Mengaktifkan sensor sidik jari pada Whatsapp - de-Tekno.com

Mengaktifkan sensor sidik jari pada Whatsapp

Semenjak hadirnya teknologi sensor sidik jari pada handphone, beberapa aplikasi pun menggunakan sensor sidik jari untuk menjaga keamanan akun pengguna. Diantaranya adalah aplikasi sistem pembayaran online, aplikasi mobile banking dan aplikasi sensitif lainnya. Bahkan aplikasi marketplace semacam Shopee pun menawarkan penggunanya untuk menggunakan sensor sidik jari saat akan melakukan pembayaran.

Jika terdapat sensor sidik jari di hp pengguna, aplikasi-aplikasi tersebut akan menawarkan penggunaan sensor sidik jari sebagai alternatif dari penggunaan PIN yang selama ini digunakan, baik untuk membuka aplikasi atau hanya pada saat melakukan transaksi online saja.

Yang menarik adalah aplikasi sejuta umat semacam Whatsapp pun menyediakan fitur penggunaan sensor sidik jari bagi penggunanya. Yah mungkin pihak Whatsapp menganggap perlu menghadirkan penggunaan fitur sensor sidik jari. Siapa tahu ada data chat atau lainnya yang pengguna merasa tidak boleh diketahui oleh pihak lain. Namun ini hanya berupa pilihan saja. Jika pengguna Whatsapp merasa perlu mengaktifkan sensor sidik jari berkut caranya.

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Ketuk ikon Titik tiga vertikal di pojok kanan atas
  3. Pilih Settings
  4. Pilih Account
  5. Pilih Privacy
  6. Paling bawah pilih Fingerprint lock
  7. ON-kan tombol Unlock with Fingerprint
  8. Muncul jendela untuk menyentuh Sensor sidik jari. Silahkan sentuh sensor sidik jari menggunakan jari yang selama ini digunakan untuk membuka hp.
  9. Di bagian Automatically lock, pilih Immediately.
  10. Di bagian Show content in notifications,
    • ON-kan jika ingin tetap bisa melihat pengirim dan isi pesan text saja di notifikasi saat ada pesan baru masuk.
    • OFF-kan jika takut isi pesan diintip pihak lain.
sensor sidik jari Whatsapp
Setup Fingerprint Whatsapp

Sebagai catatan bahwa jika menegaktifkan sensor sidk jari pada Whatsapp, ini berlaku untuk isi pesan Whatsapp secara keseluruhan baik pesan dari akun pribadi maupun dari group-group yang anda ikuti.

Jika ingin membatalkan atau me-non-aktifkan sensor sidik jari pada Whatsapp ini, ulangi langkah di atas dan di langkah no.7 tombol Unlock with Fingerprint pilih OFF-kan.

Demikian semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Kirim foto via WA agar kualitas tidak berkurang
Cara agar tidak dimasukkan grup WA tanpa ijin
Aplikasi Whatsapp untuk Laptop/PC
Backup dan Restore Whatsapp, transfer chat ke hp baru
Cara mainkan WhatsApp di laptop/Pc (WhatsApp Web)
Cara install dan menggunakan Whatsapp pada perangkat android tanpa simcard;