Cara install aplikasi hp Android selain dari Playstore - de-Tekno.com

Cara install aplikasi hp Android selain dari Playstore

Install aplikasi hp Android selain dari Playstore – Mungkin dulu kita pernah menggunakan sebuah aplikasi di hp Android kita. Kita merasa nyaman dan banyak fitur yang sangat membantu. Namun kini aplikasi tersebut sudah tidak tersedia lagi di Google Playstore.

install aplikasi selain Playstore

Sebagai alternatif kita bisa mencari aplikasi tersebut di internet. Ada cukup banyak situs yang menyediakan aplikasi untuk perangkat Android yang dikenal dengan istlah APK. Namun, by default, Android tidak mengijinkan kita untuk install aplikasi selain dari Playstore. Keamanan perangkat jadi alasan utama. Tidak diijinkan bukan berarti tidak bisa. Berikut tips dan cara install aplikasi Android selain dari Google Playstore.

A. Settings di hp
Silahkan lakukan Settings di hp Anda sesuai dengan versi Android yang digunakan. Jika belum tahu versi android yang digunakan silahkan lihat link nya di akhir tulisan ini.

Cara-1: Android 8 Oreo ke atas
– Masuk ke halaman Settings
– Cari dan pilih App & notifications
– Klik Advanced
– Klik Special App access
– Cari dan klik Install unknown apps
– Di daftar aplikasi, pilih Chrome
– Aktifkan tombol di sebelah “Allow from this Source

Cara-2: Android 7 (Nougat) ke bawah
– Masuk ke halaman Settings
– Klik Security
– Aktifkan tombol di sebelah “Unknown Source

B. Tempat download APK
APK (Android Package Kit) adalah jenis file yang bisa di install di perangkat berbasis Android. File ini mudah dikenali karena ber-extensi (berakhiran)[.apk]. Jika kita menemukan file misalnya” namafile.apk” berarti file tersebut dapat diinstall di perangkat Android. Namun tidak semua aplikasi yang bisa diinstal bisa dijalankan di perangkat Android. Tergantung kesesuaian dengan versi Android yang digunakan.

Berikut beberapa situs untuk download file APK yang banyak dikenal:

1. APK Mirror
Jika anda mencari aplikasi yang legal dan lawas, APK Mirror bisa diandalkan. Di sini banyak tersedia aplikasi lawas yang sudah tidak tesedia lagi di Playstore. Jika anda masih menggunakan hp Android lawas, anda bisa mencari aplikasi nya di sini jika sudah tidak ditemukan lagi di Playstore.

2. APKPure
Di APKPure, juga tersedia aplikasi populer seperti TikTok dan PUB Mobile dan memiliki lebih banyak kategori aplikasi yang bisa didownload.

3. Aptoide
Aptoide dianggap sebagai gudangnya APK. Dan banyak aplikasi yang tidak anda temukan di Playstore. Namun dari segi keamanan Aptoide dianggap kurang bagus. Anda harus lebih waspada dan file yang didownload harus di scan dulu sebelum diinstall.

4. Amazon’s official Appstore
Amazon juga dianggap gudangnya aplikasi baik yang gratis maupun berbayar. Sebagai toko online, di event tertentu Amazon juga menyediakan kupon-kupon yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan diskon bahkan gratis aplikasi premium. Aplikasi Amazon’s official Appstore bisa anda download di Playstore.

C. Panduan install APK
Untuk memulai install aplikasi selain Playstore, silahkan buka aplikasi Browser Chrome dan kunjungi salah satu situs di atas. Atau bisa langsung mencari aplikasi yang diinginkan menggunakan mesin pencari Google.

Setelah aplikasi di temukan, biasanya file tersedia dalam beberapa versi. Silahkan cari versi terbaru, kemudian klik tombol download. Mencari tombol Download ini terkadang agak rumit, karena bercampur dengan tombol Download dari iklan. Perhatikan saja dengan lebih teliti, kelak anda akan bisa membedakannya.

Sebagian situs akan secara otomatis menginstall aplikasi tersebut saat file selesai di download mirip Google Playstore. Sebagian lagi hanya menyediakan file download saja dan harus di-install secara manual.

File yang diinstal secara manual, file tersebut akan tersimpan di folder Download. Silahkan buka File Manager atau File Explorer dan buka folder Download. Kemudian klik file tersebut untuk memulai instalasi. Jika anda belum melakukan settings seperti di bagian A di atas akan muncul notifikasi. Selanjutnya silahkan ikuti petunjuk di layar.

Kesimpulan

Sebaiknya utamakan dahulu download aplikasi di Google Playstore jika ingin mencari aplikasi. Selain keamanan, aplikasi yang tidak update (kedaluarsa) akan dihapus. Jika tidak tersedia baru mencarinya di Internet.

Jika mencari aplikasi di luar Playstore, utamakan cari aplikasi dari Developer yang anda percayai. Sebagian produsen hp, tablet atau Smart TV juga menyediakan aplikasi pendukung buat produk mereka di Playstore. Namun untuk produk-produk mereka yang lawas atau discontinued (tidak di produksi lagi), aplikasi-aplikasi pendukung nya tidak tersedia lagi di Playstore. Aplikasi-aplikasi ini masih banyak tersedia di situs penyedia aplikasi.

Aplikasi yang sudah didownload, sebelum diinstall sebaiknya di scan dulu dengan aplikasi anti virus jika anda memilikinya.

Lihat juga:
Mode koneksi USB Android | MTP, PTP, MIDI, RNDIS, File Transfer
Mengirim file sesama Android menggunakan Nearby Share
Cara mengetahui nama versi Android
Menambahkan dan menghapus akun Google di android
Smart cover pada hp android; Tips dan solusi
Launcher dan cara mengganti launcher pada android
Membuat group ikon di Layar depan (Home Screen) perangkat Android

error: Content is protected !!