Yang perlu diketahui jika menginstall aplikasi di Smart TV - de-Tekno.com

Yang perlu diketahui jika menginstall aplikasi di Smart TV

Jika kita ingin menginstall aplikasi di hp Android maka kita mencari dan download aplikasinya di Google Playstore. Untuk hp iOS (iphone) kita downloadnya di Appstore. Nama Android dan iOS adalah dua jenis Sistem operasi dan masing-masing sistem operasi memiliki toko aplikasinya sendiri. Android toko aplikasinya adalah Google Playstore, iOS toko aplikasinya adalah Appstore.

Menginstall aplikasi di Smart TV

OS File Extension

Untuk menginstall aplikasi di sebuah perangkat maka aplikasi tersebut harus disesuaikan dengan sistem operasi perangkat tersebut. Untuk perangkat dengan sistem operasi Android maka aplikasi yang bisa diinstall adalah aplikasi yang memiliki format [.apk]. Untuk perangkat iOS, format file aplikasinya adalah [.ipa].

Kita mungkin sering mendengar istilah APK. Ini adalah jenis file yang bisa diinstall di perangkat Android. [.apk] dan [.ipa] dikenal dengan istilah File Extension atau File format. Jadi jika kita menginginkan sebuah aplikasi agar dapat diinstall di hp Android maka aplikasi tersebut harus ber-extensi [.apk]. Begitu juga untuk prangkat iOS, aplikasinya harus ber-extensi [.ipa]. Contoh formatnya misalkan: com.whatsapp.apk. File whatsapp ini berarti dibuat untuk perangkat Android. Format file seperti ini tidak akan terlihat di hp. Tetapi jika download APK melalui laptop/PC akan terlihat formatnya. Karenanya agar tidak salah menginstall aplikasi setiap sistem operasi memiliki toko aplikasi sendiri.

Menginstall aplikasi di Smart TV

Begitu juga dengan Smart TV. Masing-masing merk Smart TV memiliki Sistem operasi dan tempat untuk download aplikasinya sendiri. Antara aplikasi dan sistem operasi saling berkaitan. Untuk menginstall aplikasi di Smart TV harus disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan oleh Smart TV tersebut. Karenanya masing-masing merk Smart TV hanya bisa menginstall aplikasi yang di didownload dari toko aplikasinya sendiri.

1. Smart TV LG

Smart TV LG sistem operasi yang digunakan adalah WebOS (sebelum 2013 menggunakan Netcast) dan toko aplikasinya adalah LG Content Store. Jadi untuk menginstall aplikasi di Smart TV LG, download nya di LG Content Store. Aplikasi yang bisa diinstall di sistem operasi WebOS, memiliki extensi [.epk]. Jika anda menemukan file dengan extensi [.epk] berarti file tersebut bisa di install di sistem operasi WebOS.
Silahkan lihat juga:
Cara download dan install aplikasi pada Smart TV LG
Cara mengganti Services Country LG Smart TV
Cara update software / firmware Smart TV LG

2. Smart TV Samsung

Smart TV Samsung sistem operasi yang digunakan sejak 2015 adalah Tizen dan toko aplikasinya adalah Samsung Apps. Untuk menginstall aplikasi di Smart TV Samsung kita download aplikasinya di Samsung Apps. Aplikasi yang bisa diinstall di sistem operasi Tizen memiliki format [.tpk]. Jika anda menemukan file yang berakhiran [.tpk] berarti file tersebut diperuntukkan sistem bagi sistem operasi Tizen.

Produk Samsung yang menggunakan sistem operasi Tizen selain Smart TV juga ada produk lain seperti hp misalnya. Yang menarik dari hp Tizen ini adalah terdapat tool semacam emulator yang digunakan untuk mengkonversi file [.apk] menjadi file [.tpk]. Sehingga hp tizen pun bisa menjalankan aplikasi dari hp android.
Lihat juga:
Cara download dan install aplikasi pada Smart TV Samsung
Cara mengganti Service Region Samsung Smart TV
Cara update software/firmware Smart TV Samsung

Untuk mengetahui Smart TV dan Sistem operasi yang digunakan silahkan lihat:
Sistem Operasi [OS] pada Smart TV: Android TV, Firefox, Tizen, WebOS

Jika kita merasa kurang puas dengan aplikasi itu-itu saja yang di sediakan oleh Smart TV, kita bisa menambahkan aplikasi alternatif dari luar yaitu dengan menggunakan Set Top Box atau Android TV Box. Tentang Android TV Box selengkapnya lihat di:
Android TV pada set top box. Hati-hati membeli set top box android

Bagaimana dengan TV Android?

Android TV adalah jenis sistem operasi yang di khususkan untuk Smart TV dan dibuat berdasarkan sistem operasi Android yang selama ini dipergunakan untuk hp. Android TV dan Android keduanya punya Google dan toko aplikasinya adalah Google Playstore. Jadi untuk Smart TV dengan sistem operasi Android TV (kita singkat TV Android saja, sama seperti hp Android) untuk menginstall aplikasi kita mencarinya di Playstore yang terdapat di TV Android.

Perlu dipahami juga bahwa Playstore yang ada di TV Android tidak sama persis dengan Playstore yang ada di hp. Aplikasi yang selama ini bisa dibuka di hp Android belum tentu bisa di buka di TV Android. Kenapa? Salah satu alasannya adalah karena arsitektur hardware hp berbeda dengan hardware Smart TV. Misalnya Smart TV tidak punya layar sentuh (touch screen), tidak punya camera, tidak punya battery dan pengoperasiannya menggunakan remote.

Merk Smart TV apa saja yang sudah menggunakan sistem operasi Android TV silahkan lihat di:
Apa itu Android TV, merk TV apa saja yang menggunakan android TV

Dari uraian di atas, semoga menjadi jelas kenapa menginstall aplikasi di Smart TV tidak semudah menginstall aplikasi di hp.

Lihat juga:

Screen Mirroring iphone ke Smart TV | LG Samsung SONY
Cara menggunakan Zoom di Smart TV (semua merk)
Sistem Operasi [OS] pada Smart TV: Android TV, Firefox, Tizen, WebOS
Apa itu Android TV, merk TV apa saja yang menggunakan android TV
Android TV pada set top box. Hati-hati membeli set top box android
Tampilkan (Mirror) layar Laptop ke TV dengan fitur Project (Windows 10)
Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV (Koneksi Miracast)

error: Content is protected !!