Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Gboard | Oppo Realme Vivo - de-Tekno.com

Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Gboard | Oppo Realme Vivo

Untuk melakukan settings virtual keyboard di hp Android, termasuk menambahkan bahasa Arab ke keyboard yang default keyboardnya menggunakan Gboard, maka caranya sama. Dari yang kami ketahui merk hp yang menggunakan Gboard sebagai default virtual keyboardnya adalah Oppo, Realme, Vivo dan sebagian varian Asus (Asus Max Pro).

add arabic keyboard on oppo vivo realme

Untuk menambahkan bahasa Arab ke keyboard Gboard, maka kita harus masuk ke halaman Gboard. Untuk masuk ke halaman Gboard biasanya kita akan masuk melalui halaman Settings. Jika melalui halaman Settings langkahnya agak panjang dan setiap merk dan model berbeda istilah dan letak settings keyboardnya.

Cara yang lebih mudah dan ringkas yaitu melalui virtual keyboard itu sendiri. Setelah masuk ke halaman Gboard, kita tinggal memilih bahasa Arab untuk ditambahkan ke Gboard.

A. Masuk ke halaman Gboard
Silahkan munculkan dulu virtual keyboardnya di layar hp. Caranya silahkan buka aplikasi apa saja yang seolah kita akan mengetikkan sesuatu sehingga virtual keyboardnya muncul di layar. Seperti WA, SMS, atau dengan klik kotak pencarian.

1. Di halaman keyboard silahkan cari dan klik tombol settings, ikon bergambar roda gigi (gear) dan kita akan dibawa langsung masuk ke halaman Gboard. (Lihat pilihan 1 dari gambar-1 di bawah ini).
Selanjutnya silahkan lanjut ke langkah bagian B di bawah.

Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Gboard Oppo Realme Vivo
Gambar-1: Tombol Settings Gboard

2. Jika tombol Settings tidak muncul di sisi atas keyboard, klik ikon titik tiga horizontal, kemudian klik tombol Settings di pilihan yang muncul. (Lihat pilihan 2 dari gambar-1 di atas). Kita dibawa masuk ke halaman Gboard. Silahkan lanjut ke bagian B di bawah.

3. Jika anda kesulitan mencari tombol Settings dengan ke dua cara di atas, silahkan tekan dan tahan tombol Space Bar di sisi paling bawah keyboard. Kemudian akan muncul jendela Change Keyboard, lalu klik tombol LANGUAGE SETTINGS di sisi bawah jendela tersebut seperti terlihat di gambar-2 berikut. Kita akan dibawa masuk ke halaman ke dua Gboard. Silahkan lanjut ke bagian B langkah no 2.

Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Gboard Oppo Realme Vivo-2
Gambar-2. Tekan tombol Space Bar

B. Manambahkan bahasa Arab ke Gboard
Di halaman Gboard silahkan ikuti langkah berikut untuk menambahkan opsi bahasa Arab di virtual keyboard hp anda.
1. Klik Languages (Bahasa)
2. Klik tombol ADD KEYBOARD (tambahkan keyboard) di sisi bawah layar
3. Geser layar ke bawah cari dan klik Arabic
4. Pilih Arabic (Saudi Arabia)
5. Pilih keyboard Layout, biasanya kita gunakan pilihan 1
6. Klik Done. Selesai, silahkan tutup layar Settings dan lihat tips menggunakan keyboard di bawah ini. Cara memilih atau mengaktifkan bahasa Arab, mengaktifkan pilihan harakat dan pilihan huruf tambahan lainnya.

Menambahkan bahasa Arab di keyboard Gboard  Oppo Realme Vivo
Gambar-3: Menambahkan pilihan Bahasa Arab di GBoard

C. Cara memilih dan menggunakan keyboard bahasa Arab
Berikut beberapa tips saat mengetik bahasa bahasa Arab di keyboard Gboard.

1. Untuk mengaktifkan atau memilih bahasa Arab, di keyboard yang muncul, klik tombol Globe (bola dunia) di bagian bawah keyboard untuk berganti ke bahasa Arab. Jika terdapat beberapa pilihan bahasa silahkan klik beberapa kali sampai pilihan bahasa Arab nya muncul di keyboard. Untuk memilih ke bahasa Arab bisa juga dengan klik dan tahan tombol Space Bar sampai muncul jendela pilihan bahasa (gambar-2 di atas). Di jendela yang muncul pilih bahasa Arab.

2. Untuk menambahkan harakat atau tanda baca, klik kata atau huruf yang baru ditulis lalu geser kursor ke huruf yang akan diberi harakat atau tanda baca. Kemudian tekan dan tahan tombol titik, lalu geser jari ke harakat atau tanda baca yang akan dipilih.

Menambahkan harakat bahasa Arab di keyboard hp
Gambar-4: Cara menambahkan Harakat

3. Untuk menambahkan harakat atau tanda baca bisa dilakukan setiap habis ngetik satu huruf tambah harakat atau mengetik dulu satu kata sampai selesai baru terakhir tambahkan harakat dengan cara menggeser kursor ke huruf yang akan ditambahkan harakat atau tanda baca.

4. Sebagian huruf Arab memiliki huruf tambahan sesuai fungsinya, seperti huruf Alif dan Lam-alif. Untuk memunculkan huruf tambahan ini silahkan tekan huruf tersebut agak lama lalu geser jari ke huruf tambahan yang ingin diketik.

Mengaktifkan pilihan huruf bahasa Arab
Gambar-5: Mengaktifkan pilihan huruf bahasa Arab

5. Huruf Arab dan harakatnya terlihat kecil di layar bahkan mungkin harakatnya jadi tidak jelas terlihat. Ada baiknya lakukan Settings memperbesar huruf di layar sehingga huruf Arab dan harakatnya terlihat nyaman. Untuk merubah ukuran huruf di layar silahkan masuk ke Settings > Display (tampilan layar) > Advanced > Font size. Mungkin cara nya berbeda di setiap hp. Tapi cari saja Font size (ukuran hurut / karakter). Di bagian Font size silahkan perbesar ukuran hurufnya.

Catatan:
– Gboard adalah nama virtual keyboard dari Google yang juga tersedia di Playstore.

– Cara menambahkan bahasa ke virtual keyboard di atas berlaku untuk semua merk hp yang menggunakan Gboard sebagai default keyboard-nya. Umumnya hp China menggunakan Gboard sebagai keyboard virtual-nya. Termasuk di sini hp merk Oppo, Realme, Vivo, Xiaomi, dan sebagian varian Asus, kecuali hp merk Huawei.

– Metode menambahkan bahasa Arab di keyboard Gboard ini bisa diterapkan untuk bahasa lain seperti China, Korea, Jepang, India dll.

Demikiaan cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Gboard untuk hp Oppo, Realme, Vivo.

Lihat juga:
Mirror hp Oppo ke Laptop (All model, No Apps)
Mirror hp Vivo ke laptop (All Model, No Apps)
Mengaktifkan Developer options hp Oppo (All Model)
Mengaktifkan Developer Options di HP Vivo (All Model)
Mengaktifkan Developer options di HP Realme (All Model)
Mirror hp Realme ke Laptop (Tanpa kabel dan app lain)
Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Xiaomi
Cara menambahkan bahasa Arab di keyboard Samsung
Menggunakan On screen keyboard untuk mengetik bahasa Arab di laptop/PC
Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab