Menggunakan On screen keyboard untuk mengetik bahasa Arab di laptop/PC - de-Tekno

Menggunakan On screen keyboard untuk mengetik bahasa Arab di laptop/PC

Salah satu cara yang mudah untuk mengetik bahasa Arab di laptop/PC (Windows 10) adalah dengan menggunakan ON Screen / Virtual keyboard. On Screen keyboard atau virtual keyboard adalah keyboard yang muncul di layar laptop/PC. Keyboard ini akan menampilkan huruf sesuai dengan bahasa yang dipilih. Jika pengguna ingin mengetik dalam bahasa Arab, On Screen keyboard akan menampilkan tombol-tombol huruf Arab (huruf Hija’iyah). Jadi mirif seperti jika ingin ngetik huruf Arab di handphone. Yang muncul langsung keyboard dengan huruf Hija’iyah.

On screen keyboard Arab

Hal ini tentu akan lebih mempermudah pengguna ketika ingin mengetik huruf Hijaiyah di laptop/PC karena pengguna tidak perlu meraba-raba seperti ketika menggunakan keyboard Latin (QWERTY). Porsi atau ukuran keyboard di layar laptop/PC bisa diatur sehingga pengguna bisa menyesuaikan dengan ukuran layar laptop/PC yang dimiliki.

Sebelum kita mulai, pertama kita harus mengaktifkan dahulu pilihan bahasa Arab nya. Jika dilaptop pengguna sudah terinstall pilihan bahasa Arab, anda bisa langsung ke langkah ke dua yaitu, mengaktikan pilihan On Screen keyboard sehingga mudah diakses oleh pengguna ketika ingin mengetik dalam bahasa Arab.

Langkah 1. Mengaktifkan bahasa Arab di laptop/PC

  1. Klik Start
  2. Klik Settings
  3. Klik Time & Language
  4. Pilih Language di menu bar sebelah kiri
  5. Klik Add a Preferred language
  6. Dari daftar bahasa, pilih bahasa Arab (Saudi Arabia)
  7. Klik Next
    Tunggu beberapa saat sampai download selesai.

Langkah 2. Mengaktifkan pilihan On Screen Keyboard
Ada beberapa cara untuk mengaktifkan On Screen keyboard. Namun yang paling mudah sehingga mudah diakses sewaktu-waktu adalah dengan langkah berikut:

  1. Klik kanan Task Bar
  2. Klik Show Touch keyboard button

Akan muncul ikon On screen keyboard di Task Bar di pojok kanan bawah. Ikon bergambar keyboard. Untuk memunculkan On screen keyboard cukup dengan klik ikon ini. Jika kita mengetik dari keyboard laptop/PC, On screen keyboard akan hilang atau tersembunyi secara otomatis.

Cara menggunakan ON screen keyboard
– Klik ikon On screen keyboard untuk memunculkan On screen keyboard
– Klik tombol ENG pada On screen keyboard untuk mengganti ke bahasa Arab.
– Untuk menambah harakat pada tulisan arab, klik tombol tanda panah ke atas pada On screen keyboard.
– Tips. Saat mengetik tulisan dalam bahasa Arab, sebaiknya ganti ukuran huruf ke yang lebih besar agar nyaman terlihat. Jika menggunakan ukuran huruf yang sama dengan huruf Latin, tulisan bahasa Arab nya akan terlihat kecil-kecil terutama harakatnya

Silahkan juga lihat Youtube video nya:
– (Windows 10): Cara ngetik bahasa Arab menggunakan On screen / Virtual keyboard
– (Android): Cara setting keyboard bahasa Arab di HP android

Catatan,
Tutorial dalam tulisan ini bisa digunakan juga untuk bahasa lainnya, seperti bahasa Cina, Jepang (huruf Kanji, Katakana, Hiragana), Korea, India (Tamil, Hindi, Urdu) dan lainnya. Caranya seperti dalam tutorial ini, dan menambah / download bahasa yang ingin dipakai.

Lihat juga:
Mengisi formulir dan membuat tanda tangan dokumen PDF
Cara settings keyboard android untuk bahasa Arab
Youtube Kids: Youtube buat anak-anak (Tanpa iklan dan halaman komen)

Semoga bermanfaat.