Menulis persamaan Matematika di Google Form - Docs - MS.Words - de-Tekno.com

Menulis persamaan Matematika di Google Form – Docs – MS.Words

Menulis persamaan Matematika atau rumus-rumus yang rumit hanya dengan mengandalkan keyboard sejauh ini masih belum memungkinkan. Kita masih membutuhkan aplikasi lain yang bisa memenuhi kebutuhan ini. Salah satu aplikasi yang memiliki banyak adalah Equatio. Fiturnya lengkap sehingga sangat membantu untuk menulis persamaan Matematika atau tulisan/dokumen/jurnal ilmiah lainnya dan juga dilengkapi simbol-simbol yang tidak tersedia di keyboard pada umumnya.

Untuk dokumen yang dikerjakan secara online seperti Google Docs, Google Form, Equatio tersedia dalam bentuk extension yang bisa ditambahkan ke browser Chrome. Sedangkan dokumen yang dikerjakan secara offline seperti Microsoft Words, Equatio tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kita download dan install di laptop/PC.

Menulis persamaan Matematika secara online
Untuk menulis persamaan Matematika atau dokumen imiah lainnya di aplikasi online seperti Google Docs dan Google Form, yang perlu dilakukan adalah menambahkan Equatio sebagai extension di browser Google Chrome. Caranya :
– Silahkan buka aplikasi Chrome, (jangan lupa Log in dengan akun Gmail).
– Kunjungi Chrome Web Store (tempat berbagai Extension / Add-on Chrome).
– Ketikkan Equatio di kotak pencarian. Dari daftar hasil pencarian, klik hasil pencarian “EquatIO – Math made digital”.
– Tambahkan Equatio sebagai extension Chrome dengan klik tombol “Add to Chrome“.

Untuk menempelkan ikon Equatio di di dalam kotak extension/add-on agar mudah di akses ketika dibutuhkan, (Masih di browser Chrome):
1. Klik ikon Extensions/ add-on di pojok kanan atas
2. Di jendela yang muncul klik ikon pin di sebelah Equatio. Hasilnya ikon Equtio akan muncul di kotak Extensions seperti gambar berikut.

Equatio di kotak extension Chrome
Gambar-1. Menempelkan ikon Equatio di kotak extension Chrome

Dengan demikian ketika ingin menulis persamaan Matematika atau rumus-rumus lainnya di aplikasi online seperti Google Docs, Google Form, Google Sheet atau lainnya, kita tinggal klik ikon Equatio ini.

Cara menggunakan Equatio di Google Form
1. Buka browser Chrome > klik ikon aplikasi Google di pojok kanan atas > klik Google Drive
2. Di halaman Google Drive > klik tanda PLUS > pilih Google Form

Di Google Form, ikon Equatio secara otomatis nempel di bagian soal dan jawaban jika Equatio sudah ditambahkan ke browser Chrome. Di saat membuat soal atau jawaban di Google Form, jika ingin menambahkan persamaan Matematika atau rumus-rumus lainnya, kita tinggal klik ikon Equatio ini dan tool bar Equatio akan muncul di bawah halaan Google Form.

Menulis persamaan Matematika  di Google Form menggunakan Equatio
Gambar-2. Equatio di Google Form

Cara menggunakan Equatio di Google Docs
1. Buka browser Chrome > klik ikon aplikasi Google di pojok kanan atas > klik Google Drive
2. Di halaman Google Drive > klik tanda PLUS > pilih Google Docs
3. Di halaman Google Docs ketika ingin menuliskan persamaan Matematika, silahkan klik ikon Equatio yang ada di dalam kotak Extension/Add-on seperti gambar-1 di atas.
4. Akan muncul kotak Tool dari Equatio (floating tool bar). Kotak ini bisa di geser ke posisi yang diinginkan dengan klik tanda plus.

Menulis persamaan Matematika di Google Docs
Gambar-3. Equatio di Google Docs

Menulis persamaan Matematika secara offline
Aplikasi pembuat dokumen yang umum digunakan secara offline adalah Microsoft Word. Jika kita ingin menulis persamaan Matematika di Microsoft Word menggunakan aplikasi Equatio, kita harus download dahulu aplikasi ini. Kemudian baru diinstall di laptop/PC nya. Langkah-langkahnya:
1. Silahkan kunjungi situs Equatio di https://www.texthelp.com/en-us/products/equatio/
2. Klik tombol “Try Equatio today
3. Pilih platform laptop/PC yang digunakan. Jika laptopnya menggunakan Windows klik ikon Windows, jika laptop nya menggunakan MacOs, klik ikon Apel. Lalu klik Install dan tunggu sampai proses download selesai.
4. Kemudian klik file yang baru saja didownload untuk proses instalasi.

