Cara Menggunakan Secure Folder di hp Samsung - de-Tekno.com

Cara Menggunakan Secure Folder di hp Samsung

Apa Secure Folder. Secure Folder adalah salah satu fitur yang terdapat di hp Samsung yang sudah menggunakan OneUI sebagai user interface nya. Fitur Secure Folder berfungsi untuk menyimpan file dan aplikasi yang dianggap sensitif yang kita tidak ingin orang lain mengetahuinya.

Folder aman

Di dalam Secure Folder sudah di sediakan folder dan aplikasi tersendiri yang berbeda dengan aplikasi yang terdapat di luar Secure Folder, seperti Camera, Gallery, Browser dan beberapa aplikasi lainnya. Misalnya jika kita menggunakan Camera dari Secure Folder gambarnya akan tersimpan di dalam Gallery yang ada di Secure Folder bukan Gallery yang biasa digunakan. Dengan fungsi ini Secure Folder lebih mirip sebagai hp ke dua yang sifatnya tersembunyi.

Secure Folder dilengkapi beberapa metode penguncian, seperti PIN, Pola,dan Fingerprint (Sidik jari), bisa di kustomisasi dan juga bisa disembunyikan. Sehingga aplikasi dan file yang tersimpan di dalamnya akan tersembunyi dan terkunci dengan aman, sesuai namanya.

Setup Secure Folder

Untuk menggunakan Secure Folder harus dilakukan setup terlebih dahulu. Berikut cara Setup Secure Folder pertama kali.

1. Settings > Biometrics and security > Secure Folder > Agree > Sign-in dengan akun Samsung. Jika belum punya silahkan buat dengan klik Sign-Up. Atau bisa Sign-In menggunakan akun Google anda. Tunggu proses pembuatan Secure Folder.

Setup Secure Folder hp Samsung

2. Tentukan jenis kunci yang akan digunakan untuk membuka Secure folder. Silahkan pilih Pattern, PIN atau Password dan Centang juga di bagian Fingerprint > Next dan lanjutkan pembuatan kunci.
Jika pembuatan kunci selesai, silahkan lanjut ke langkah berikutnya memasukkan file atau apps yang ingin di sembunyikan ke Secure Folder.

Catatan
Di beberapa hp Samsung seri Note, anda bisa mengaktifkan Secure Folder dari jendela Quick Settings. Tarik layar ke bawah sampai muncul jendela Quick settings, silahkan cari ikon Secure Folder. Jika tidak ada geser jendela ke kiri. Jika ikon Secure Folder sudah aktif silahkan masuk ke halaman aplikasi. Cari dan dan buka Secure folder. Selanjutnya anda di minta lakukan Setup seperti cara di atas. Jika ikon Secure Folder di dalam jendela Quick Settings tidak diaktifkan Secure Folder tidak akan muncul di halaman aplikasi.

Menambahkan file ke Secure Folder

File yang bisa di tambahkan ke Secure Folder bisa berupa foto, video, audio, dokumen dan bentuk file lainnya. Ada dua cara untuk menambahkan file ke Secure Folder, yaitu dari halaman Secure Folder atau dari halaman file yang akan dipindahkan.

Cara-1: Dari Halaman Secure Folder

  1. Di halaman Secure folder
  2. Add files
  3. Pilih Jenis file
  4. Centang File > Done
  5. Muncul jendela pilihan mau dipindahkan (Move) atau di-copy. Silahkan pilih di pindahkan (Move).
menyembunyikan file ke Secure folder hp Samsung

Cara-2: Dari halaman file

Cari file yang ingin dipindahkan > Tekan dan tahan sampai sampai file tersebut tercentang > klik ikon tiga titik vertikal > Move to Secure folder

Memindahkan Foto
Buka Gallery > buka foto yang ingin dipindahkan > klik ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas layar > pilih Move to Secure folder.

Jika anda tidak menemukan pilihan “Move to Secure Folder” di dalam jendela ikon titik tiga vertikal, cari dan klik Share (bagikan) > pilih Secure Folder.

Memindahkan foto ke secure folder hp Samsung

Menambahkan aplikasi ke Secure Folder

Untuk menambahkan aplikasi ke Secure Folder:
Di halaman Secure Folder > Add Apps > Pilih aplikasi yang akan di masukkan ke Secure folder > Add

Aplikasi yang dipindahkan ke dalam Secure Folder akan menjadi aplikasi baru yang perlu dilakukan setup ulang. Misalkan jika memindahkan aplikasi Whatsapp, kita harus melakukan setup lagi sebelum digunakan. Jika tetap menggunakan no hp yang sama maka akan muncul chat yang sama dengan dengan Whatsapp yang ada di luar Secure Folder. Bedanya, jika anda melakukan chatting dari Whatsapp yang ada di dalam Secure Folder, chatting tersebut tidak akan terlihat di Whatsapp di luar Secure Folder. Selain itu, jika Whatsapp di Secure Folder menggunakkan nomor hp berbeda, maka anda akan memiliki dua akun Whastapp di satu hp Samsung.

Settings tambahan Secure folder

Di sini kita bisa melakukan beberapa settings tambahan sesuai dengan keinginan dan mengganti nama dan ikon Secure Folder agar tidak mengundang penasaran.

Untuk melakukan settings tambahan

  1. Dari halaman Secure Folder > Klik ikon tiga titik vertikal
  2. Jika ingin mengganti nama dan ikon Secure Folder, klik Customize.
  3. Jika ingin melakakan Settings lainnya, klik Settings. Di dalam Settings ini cukup banyak pilihan yang bisa disesuaikan, seperti:
    • Lock type: untuk mengganti metode penguncian
    • Auto lock: memilih kapan pengunci otomatis di mulai
    • Show Secure Folder: jika tombol di OFF-kan ikon Secure Folder akan di sembunyikan dari halaman aplikasi. Untuk mengaksesnya bisa melalui halaman Settings > Biometrics & Security > Secure Folder, atau
      bisa melalui halaman Quick Settings pada model hp Samsung tertentu.

Demikian cara setup dan menggunakan Secure Folder di hp Samsung, semoga aman.

Lihat juga:
Mengaktifkan Developer options hp Samsung & tablet (All model)
Cara Screenshot dan Scrollshot di hp Samsung
Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Samsung
Mode koneksi USB Android | MTP, PTP, MIDI, RNDIS, File Transfer
Mengganti default koneksi USB hp Android ke laptop/PC
Mengontrol hp dari laptop (Airdroid)

error: Content is protected !!