Youtube Kids: Youtube buat anak-anak (Cara membuat profile dan setup) - de-Tekno

Youtube Kids: Youtube buat anak-anak (Cara membuat profile dan setup)

Youtube kids adalah versi khusus Youtube buat anak-anak. Kontennya tentu terbatas pada video yang memang sudah disaring sehingga sesuai untuk kebutuhan anak-anak kita. Tanpa iklan dan halaman komentar. Video Youtube Kids bisa di-download dan diblokir. Tampilan halaman sederhana dan terdapat ikon-ikon bergambar kartun dan penuh warna-warni.

Perbedaan dengan Youtube biasa (Youtube.com):
1. Tampilan
Desain tampilan halamannya sederhana dilengkapi ikon ikon kartun dan penuh warna-warni yang tentu sangat disukai dan mudah dipahami anak-anak. Tidak rumit dan sangat mudah di pahami anak-anak. Jika anak anda biasa nonton video di Youtube, tentu akan lebih mudah lagi jika nontonnya di Youtube Kids.

2.Konten dan channel sesuai dengan kebutuhan anak-anak.
Channel dan kontennya telah dipersempit sehingga cocok buat anak-anak. Team Youtube Kids Google nampaknya bekerja keras mempertaruhkan nama besarnya di applikasi ini. Jangan sampai ada video yang tidak pantas untuk anak-anak lolos masuk ke Youtube Kids. Tema Youtube Kids juga telah menggandeng pemain besar di bidang video anak-anak ini, seperti DreamWorkTV, Mother Goose Club, Talking Tom and Friends dan lain-lain.

3.Kontrol orang tua (Parental Control)
Ini adalah bagian terpenting dari Youtube Kids. Di sini orang tua harus membuat profile terlebih dahulu agar kelak nantinya konten youtube kids sesuai dengan usia si anak. Akun yang digunakan adalah akun Google (Gmail) milik orang tuanya. Untuk cara setup dan membuat profile pertama kali lihat di bagian Setup dan membuat Profile di bawah ini.

4.Tidak ada iklan dan halaman komentar.
Kelebihan lain dari Youtube Kids tidak adanya iklan dan halaman komentar. Sering kami melihat anak-anak yang dikasih nonton Youtube, tiba-tiba anaknya mengamuk atau marah hanya karena videonya terputus gara-gara iklan.
Selain itu tidak ada halaman komentar yang tentunya tidak akan berguna bagi anak-anak dan juga akan menghindarkan anak-anak membaca komentar yang kurang pantas.

5.Video bisa di download
Tidak seperti Youtube biasa kalau mau download harus menggunakan aplikasi pihak ke tiga, Youtube Kids secara official mengijinkan orang tua untuk mendownload video kesukaan si anak, yaitu dengan tersedianya tombol download di samping video yang sedang di tonton. Sehingga video tersebut bisa ditonton anak kapanpun walau tanpa kuota internet.

6.Setelan waktu (Set timer)
Youtube kid juga menyediakan setelan waktu, sehingga waktu nonton anakpun di batasi dan bisa istirahat. Sebagai contoh, si anak tidak dapat lagi mengakses atau membuka Youtube Kids pada jam-jam yang ditentukan.

Setup dan membuat profile
Saat pertama menggunakan Youtube Kids, selaku orang tua anda diwajibkan membuat profile dan melakukan pengaturan. Membuat profile dimaksudkan agar video-video yang tersedia di halaman Youtube Kids sesuai dengan kebutuhan usia anak anda.
Setup dan membuat profile pada Youtube Kids sangat mudah. Jika anak anda menggunakan handphone atau tablet, silahkan download dan install dulu aplikasi Youtube Kids dari Playstoe (untuk Android) dan Appstore (untuk iOS).

