Mengisi formulir dan membuat tanda tangan dokumen PDF - de-Tekno

Mengisi formulir dan membuat tanda tangan dokumen PDF

Dalam tulisan ini yang dimaksudkan dengan mengisi formulir dan membuat tanda tangan dokumen PDF adalah sekedar menambahkan tulisan atau text, melingkari pilihan jika terdapat pilihan, menambahkan tanda centang, tanda silang dan beberapa notasi lain seperti tanda titik dan menggaris bawahi atau mencoret. Dan juga membuat dan menambahkan tanda tangan di bagian yang perlu ditandatangani dari dokumen PDF yang kita terima. Jadi bukan merobah atau menghapus tulisan atau isi yang sudah terdapat dalam dokumen PDF tersebut.

Di sini kita berfokus pada bagaimana mengisi formulir dan membuat tanda tangan dokumen PDF di handphone.
Ada banyak aplikasi PDF yang bisa didownload di Playstore (Android) atau Appstore (iphone) yang bisa digunakan secara gratis. Di sini kita gunakan Adobe Acrobat saja karena memang jenis dokumen PDF pertama kali dibuat oleh Adobe Acrobat. Jadi silahkan download dahulu aplikasi Adobe Acrobat ke hp anda.

Membuka dokumen PDF
Untuk membuka dokumen PDF, cukup ketuk (klik) dokumen yang kita dapatkan tersebut maka akan terbuka secara otomatis oleh aplikasi Adobe Acrobat. Jika terdapat aplikasi PDF yang lain di hp anda, mungkin anda akan diminta untuk memilih. Pilih saja aplikasi Adobe Acrobat (karena di sini kita menggunakan Adobe Acrobat).
Misalkan kita mendapatkan dokumen PDF yang dikirim melalui Whatsapp, tinggal klik saja dokumen tersebut.

Mengisi formulir PDF
Setelah dokumen terbuka, klik ikon Pensil di pojok kanan bawah.
Di jendela yang muncul, klik Fill & Sign
Di bagian bawah layar terdapat beberapa ikon dengan fungsi masing sesuai dengan tema ikonnya.
Ikon (add text) untuk menambahkan text atau tulisan
Ikon Ikon centang (add check mark) untuk menambahkan tanda centang
Ikon add cross mark ( add cross mark ) untuk menambahkan tanda silang
Ikon ikon dot (add dot)untuk menambahkan Titik
Ikon add line (add line) untuk menambahkan garis
Ikon add circle (add circle) untuk menambahkan lingkaran
Ikon ikon menambahkan tanda tangan (add signature) untuk menambahkan tanda tangan

mengisi formulir dan tanda tangan PDF
Halaman awal PDF

Ambil contoh misalkan kita akan menambahkan text.
Klik ikon (add text) lalu ketuk layar sesuai posisi yang akan di text, misalkan kita akan mengisi nama, maka ketuk posisi layar di sebelah “Nama”. Jika posisinya kurang pas, jangan khawatir, tekan agak lama nama atau text yang barusan kita tulis sambil menggeser ke posisi sesuai.

Di atas tulisan yang sedang kita ketik terdapat floating bar yang terdapat beberapa ikon dengan fungsi masing-masing.

Floating bar Adobe Acrobat
Floating bar

Ikon huruf A kecil untuk memperkecil tulisan, dan ikon huruf A besar untuk memperbesar tulisan. Ke dua ikon ini tidak hanya berfungsi memperkecil atau memperbesar huruf, tapi juga dapat digunakan memperkecil atau memperbesar gambar atau notasi seperti lingkaran, tanda centang, tanda silang, titik dan garis. Ikon mata pena untuk membuat dan menambahkan tanda tangan dan ikon kotak sampah untuk menghapus text atau objek yang barusan kita buat. Sedang ikon titik tiga vertikal untuk menggganti fungsi yang sebelumnya kita gunakan. Misalkan dari fungsi text ke gambar lingkaran, tanda centang, silang atau tanda tangan sesuai dengan ikon fungsi yang dipilih.

Untuk melanjutkan mengisi formulir klik area lain dari layar. Terlihat text atau objek yang barusan kita buat berganti warna dari biru ke hitam. Jika kita merasa kurang pas atau ingin merobah text atau objek yang barusan kita buat, klik kembali text atau objek tersebut hingga berwarna biru kembali.

