Ganti background Google meet tanpa aplikasi lain - de-Tekno.com

Ganti background Google meet tanpa aplikasi lain

Sebelumnya, untuk ganti background Google meet, kita harus menggunakan aplikasi pihak ke 3. (Lihat tulisan sebelumnya di sini). Namun kini seperti halnya aplikasi video meeting serupa seperti Zoom, Google meet sudah dilengkapi fitur mengganti background sendiri tanpa memerlukan aplikasi dari pihak ke 3 lagi. Pengguna sudah bisa langsung ganti background Google Meet sebelum meeting ataupun saat sedang meeting baik sebagai host (yang membuat meeting) ataupun sebagai peserta. Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini.

A. Sebagai Host (yang mengadakan meeting).
1. Buka aplikasi penjelajah internet (browser) Chrome. Kemudian login menggunakan aku Google anda (akun Gmail). Kita tidak harus menggunakan Chrome sebagai browser nya. Kita bisa juga menggunakan browser lain seperti Edge (Microsoft) atau Firefox (Mozilla), atau browser lainnya.

2. Ketikkan meet.google.com di kotak alamat (address bar) di bagian atas browser. Jika menggunakan Chrome klik ikon susunan kotak di pojok kanan atas untuk membuka jendela daftar aplikasi dari Google. Cari Dan klik Meet untuk mebuka aplikasi Google Meet.

3. Di halaman Google Meet, klik New meeting. Karena posisi kita saat ini sebagai pembuat meeting, kita di beri tiga pilihan seperti berikut:

  • Get meeting link to share. Kita diberi link kode meeting untuk dibagikan ke peserta meeting namun meeting belum dimulai.
  • Start an instan meeting. Mulai meeting segera.
  • Schedule in Google Calender. Jika kita ingin menjadwalkan meeting menggunakan Google calender.

Namun di sini kita pilih saja Start an instan meeting agar bisa melakukan settings penggantian background.

4. Setelah wajah kita muncul di camera, klik ikon Change background di pojok kanan bawah camera atau area video wajah kita. Akan muncul di bawah camera beberapa pilihan gambar yang bisa kita gunakan untuk mengganti background Google Meet. Silahkan pilih salah satu gambar yang diinginkan untuk mengganti background Google meet.

Mengganti background Google meet-1

5. Di dalam jendela ini selain gambar yang digunakan sebagai bakground, juga terdapat beberapa ikon yang memiliki fungsi masing, yaitu:

a. Ikon larangan, klik ikon ini jika kita tidak ingin mengganti background Google Meet.

b. Ikon wajah dengan titik-titik kecil di sekitarnya. Ikon ini berfungsi membuat buram background camera dengan intensitas yang lebih sedikit.

c. Ikon wajah dengan titi-tik yang lebih besar di sekitarnya. Ikon ini jika diaktifkan berfungsi memburamkan background (blur) camera dengan intensitas yang lebih kuat. Hasilnya background kita yang nampak di camera akan terlihat lebih buram dibandingkan pilihan sebelumnya.

d. Ikon tanda Plus. Ikon ini berfungsi jika kita ingin menggunakan backround sendiri selain yang disediakan oleh Google Meet. Jika kita klik ikon ini, kita akan diarahkan memilih gambar yang tersimpan di laptop/PC kita yang akan digunakan sebagai background Google meet.

6. Terakhir jika semua setting ganti background sudah selesai, untuk menutup jendela setting background ini, klik lagi ikon Change background. Dan silahkan lanjutkan ke meeting dengan klik Join Meeting di sebelah kanan camera.

Mengganti background Google meet-2

Ganti background Google meet saat meeting sedang berlangsung.
Cara mengganti background di atas dilakukan sebelum dimulainya meeting. Bagaimana cara mengganti background saat meeting sedang berlangsung? Caranya yaitu:
1. Klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan bawah layar camera.
2. Kemudian pilih Change background.
Seperti gambar berikut. Setelah itu akan muncul jendela setting background Google meet. Selanjutnya lanjutkan seperti cara di atas. Untuk menutup jendela setttings background klik ikon tanda silang di kanan atas jendela settings background atau klik saja area lain.

Mengganti background Google meet-3

B. Ganti background Google meet sebagai peserta.
Sebagai peserta meeting, cara untuk mengganti background Google meet tidak berbeda dengan cara di atas. Yang berbeda hanya di halaman awal Google meet saja. Kalau sebagai host (yang membuat meeting) yang diklik pertama kali adalah “New meeting“. Sedangkan jika sebagai peserta yang dilakukan adalah memasukkan kode meeting di kotak “Enter a code link“, lalu klik Join.

Setelah wajah kita muncul di camera, klik ikon change background di pojok kanan bawah camera untuk memunculkan jendela fitur mengganti background Google Meet. Selanjutnya silahkan ikuti cara di bagian host di atas untuk melakukan beberapa setting background Google meet.

Untuk mengganti background Google meet di hp sejauh ini Google belum menyediakan fitur tersebut. Demikian semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Cara mengganti nama dan foto Zoom di laptop dan hp
Cara Mengganti background Google Meet menggunakan Snap Camera
Cara menggunakan GOGGLE MEET dan presentasi di hp
Cara menggunakan GOOGLE MEET dan presentasi di laptop/PC
Ganti virtual background Zoom dengan Snap Camera. Tanpa Green screen
Cara mengaktifkan dan mengganti Virtual Background Zoom
Cara menggunakan Zoom di hp dan laptop bagi pemula