Maksud dan fungsi Quad Camera pada hp - de-Tekno.com

Maksud dan fungsi Quad Camera pada hp

Sesuai dengan namanya Quad camera berarti empat camera. Quad berarti empat. Seperti halnya Dual yang berarti dua, Tripple yang berarti tiga. Handphone (hp) Quad camera, berarti hp dengan 4 camera di belakangnya. Sebelumnya hp quad camera mengacu pada jumlah dua camera di belakang dan dua camera di depan. Namun semenjak dirilisnya hp dengan 4 kamera di sisi belakangnya, istilah Quad camera ditujukan untuk menunjukkan jumlah camera yang di belakang hp yang berjumlah empat buah. Tidak termasuk camera selfi atau camera di layar depan.

Dalam hp quad camera, setiap camera memiliki fungsi masing-masing. Dan fungsi masing-masing camera berbeda-beda tergantung brand atau merk hp nya. Hp quad camera yang beredar di pasaran saat ini akan memiliki camera dengan jenis dan fungsi seperti berikut:

Quad camera Huawei P40 Pro
Quad camera Huawei P40 Pro (Photo credit to GSMArena.com)

Lensa camera utama (Main camera lens)
Salah satu dari empat camera akan kerkedudukan sebagai Main camera atau camera utama. Fungsi Main camera ini adalah untuk mengambil gambar seperti pada umumnya camera. Camera ini yang paling banyak bekerja dan biasanya memiliki resolusi paling tinggi dari ke tiga camera lainnya. Kekurangan pada Camera utama ini akan “ditambah” oleh camera lainnya saat pengambilan gambar dengan mode/fitur tertentu.

Lensa Ultra wide angle (Ultra Wide Angle lens)
Camera dengan lensa sudut ultra lebar (ultra wide angle). Memiliki kemampuan untuk menangkap sudut yang lebar hingga 120 derajat. Sehingga area tangkapan camera menjadi lebih lebar.

Depth sensor (sensor kedalaman)
Camera yang memiliki kemampuan menangkap kedalaman gambar. Mampu mengestimasi jarak antara object dengan latar belakang. Sehingga hasil foto dengan efek Bokeh dapat dihasilkan dengan menggunakan kombinasi antara camera utama dan camera depth sensor. (efek bokeh = background yang di kabur (blur) kan).

Di beberapa hp seperti Huawei P30 Pro, Depth sensornya menggunakan ToF 3D sensor. Selain sebagai Depth sensor juga digunakan untuk menghasilkan gambar 3 dimensi. Sensor ini bekerja dengan mengirimkan sinyal infra merah untuk mengukur jarak dan volume, sehingga mampu memetakan objek dengan akurat. ToF singkatan dari Time of Flight.

Selain itu Depth sensor yang menggunakan teknologi ToF 3D sudah tidak membutuhkan lagi Monochrome sensor. Fungsinya sudah digantikan oleh Tof 3D Depth sensor. (Lihat fungsi Monochrome sensor di bawah).

Ketiga jenis camera di atas (Main camera, Ultra wide angle dan Depth sensor) terdapat di semua hp Quad camera. Namun sebagai camera yang ke empat, beberapa merk hp memilih jenis camera dengan kemampuan berbeda. Diantaranya ada yang menggunakan:

Lensa Telephoto (Telephoto lens).
Camera Telephoto memiliki kemampuan zoom secara optic (optical zoom), ada yang menawarkan zoom 2x hingga 4x, bahkan sampai 5x (baca: lima kali) pada hp Huawei P30 Pro. Selama ini camera hp umumnya hanya mampu melakukan zoom secara digital (digital zoom). Akibatnya gambar yang dihasilkan tidak sebagus yang tanpa zoom.
Karena body hp yang tipis, sepertinya sudah tidak dimungkinkan lagi untuk menambah optical zoom di camera utama. Sebagai alternatifnya produsen lebih memilih menambahkan camera tersendiri dengan kemampuan zoom optic. Kombinasi antara camera utama dan lensa Telephoto akan menghasilkan gambar yang tidak pecah. Di sini camera dengan lensa telephoto akan menutupi kekurangan yang terdapat dari zoom digital camera utama.

Hp dengan lensa telephoto diantaranya: (berikut hanya sekedar contoh saja dari hp quad camera. Masih banyak merk dan seri yang lain yang tidak kami cantumkan dalam list).

  • Oppo Reno3 Pro
  • Vivo V17 Pro
  • Realme X50 Pro
  • Huawei P30 Pro
  • Huawei P40 Pro
  • Realme X2 Pro
  • Samsung Galaxy S20+
  • Samsung Galaxy S20 Ultra
  • Samsung Galaxy Note 10 Plus

Macro lens (Lensa Macro)
Camera ini lebih mirip fungsinya seperti kaca pembesar. Camera dengan kemampuan Macro tetap dapat menangkap gambar dengan jernih walau jarak objek hanya beberapa cm saja di depan lensa. Anda yang suka mengambil gambar dengan objek yang kecil-kecil, hp yang memiliki camera Macro ini cocok buat anda.
Hp yang memiliki lensa Macro diantaranya:

  • Redmi Note 9 Pro Max
  • Vivo V19
  • Xiaomi Mi 10
  • Honor 20
  • Realme X2
  • realme 6

Monochrome sensor
Sensor monochrome berfungsi menangkap gambar hitam putih dengan gambar yang lebih detail khususnya dalam keadaan yang kurang pencahayaannya. Jika dikombinasikan dengan camera utama, akan menghasilkan gambar yang bersih dan detail walau dalam keadaan yang kurang cahaya. Monochrome sensor sebelumnya banyak terdapat pada hp dual camera dan hp tripple camera. Namun semenjak muncul teknologi ToF Depth sensor, Monochrome sensor tidak diperlukan lagi.

Monochrome sensor ini sebagai tambahan saja, siapa tahu anda menemukan hp quad camera yang masih menggunakan Monochrome sensor.

Ke empat camera tidak serta merta bekerja secara bersamaan ketika sedang mengambil gambar. Bisa salah satu camera saja, bisa kombinasi antara dua camera tergantung fitur yang dipilih sebelum mengambil gambar. Saat mengambil gambar menggunakan Zoom, Camera utama bekerja bersama lensa zoom atau lensa Telephoto. Begitu juga saat mengambil gambar dengan efek Bokeh, Camera utama bekerja bersama Depth sensor camera.

Lihat juga:
Mengaktifkan USB Debugging dan Developer options hp Realme
Mengirim file sesama Android menggunakan Nearby Share
Maksud dan fungsi dual camera pada handphone
Maksud dan fungsi HDR pada camera smartphone
Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android
Mirror (menampilkan layar) hp Realme ke Laptop