Membuat tanda tangan.
Dari halaman utama, Klik Ikon pensil > klik Fill & Sign.
Klik ikon ikon menambahkan tanda tangan (Mata Pena) > Klik Create Signature
Di halaman Signature atau tanda tangan terdapat tiga pilihan untuk membuat tanda tangan. Terlihat di bagian atas halaman tanda tangan terdapat tiga ikon, masing-masing ikon Mata Pena, ikon Gambar dan ikon Camera.

Cara pertama, kita dapat langsung membuat tanda tangan dengan menggambar. Gambar tanda tangan kita di area “Sign Here” dengan menggunakan telunjuk kita seperti saat kita membuat tandatangan di atas kertas.
Jika hasilnya kurang sesuai, klik Clear untuk menghapus. Jika hasilnya sudah sesuai klik DONE di pojok kanan atas.
Jika ingin menyimpan tandatangan yang kita buat secara online, klik Save Online di pojok kiri bawah. Jika pilihan “Save Online” di aktifkan tanda tangan yang kita buat tadi akan tersimpan secara Online. Namun jika ragu, non aktifkan saja pilihan tersebut.

tanda tangan PDF di hp
Tanda tangan PDF di hp

Cara ke dua yaitu dengan mengupload gambar tanda tangan.
Untuk menggunakan cara ini klik ikon gambar ( ikon picture ). Cara ini kita gunakan jika kita sudah memiliki file gambar tanda tangan kita yang memang sudah tersimpan di hp. Cara ini adalah cara klasik. Jika anda belum memiliki file gambar tandatangan, sebaiknya cara ini kita lewati saja.

Cara ketiga yaitu dengan mem-foto tanda tangan menggunakan camera hp anda. Untuk menggunakan cara ini klik ikon Camera ( take picture ).
Sebelum menggunakan cara ini siapkan dulu kertas bersih. Silahkan buat tanda tangan di atas kertas tersebut dengan menggunakan bulpen atau pena.
Klik ikon camera di halaman tanda tangan. Arahkan camera ke atas kertas yang terdapat tanda tangan kita. Silahkan foto gambar tanda tangan tersebut. Di halaman selanjutnya (Crop Signature) kita diminta mengatur luas area tanda tangan dengan menggeser tanda berwarna biru di setiap pojoknya. Kita juga bisa memutar gambar tanda tangan 90 ke kanan ke kiri dengan klik ikon rotasi di bagian bawah.
Jika dirasa sudah sesuai, klik DONE di pojok kanan atas.
Klik DONE lagi di pojok kanan atas untuk kembali ke halaman dokumen

Membuat tanda tangan PDF dengan camera
Tanda tangan PDF dengan Camera

Untuk menambahkan tanda tangan PDF, klik di area tanda tangan di posisi yang sesuai. Untuk menggeser tanda tangan, tekan dan geser ke posisi yang sesuai. Tekan dan geser tanda panah ke kanan atau ke kiri untuk memperbesar atau memperkecil ukuran tanda tangan sehingga sesuai dengan area yang disediakan.

Mengatur ukuran dan posisi tanda tangan PDF
Mengatur ukuran dan posisi tanda tangan PDF

Jika semua sudah selesai klik ikon centang di pojok atas kiri untuk kembali ke halaman awal. Di sini file akan tersimpan secara otomatis di cloud. Namun jika ingin menyimpan di hp klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas. Di jendela yang muncul cari dan klik Save a copy lalu pilih On This Device. File akan tersimpan di folder Download di hp kita.

Jika ingin langsung di bagikan (share), klik ikon Share ( ikon share ) di bagian atas halaman utama. Lalu pilih Share a Copy, dan pilih metode sharing mya. Terdapat banyak pilihan cara bagikan dokumen PDF. Bisa via WA, Gmail, atau Classroom. Silahkan pilih sesuai dengan keperluan anda.

Lihat juga:
Kirim foto via WA agar kualitas tidak berkurang
Cara agar tidak dimasukkan grup WA tanpa ijin
Menggunakan On screen / Virtual keyboard untuk mengetik bahasa Arab di laptop/PC | Lebih praktis
Youtube Kids: Youtube buat anak-anak (Cara membuat profile dan setup)
Gunakan aplikasi Snap Camera sebagai virtual background pada Zoom. Lebih bagus