop/PC.

Namun sebelum melakukan update software via USB ini, kita pastikan dahulu Model Number dan versi Software yang sekarang di gunakan oleh Smart TV nya. Model number digunakan untuk menentukan agar software yang akan didownload memang sesuai dengan model Smart TV Samsung milik kita, (tidak salah download). Sedangkan versi Software (Firmware) digunakan untuk membandingkan apakah software yang akan didownload versinya sama, lebih rendah atau lebih tinggi dari software yang saat ini digunakan di Smart TV nya. Jika lebih rendah atau sama, kita tidak perlu melakukan download. Tidak ada gunanya.

Cara mengetahui Model Number dan Versi Software

Berikut beberapa cara menentukan Model Number dan Versi Software. Silahkan dipilih mana yang sesuai dengan Model Smart TV Samsung milik nya.

1. Untuk Model Number, bisa dilihat di stiker yang ditempel di belakang Smart TV. Jika anda kesulitan melihat stiker dibelakang TV karena TV nya di tempel di dinding, silahkan gunakan cara berikutnya.
Stiker model number Smat TV Samsung
2. Dari Remote tekan tombol Menu > Settings > Support > About this TV. Akan muncul jendela informasi tentang Model, Software Version dan Serial Number.

3. Atau, dari remote tekan tombol Menu > Settings > Support > Software Update > Dari Remote tekan tombol Info. Akan muncul jendela informasi yang berisi versi Software/Firmware.

4. Atau, dari remote tekan tombol Menu > Settings > Support > Contact Samsung. Akan muncul jendela informasi tentang Model, Software Version dan Serial Number.

Silahkan dicatat kedua informasi diatas, Model Number dan Versi Software. Kemudian lanjutkan download software dari laptop dengan cara berikut.

Download Software Smart TV Samsung

1. Dari laptop/PC silahkan kunjungi situs download Samsung, Samsung Download Center.
2. Pilih “Enter Model Number“. Silahkan masukkan Model Number Smart TV Samsung nya.

3. Di halaman download perhatikan versi Software dan tanggal nya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang software yang akan didownload, klik ikon Tanda Tanya. Akan muncul jendela kecocokan antara versi dengan Model Smart TV. Silahkan dilihat dan pastikan adakah Model Smart TV Samsung miliknya.

Update Software Smart TV Samsung

Untuk melihat versi software apa saja yang tersedia, klik See More. Silahkan bandingkan dengan versi software Smart TV Samsung yang miliki. Jika versi yang tersedia di halaman download lebih tinggi silahkan lakukan download. File nya lumayan besar sekitar 1 Gb. Pastikan paket data cukup agar download tidak terputus jika download dengan paket data.

4. Jika sudah selesai download pisahkan file download yang berbentuk Zip tersebut ke folder tersendiri agar tidak tercampur dengan file yang lain saat di UnZip. Selanjutnya silahkan di UnZip. (Klik Kanan > Extract Here)

5. Pasang Usb Flash Drive ke laptop/PC. Copy-kan Software saja ke USB Flash Drive dan jangan dimasukkan ke folder lain. Lebih baik jika USB Flash drive nya dikosongkan atau diformat sebelum di copy ke USB Flash Drive.

Firmware di USB Flash Drive

6. Silahkan colokkan USB Flash Drive ke USB Port di Smart TV Samsung. Smart TV Samsung akan melakukan update secara otomatis saat USB Flash Drive dicolokkan. Namun jika tidak terjadi update otomatis, silahkan lanjut langkah selanjutnya.

7. Tekan tombol Menu/Home dari remote Control > Support > Software Update > Update Now > Yes. Smart TV akan mencari update file di USB Flash Drive.
Silahkan ikuti petunjuk yang ada di TV untuk menginstall update Software. Update akan memakan waktu beberapa menit, usahakan TV nya jangan sampai mati hingga update selesai. Jika sudah TV akan Restart secara otomatis.

Demikian cara update software Smart TV Samsung, semoda bermanfaat.

Lihat juga:

Screen Mirroring iphone ke Smart TV | LG Samsung SONY
Cara mengganti Service Region Samsung Smart TV
Cara menggunakan Zoom di Smart TV (semua merk)
Cara download dan install aplikasi pada Smart TV Samsung

error: Content is protected !!