Berikut langkah-langkah membuat profile.
1. Buka Youtube Kids dan pilih “SAYA ORANG TUA”
2. Masukkan tahun kelahiran anda dan klik “KONFIRMASI”
3. Muncul video penjelasan Youtube Kids, silahkan tonton lalu klik ikon panah kanan (next)
4. Silahkan Login menggunakan akun anda (sebagai orang tua)
5. Buat profile anak anda: Isi nama anak anda, Usia dan bulan kelahirannya, lalu klik next (ikon panah ke kanan)
6. Pilih setelan konten untuk anak anda. Di sini terdapat 4 kategori.

  1. Hanya konten yang disetujui.
  2. Prasekolah (4 tahun ke bawah)
  3. Lebih muda ((5 – 7 tahun)
  4. Lebih dewasa (8 – 12 tahun)

Jika memilih no 1. Hanya konten yang disetujui, anda harus memilihkan video dari daftar video yang disediakan dan kotak penelusuran tidak tersedia. Jika memilih selain no 1, kotak penelusuran akan tersedia dan anak anda bisa melakukan penelusuran. Jika anda merasa ragu dengan konten yang disediakan oleh Youtube Kids, silahkan cek kembali video yang pernah ditonton anak anda di dalam menu Tonton kembali.
7.Silahkan pilih kategori yang sesuai dengan usia anak anda.
Pembuatan profile selesai. Klik Panah ke kanan untuk melanjutkan.

Muncul video penjelasan fitur untuk orang tua. Klik SELESAI. Untuk lanjut nonton video silahkan klik profile anak anda yang baru saja anda buat.

Di halaman depan Youtube Kids, terdapat beberapa Ikon, seperti terlihat pada gambar berikut:

Tampilan halaman depan Youtube Kids
Tampilan halaman depan aplikasi Youtube Kids
  • Ikon anak anda (bergambar kepala hewan, menunjukkan profile anak anda. Jika anda ingin mengganti profile anak anda yang lain (jika anak anda lebih dari satu dan sudah membuatkan profile nya masing-masing), silahkan diklik ikon ini, lalu pilih profile anak anda lainnya.
  • Ikon Acara (bergambar popcorn) berisi video yang di rekomendasikan.
  • Ikon Musik, (Bergambar partitur) berisi video lagu-lagu anak.
  • Ikon Pelajaran (bergambar bole lampu) berisi video pembelajaran.
  • Ikon Jelajahi (bergambar papan penunjuk arah) berisi berbagai macam video.
  • Ikon Telusuri (bergambar kaca pembesar) untuk mencari video tertentu.

Fitur untuk orang tua:
1. Mengubah setelan
Untuk masuk ke setelan (settings) klik tombol kunci gembok lalu klik Settings (ikon roda gigi). Di sini anda bisa menambah profile baru untuk anak anda yang lain misalnya, atau mengubah profile yang pernah anda buat, bahkan menghapus profile.

2. Blokir video dan Download video
Untuk memblokir video tertentu, klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan bawah dari video tersebut, lalu klik Blok. Di bawah pilihan Blokir, terdapat pilihan Download, jika anda ingin download video tersebut agar tersimpan di hp anak anda sehingga bisa ditonton kapanpun tanpa menguras kuota internet.

3. History
Klik tanda panah ke kiri (Tonton lagi) dari halaman utama Youtube Kids untuk melihat daftar video yang pernah ditonton oleh anak anda.

4.Mengatur waktu penggunaan Youtube Kids
Klik ikon Gembok, lalu klik ikon jam untuk mengatur waktu penggunaan Youtube Kids. Di sini anda bisa menentukan alarm jam kapan seharusnya berhenti main Youtube Kids dan anak anda bisa istirahat. Pada waktu tersebut Youtube Kids tidak bisa di akses lagi.

Selain di handphone atau tablet, Youtube Kids bisa diakses di laptop/PC, https://www.youtubekids.com/. Cara setup dan membuat profile tidak jauh berbeda dengan aplikasi Youtube Kids di handphone atau tablet.

Tampilan halaman depan Youtube Kids di Windows
Tampilan halaman depan Youtube Kids di Windows

Lihat juga:
Settings Youtube dan Search engine agar aman buat anak-anak kita