Aplikasi Equatio yang sudah terinstall di laptop/PC sifatnya berdiri sendiri. Artinya tetap bisa dibuka tanpa aplikasi lain. Namun aplikasi Equatio hanya bisa berkolaborasi dengan Microsoft Words. Jika ingin menulis persamaan Matematika atau rumus-rumus lainnya menggunakan aplikasi Equatio, kita harus membuka Microsoft Word dan aplikasi Equatio.

Sebagai catatan, Microsoft Words juga tersedia secara online. Namun aplikasi Equatio tidak bisa digunakan bersama Microsoft Words online. Jadi untuk menggunakan Microsoft dan Equatio secara offline, kedua aplikasi ini harus sudah terinstall di laptop/PC.

Cara menggunakan Equatio
Di sini kita tunjukkan secara ringkas saja bagaimana menggunakan aplikasi Equatio untuk menulis persamaan Matematika atau rumus-rumus mata pelajaran lainnya.
Tampilan Equatio baik di Google Form, Google Docs maupun Microsoft Words sama. Untuk menulis persamaan Matematika Equatio memberikan empat metode penulisan, yaitu:

1. Equation Editor
Untuk menulis persamaan dengan Equation Editor, kita tentukan format persamaan dahulu. Formatnya bisa kita pilih dari daftar Symbols, Layout dan dari Formulas (rumus yang sudah baku).

Selanjutnya dari format yang sudah kita pilih, setiap komponen dalam format tersebut bisa diganti, dihapus atau ditambah dengan simbol lain, atau angka, bahkan format lain. Komponen yang akan diganti harus di blok (highlight) dahulu baru kemudian kita ketikkan angka jika ingin diganti dengan angka, atau simbol atau format lain yang dipilih dari daftar Symbols.

Jika sudah selesai, untuk memasukkannya ke dokumen (Google Form, Docs, Microsoft Words) klik tombol Insert Math.

Menggunakan Equation Editor
Gambar-4. Equatio – Equation editor

2. Handwriting Recognition
Bagi yang malas atau kesulitan dengan cara pertama (Equation Editor), mudah-mudahan cara kedua ini akan membantu anda. Dan ini juga yang menjadi kelebihan dari aplikasi Equatio. Dengan cara Handwriting Recognition ini, kita cukup dengan menuliskan (menggambar) persamaan yang diinginkan dikotak sebelah kiri dengan menggunakan mouse yang kemudian akan diterjemahkan oleh Equatio sangat akurat di kotak sebelah kanan.

Andaipun ada komponen yang salah ketika diterjemahkan, di kotak hasil penulisan di sebelah kanan tetap masih bisa dikoreksi. Caranya seperti bagian pertama di atas (Equation Editor), yaitu dengan blok (Highlight) komponen yang salah kemudian menggantinya dengan memilihnya dari daftar Symbols atau menggantinya dengan mengetikkannya secara langsung.

Jika sudah selesai, untuk memasukkannya ke dokumen (Google Form, Docs, Microsoft Words) klik tombol Insert Math.

Menulis persamaan Matematika menggunakan Mouse
Gambar-5. Penulisan dengan Mouse (Handwriting Recognition)

3. Latex Editor. Latex sederhananya adalah sebuah bahasa pemrograman yang menjadi standard komunikasi dan publikasi dokumen ilmiah. Penulisannya menggunakan kode-kode yang pastinya sulit bagi orang awam. Bagi yang sudah biasa menulis dokumen ilmiah menggunakan Latex, Equatio menyediakan Latex Editor untuk anda. Namun sebaiknya ini kita lewati saja.

4. Speech Input. Ini adalah cara mengetikkan persamaan atau rumus dengan perintah suara. Sayangnya istilah-istilah Matematika (dan Ilmu Lainnya), yang dipahami oleh Equatio adalah dalam bahasa Inggris. Jika menggunakan bahasa Indonesia (apalgi bahasa daerah…hehe), Equatio tidak dapat mengenalinya. Jadi ini juga sebaiknya kita lewati saja.

Sebenarnya masih banyak fitur yang disediakan Equatio, seperti menggambar grafik persamaan, menulis rumus atau simbol Kimia dan sebagainya. Namun sebaiknya kita bahas lain waktu saja.

Lihat juga:
Cara menggunakan Google Form bagi pemula
Mengisi formulir dan membuat tanda tangan dokumen PDF
Google Classroom: Menambahkan dan Login dengan akun G Suite serta settings bahasa Indonesia
Apa bedanya, akun Gmail dan akun G Suite
Cara menggunakan Google drive di handphone android
Cara Berbagi file menggunakan Google drive
Menggunakan Google drive di laptop atau PC Windows
Cara menggunakan GOOGLE MEET dan presentasi di laptop/PC

error: Content is protected !!