Cara mudah mengirim file sesama Windows 10 (Nearby Sharing) - de-Tekno.com

Cara mudah mengirim file sesama Windows 10 (Nearby Sharing)

Pengguna Windows 10 kini dapat mengirim file ke sesama pengguna Windowa 10. Fiturnya namanya Nearby Sharing. Untuk dapat mengirim file ke sesama Windows 10, ke dua perangkat harus saling berdekatan dan versi Windows 10 yang di gunakan minimal versi 1803 atau di atasnya. Dan metode pengiriman file dengan fitur ini menggunakan Bluetooth atau Wifi.

Settings fitur Nearby Sharing
Untuk dapat mengirim atau menerima file, ke dua laptop/PC harus dilakukan settings Nearby Sharing seperti berikut:

1. Klik tombol Start kemudian klik Settings > System > Shared experiences
2. Mengaktifkan fitur Nearby Sharing.
Klik tombol di bawah Nearby Sharing untuk mengaktifkannya sehingga berubah warna menjadi biru. Bisa juga dengan mengaktifkannya di jendela Action Center. Klik ikon Action Center di pojok paling kanan taskbar, lalu klik tombol Nearby Sharing. Terlihat tombol Bluetooth juga ikut aktif.
3. Di bagian “I can share or receive content from“, pilih ke siapa dan dari siapa kita bisa mengirim atau menerima file.
Di sini ada dua pilihan. Silahkan pilih Everyone Nearby, agar pengguna Windows 10 yang ada di dekat kita dapat menerima file dari kita atau mengirim file ke kita.
4. Tempat menyimpan file kiriman. Untuk mengubah tempat dimana kita menyimpan file kiriman dari pihak lain, klik tombol Change di bawah “Save files I receive to“. Lalu tentukan lokasi penyimpanan yang diinginkan. Jika tombol Nearby Sharing (langkah no-2) belum aktif, tombol Change tidak bisa di klik.

Settings Nearby Sharing - mengirim file sesama Windows
Settings Nearby Sharing

Mengirim file dokumen ke sesama pengguna Windows 10.
Untuk mengirim file ke sesama pengguna Windows 10 ikuti langkah berikut:
1. Mengaktifkan fitur Nearby Sharing di ke dua laptop (pengirim dan penerima). Buka jendela Action Center di pojok kanan taskbar Windows 10, lalu klik tombol Nearby Sharing.
2. Di laptop pengirim, buka File Explorer lalu cari dokumen yang akan dikirim. Klik kanan dokumen tersebut lalu pilih Share di tab yang muncul. Di jendela Nearby Sharing terjadi proses pencarian laptop yang dituju. Tunggu sampai muncul nama laptop/PC yang di tuju, lalu klik nama laptop/PC tersebut.
3. Di laptop penerima, akan muncul notifikasi ada pengiriman file. Klik saja Save & open, jika ingin melihat file tersebut. Atau klik Save saja jika belum ingin melihat file yang diterima.

mengirim file dokumen sesama Windows
Mengirim dokumen

Mengirim file Foto ke sesama pengguna Windows 10
Untuk mengirim file berupa foto ke sesama pengguna Windows 10 bisa dilakukan dengan cara di atas. Namun bisa juga dilakukan dari aplikasi Photo, caranya:
1. Mengaktifkan fitur Nearby Sharing di ke dua laptop (pengirim dan penerima). Buka jendela Action Center di pojok kanan taskbar Windows 10, lalu klik tombol Nearby Sharing.
2. Buka aplikasi Photo dengan klik tombol Start di taskbar pojok kiri bawah.dari daftar aplikasi cari dan pilih Photo. Setelah aplikasi Photo terbuka, silahkan cari dan klik foto yang akan dikirimkan (Bisa juga dengan klik centang di pojok kanan atas foto yang akan dikirim).
3. Klik ikon Share di pojok kanan atas di tab aplikasi Photo. Tunggu sebentar sampai muncul nama laptop yang akan dikirimi foto. Lalu klik nama laptop tersebut.
4. Di laptop penerima, akan muncul notifikasi ada pengiriman foto. Klik saja Save & open, jika ingin melihat file tersebut. Atau klik Save saja jka belum ingin melihat file yang diterima.

mengirim file foto ke sesama Windows

Mengirimkan alamat situs (link situs).
1. Aktifkan fitur Nearby Sharing di ke dua laptop (pengirim dan penerima). Buka jendela Action Center di pojok kanan taskbar Windows 10, lalu klik tombol Nearby Sharing.
2. Di laptop pengirim, buka atau kunjungi situs yang ingin di share menggunakan web browser Microsoft Edge.
3. Kemudian klik Settings and more (ikon titik tiga) di pojok kanan atas Microsoft Edge, lalu klik Share. Di jendela yang muncul pilih nama laptop yang akan dikirimi link tersebut.
4. Di laptop penerima, akan muncul notifikasi lalu klik Open. Alamat situs akan terbuka di browser laptop penerima.

mengirim link ke sesama Windows
Mengirim link situs

Tips
Kita bisa menempatkan tombol Nearby Sharing di Tool bar (sebelah kotak alamat) dari Microsoft Edge. Caranya Klik Settings and more, lalu klik kanan tombol Share dan klik Show in Toolbar. Sekarang tombol Nearby Sharing akan muncul di toolbar Microsoft Edge. Jika ingin mengirim link sebuah situs, klik saja tombol Share ini. Lebih ringkas jadinya.

Demikan cara mengirim file ke sesama pengguna Windows 10. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Trik menggunakan touchpad laptop agar tak tergantung mouse
Menggunakan On screen keyboard untuk mengetik bahasa Arab di laptop/PC
Tampilkan (Mirror) hp ke Laptop dengan fitur Connect (Windows 10)
Tampilkan (Mirror) layar Laptop ke TV dengan fitur Project (Windows 10)
Cara non aktifkan layar login Windows 10
Mengatasi problem Wifi Windows 10
Cara sembunyikan “Test Mode Windows 10”
Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV (Koneksi Miracast)