Kirim foto via WA agar kualitas tidak berkurang - de-Tekno

Kirim foto via WA agar kualitas tidak berkurang

Pernakahkah kita menyadari ketika kita kirim foto via WA kualitas jadi berkurang? Ketika menerima kiriman foto semua nampak seperti “baik-baik” saja dan wajar-wajar saja. Tidak ada yang aneh. Apalagi jika foto tersebut sekedar untuk di lihat di layar hp.

Coba sesekali periksa foto yang ada di folder foto WA di hp. Lalu bandingkan dengan foto yang ada di folder camera. Lihat kapasitasnya yang tertulis dengan satuan kb atau mb. Bisa dipastikan semua foto yang ada difolder WA kapasitasnya hanya beberapa puluh atau beberapa ratus kb saja. Sedangkan foto-foto yang tersimpan di folder camera kapasitasnya beberapa megabite (mb) hingga belasan megabite. Bukan kilobite (kb) lagi!!!

Ini artinya foto-foto yang dikirim lewat aplikasi WA secara otomatis sudah dikompres/dikurangi kapasitasnya. Tentu ini sudah menjadi kebijakan dari pihak Whatsapp yang bertujuan agar foto tersebut mudah dikirim dan tidak memakan kuota internet terlalu banyak, khususnya bagi penerimanya.

Selama ini jika kita kirim foto via WA, dengan menggunakan cara-cara berikut:
1. Kita menggunakan fitur foto yang terdapat di sebelah kolom komen. Setelah foto diambil kita langsung klik Kirim / Send.
2. Atau jika foto tersebut sudah tersimpan di hp, kita menggunakan Attachement. Kemudian kita memilih gallery, lalu folder camera, setelah memilih foto kita langsung klik Send/ kirim, dengan atau tanpa komen.
3. Atau kita buka sebuah foto lalu kita klik Share dibawah foto tersebut, kita pilih aplikasi WA lalu kita kirim, dengan atau tanpa komen.

kirim foto WA kualitas asli
Perbandinga foto yang dikirim via WA menggunakan fitur gallery dengan document

Cara-cara di atas akan membuat foto yang dikirim akan secara otomatis berkurang kualitasnya ketika sampai ke penerima. Untuk agar foto yang dikirim via WA kualitasnya sama dengan aslinya, ikuti petunjuk berikut.

Di sini, foto yang akan kita kirim via WA agar kulitasnya tidak berkurang, foto tersebut kita anggap sebagai dokumen. Sehingga ketika kita menggunakan fitur dokumen dari WA, yang terlihat adalah file-file berupa dokumen. Kita tidak akan secara langsung menemukan foto yang akan kita kirim. Jadi sangat penting kita mengetahui letak dimana foto tersebut tersimpan.

Di hp android, foto-foto dari camera akan tersimpan di folder DCIM dan subfolder Camera. Jadi arahkan pilihan ke folder DCIM kemudian subfolder Camera ketika kita mencari letak foto yang akan dikirim.

Untuk mulai kirim foto WA kualitas sama dengan aslinya, silahkan buka WA dan pilih siapa atau grup apa penerimanya.
1.Klik ikon Attachement
2.Pilih Document
3.Klik Browse other document
4.Cari dan kemudian buka folder DCIM
5.Buka subfolder Camera. Di sini baru terlihat daftar foto-foto yang berasal dari Camera. Silahkan pilih foto yang akan dikirim kemudian klik Kirim atau Send.

kirim foto WA kualitas asli
Langkah mengirim foto via WA aar kualitas tak berkurang

Terlihat foto tersebut akan terkirim dalam bentuk dokumen. Namun ketika dibuka oleh si penerima akan muncul foto yang sama kualitasnya dengan aslinya. Jika kita menerima kiriman foto dalam bentuk dokumen, foto tersebut akan tersimpan di folder Whatsapp document.

Jadi untuk kirim foto via WA agar kualitasnya sama dengan aslinya, jangan gunakan fitur Camera atau Gallery saat klik Attachement, gunakan Document.

Semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Cara agar tidak dimasukkan grup WA tanpa ijin
Mengisi formulir dan membuat tanda tangan dokumen PDF
Mengaktifkan sensor sidik jari pada Whatsapp
Aplikasi Whatsapp untuk Laptop/PC
Backup dan Restore Whatsapp, transfer chat ke hp baru
(Youtube) Aplikasi WA untuk laptop/PC