Mode koneksi USB Android | MTP, PTP, MIDI, RNDIS, File Transfer - de-Tekno.com

Mode koneksi USB Android | MTP, PTP, MIDI, RNDIS, File Transfer

Ketika kita menghubungkan hp android kita ke laptop/PC atau perangkat lain, akan muncul notifikasi. Jika notifikasi ini dibuka kita diberi pilihan untuk memilih mode koneksi USB yang sesuai tergantung dari tujuan kita dan jenis perangkat yang terhubung dengan hp android kita.

Pilihan mode koneksi USB yang tersedia tergantung dari versi Android hp-nya. Hp dengan versi Android lawas tentunya akan memiliki mode koneksi USB beda Hp yang versi Android terbaru. Mungkin sebagian kita masih belum tahu maksud dan fungsi dari masing mode koneksi USB yang terdapat di hp kita.

Jika anda belum tahu cara mengetahui versi android hp anda, silahkban baca: Cara mengetahui nama versi Android

Berikut maksud dan fungsi dari masing-masing mode koneksi USB yang terdapat di hp Android hingga 2020.

Android 4.1 ke bawah
MTP. Singkatan dari Media Transfer Protocol. Jika memakai mode MTP ini, laptop/PC akan menganggap hp android sebagai media penyimpan external. Artinya hampir semua jenis file, bisa ditransfer, di copy atau dihapus dari laptop/PC. Namun file-file sensitif tidak akan di expose oleh Android sehingga tidak akan terbaca oleh laptop/PC.
PTPDigital Camera
Singkatan dari Picture Transfer Protocol. PTP merupakan standar protocol komunikasi untuk digital camera. Jika memilih mode ini, hp android dianggap sebagai sebuah digital Camera. File yang terbaca oleh laptop/PC hanya file-file yang tersimpan di folder camera (DCIM) dan gambar saja. Sedangkan file gambar/video yang tersimpan di folder lain seperti external storage tidak akan terbaca oleh laptop/PC.
UMS (USB Mass Storage)
Pada koneksi USB dengan metode USB Mass Storage, sistem operasi Android akan berhenti bekerja karena mengijinkan laptop/PC untuk mengakses seluruh isi memory perangkat android. Begitu juga aplikasi yang lain juga tidak bekerja selama terkoneksi dengan komputer. Koneksi metode UMS ini, memiliki standard protocol sama seperti sebuah flashdrive atau external drive bagi komputer sehingga komputer dapat mengakses seluruh isi perangkat android. Ini dianggap berbahaya bagi perangkat android sehingga pada android versi berikutnya metode UMS ini tidak digunakan lagi.
Charging Only. Fungsinya hanya untuk ngecas hp saja ketika terkoneksi dengan laptop/PC sehingga tidak ada file yang keluar masuk.

Android 4.4 & 5
MTP. Sama dengan di atas
PTP. Sama dengan di atas

Android 6-7-8
Charging. Hanya berfungsi untuk ngecas hp ketika terhubung dengan Laptop/PC. Tidak ada action apa-apa kecuali ngecas hp.
MTP. (Sama dengan di atas)
PTP. (Sama dengan di atas)
MIDI. Singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. Standard protocol yang digunakan saat hp android terkoneksi dengan perangkat MIDI. Misalnya jika kita menghubungkan hp android ke alat musik keyboard digital (organ), maka kita pilih mode koneksi USB MIDI dengan menggunakan kabel USB OTG.

konek hp ke MIDI - mode koneksi usb
Koneksi Keyboard MIDI dengan hp Android

RNDIS / USB Ethernet. RNDIS (Remote Network Driver Interface Specification) Dengan protocol ini hp android dianggap sebagai USB modem bagi laptop/PC. Persis seperti USB Tethering. Ini solusi bagi yang laptop nya tidak memiliki wifi atau wifi nya rusak.
Audio Source. Protocol yang digunakan saat menghubungkan hp android dengan perangkat audio external seperti perangkat DAC (Digital to Analog Converter). Bagi pecinta audio yang tidak puas dengan audio dari hp dan memiliki perangkat audio external, ini solusi buat anda.

Android 9 ke atas
File Transfer. Di android 9 ke atas, mode koneksi MTP digantikan oleh File Transfer. Fungsinya sama dengan MTP di versi android sebelumnya.
USB Tethering. Sama seperti USB Ethernet. Laptop/PC akan menganggap hp sebagai modem untuk koneksi ke internet
MIDI (Sama dengan di atas)
PTP (Sama dengan di atas, selain itu istilah PTP diganti Transferring Images untuk hp Samsung )
No data transfer. Sama seperti Charging

Yang tidak di Android 9 adalah Audio Source karena mungkin perangkat audio external seperti DAC sudah banyak yang dilengkapi dengan bluetooth dan koneksi wireless lainnya.
Demikian jenis-jenis mode koneksi USB hp Android, semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Fungsi Setting dalam Developer options hp Android
Memahami Simbol-simbol di SD Card
Beda hp gaming dengan hp pada umumnya
Cara install aplikasi hp Android selain dari Playstore
Mengganti default koneksi USB hp Android ke laptop/PC
USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
Koneksi hp ke laptop/PC dengan kabel USB (Android)
Berbagai jenis dan versi kabel USB

error: Content is protected !!