Mengganti default koneksi USB hp Android ke laptop/PC - de-Tekno.com

Mengganti default koneksi USB hp Android ke laptop/PC

Umumnya, ketika kita menghubungkan hp Android ke laptop dengan menggunakan kabel USB, untuk transfer file misalnya, laptop/PC tidak memberikan reaksi apa-apa dan belum bisa kita gunakan untuk mentransfer file. Hal ini disebabkan karena default koneksi nya adalah Charging (No data transfer). Hanya berfungsi untuk ngecas hp saja. Agar bisa mentransfer file, kita harus mengganti mode koneksi di hp Android kita, dari mode Charging ke mode File Transfer (untuk Android 9 ke atas) atau Mode MTP (Untuk Android 6 – 8). Dan jika kita cabut kabel USB di hp atau di laptop dan kemudian dikoneksikan kembali, kejadian di atas akan berulang lagi. Koneksi yang terjadi adalah koneksi Charging lagi.

koneksi USB hp Android ke laptop/PC

Agar kejadian di atas tidak berulang terus setiap kali koneksi ke laptop/PC, kita harus mengganti default koneksi USB dari mode Charging ke mode koneksi USB lainya, misalkan mode File Transfer atau MTP jika transfer file menjadi kebiasaan anda saat koneksi hp ke laptop/PC.

Selain File Transfer atau MTP (Media Transfer Protocol) ada banyak mode koneksi yang disediakan Android tergantung dari versi Android hp anda. Seperti MIDI, PTP, USB Tethering dan sebagainya. Kami contohkan mode FileTransfer (Android 9 ke atas) atau MTP (Android 6 – 8) karena kedua mode ini yang digunakan untuk menstransfer semua jenis file. Tentang jenis-jenis mode koneksi USB ini silahkan lihat: Mode koneksi USB Android | MTP, PTP, MIDI, RNDIS, File Transfer

Mengganti default koneksi USB
Sejak Android 6 (Marshmallow), settings default koneksi USB tersimpan di dalam Developer options. Jadi untuk mengganti default koneksi USB kita harus mengaktifkan Developer options terlebih dahulu.

1. Mengaktifkan dan Masuk ke Developer options

Secara umum cara mengaktifkan Developer options adalah:
Buka Settings > About phone > Klik Build Number sebanyak 7 kali sampai muncul pesan “You are now in Developer mode“.

Namun di beberapa merk hp cara dan istilah yang digunakan berbeda-beda. Untuk mengaktifkan Developer options di masing-masing merk hp silahkan lihat di link berikut:

Aktifkan & sembunyikan Developer options hp Samsung
Mengaktifkan & sembunyikan Developer options hp Oppo
Aktifkan & Sembunyikan Developer Options hp Xiaomi
Aktifkan & Sembunyikan Developer Options di hp Vivo

Di masing-masing link di atas juga dijelaskan cara masuk ke menu Developer options setelah di aktifkan.

2. Cari dan klik Default USB Configuration

Setelah masuk ke halaman Developer options, geser layar ke bawah cari dan klik Default USB Configuration. Di halaman USB Configuration terdapat beberapa mode koneksi USB. Silahkan pilih mode koneksi yang diinginkan.
– Untuk Android 6 – 8, pilihan mode koneksi USB nya adalah: Charging, MTP, PTP, RNDIS, Audio Source, MIDI.
– Untuk Android 9 ke atas, pilihan mode koneksi USB nya adalah: File Transfer, USB Tethering, MIDI, PTP, Charging (No data transfer).

Mengganti default koneksi USB hp Android
Mengganti default koneksi USB hp Android

Jika kebiasaan anda mentrasfer file saat koneksi hp ke laptop/PC, silahkan pilih File Transfer atau kalau tidak ada, silahkan pilih MTP saja.

4. Terakhir menutup atau non-aktifkan Developer Options.

Jika kita sudah mengganti default koneksi USB, geser layar ke paling atas lalu off-kan tombol Developer options untuk menonaktifkan sekaligus menyembunyikan kembali settings Developer options. Walaupun Developer options sudah di non-aktifkan, default koneksi USB tetap seperti yang sudah kita pilih.

Di masing-masing link di atas, juga di jelaskan cara sembunyikan developer options. Sebagian model dan merk hp walaupun Developer options sudah dinonaktifkan, pilihan Developer options masih tetap terlihat di halaman Settings. Silahkan lihat link di atas untuk sembunyikan Developer options dari halaman Settings hp anda.

Dengan demikian setiap kali kita menghubungkan hp ke laptop/PC, secara otomatis di Laptop/PC akan terbuka halaman File Explorer dan kita bisa langsung mentransfer file tanpa harus memilih lagi mode koneksi USB seperti sebelumnya.

Lihat juga:

Fungsi Setting dalam Developer options hp Android
Cara install aplikasi hp Android selain dari Playstore
Mode koneksi USB Android | MTP, PTP, MIDI, RNDIS, File Transfer
Tampilkan (Mirror) hp ke Laptop dengan fitur Connect (Windows 10)
Koneksi hp ke laptop/PC dengan kabel USB (Android)

error: Content is protected !!