Apa bedanya, akun Gmail dan akun G Suite - de-Tekno

Apa bedanya, akun Gmail dan akun G Suite

Selama ini mungkin kita sudah kenal dengan akun Gmail. Namun akun G Suite sedikit yang mengetahuinya. Keduanya akun dari Google namun banyak terdapat perbedaan di dalamnya. Berikut perbedaan antara akun Gmail dan akun G Suite.

Akun Gmail
Gmail adalah layanan email gratis dari Google. Akun Gmail berarti akun email dari Google yang terdiri dari alamat email, semisal inibudi@gmail.com dan password yang dipergunakan untuk membuka akun Gmail. Di dalam akun Gmail, kita dapat mengirim, menerima dan mengelola email. Akun Gmail selalu berakhiran “…@gmail.com” dan sifatnya pribadi. Jadi siapapun bisa memiliki akun Gmail.

Saat ini akun Gmail tidak terbatas pada urusan email saja, tetapi pemilik akun Gmail juga dapat memanfaatkan fasilitas dari Goolge lainnya secara gratis. Seperti Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Classroom dan banyak lagi, bahkan baru-baru ini layanan Google Meet pun (layanan video meeting/conference ) bisa dipergunakan oleh pemilik akun Gmail yang sebelumnya hanya bisa di akses oleh pemilik akun G Suite.

Beda akun Gmail dan akun G Suite
Contoh fitur layanan Google

Akun G Suite
G Suite adalah layanan Google yang diperuntukkan bagi sebuah lembaga, atau organisasi. Berbeda dengan Gmail yang sifatnya perorangan / pribadi. Sebuah lembaga atau organisasi yang memiliki akun G Suite akan mendapatkan layanan yang berupa sederetan aplikasi dan tool yang bersifat kelembagaan dan akan sangat membantu kinerja dari lembaga atau perusahaan tersebut. Sekalipun layanan tersebut sebagian sama dengan layanan yang didapat dengan akun pribadi Gmail, namun tingkatannya berbeda. Begitu juga dengan layanan aplikasi yang disediakan. Masih banyak lagi aplikasi yang hanya bisa diakses menggunakan akun G Suite.

G Suite ini persis seperti Office 365 yang ditawarkan oleh Microsoft. Yang isi paketnya seperti Excel, Words, Powerpoint dan lainnya. Kalau di G Suite aplikasi serupa namanya Google Sheets (= Excel), Google Docs (=Words) dan Google Slide (=Powerpoint).

Dalam akun G Suite juga terdapat email. Email akun G Suite memiliki akhiran sesuai dengan nama dan jenis lembaga tersebut. Seperti @namaperusahaan.com. Atau jika lembaga tersebut adalah lembaga pendidikan, @sekolahhebat.edu atau @sekolahkeren.sch.id. Karyawan atau anggota mana saja yang akan mendapat akun email G Suite diatur oleh admin lembaga tersebut.

Untuk lembaga pendidikan misalnya, siswa-siswanya bisa mendapatkan akun email G Suite juga yang identitasnya biasanya didasarkan pada nomor induk siswa tersebut. Misalnya 02234@sekolahhebat.sch.id. 02234 adalah nomor induk siswa. Dengan akun G Suite ini siswa-siswanya dapat mengakses tugas-tugas dari sekolah secara online. Apalagi saat pandemi virus Covid-19 ini, banyak sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran secara online.

Untuk lembaga pendidikan bisa mendapatkan G Suite secara gratis untuk level Basic. Sementara untuk level Enterprise tidak gratis alias berbayar. Jika lembaga pendidikan anda berminat silahkan kunjungi link berikut: https://edu.google.com/products/gsuite-for-education/?modal_active=compare-editions

Perlu diketahui juga bahwa, walaupun G Suite lebih ditujukan untuk kepentingan lembaga atau organisasi, sebagai pribadi anda juga bisa memiliki akun G Suite jika memang anda membutuhkannya. Dan tentunya tidak gratis.

Berikut perbedaan lainnya dari G Suite dan Gmail

Harga

Gmail : Gratis. Setiap pribadi bisa membuat akun Gmail secara gratis. Bahkan juga diperbolehkan mendaftar lebih dari satu akun Gmail. Dan dapat mengakases sebagian besar layanan aplikasi secara gratis.

G Suite : Terdapat beberapa level (Basic, Business, dan Enterprise) dan kategori (Lembaga Nonprofit, Educations dan Pemerintahan). Masing-masing memiliki harganya. Namun pada kategori tertentu seperti lembaga Nonprofit dan Educations seperti sekolah misalnya bisa mendapatkan akun G Suite secara gratis.

Control Administrasi

Gmail: Karena sifatnya pribadi, pemilik akun dapat mengontrol secara penuh penggunaan akun Gmail nya. Akun Gmail tidak akan hilang selama pemilik akun tidak menghapusnya sendiri.

G Suite: Karena sifatnya kelembagaan, maka yang mengontrol akun G Suite adalah pihak admin dari lembaga tersebut, seperti departemen IT nya. Jika karyawan atau siswa keluar dari lembaga tersebut pihak admin dapat menghapus akun Gsuite nya atau diberikan ke penggantinya. Karena memang akun G Suite diperuntukkan bagi kepentingan lembaga atau perusahaan. Dengan kontrol semacam ini, pihak lembaga atau perusahaan tidak akan dirugikan dikarenakan ada karyawan yang keluar. Ini menyangkut keamanan data dari lembaga tersebut.

Custom nama domain

Gmail: akun Gmail selalu berakhiran …@gmail.com. Akhiran ini tidak bisa diubah. Sudah paten.

G Suite: akun G Suite memiliki akhiran yang bisa diatur sesuai dengan nama lembaga atau perusahaaan saat melakukan pendaftaran. Umumnya berakhiran ….@namalembaga.com. Untuk lembaga pendidikan umumnya berakhiran….. @namasekolah.edu atau …@sekolahkeren.sch.id. Jadi kelihatan lebih profesional.

Kapasitas penyimpanan email

Gmail: pemilik akun Gmail mendapatkan kapasitas peyimpanan email maksimal sebesar 15GB.

G Suite: Untuk level Basic, masing-masing pemilik akun G Suite akan mendapatkan kapasitas penyimpanan email sebesar 30 GB. Bahkan bisa sampai 1 TB untuk level Business dan Enterprises.

Akses aplikasi dan layanan

Gmail: Walapun gratis, pemilik akun Gmail mendapat pelayanan standard dan tetap bisa menggunakan sebagian besar aplikasi dari Google. Jika terdapat masalah dari layanan yang digunakan, kita hanya bisa melaporkan dan menunggu sampai diperbaiki.

G Suite: Terdapat banyak aplikasi yang hanya bisa diakses oleh akun G Suite selain aplikasi yang juga bisa diakses akun Gmail. Namun perlu dicatat bahwa level akses untuk masing-masing anggota yang memiliki akun G Suite berbeda-beda tergantung kedudukan dari anggota tersebut. Sebagai contoh, seorang guru tentunya kemampuan aksesnya tidak sama dengan siswanya walaupun sama-sama memiliki akun G Suite. Pembagian kases ini dikelola oleh pihak admin dari lembaga tersebut.
Jika terdapat masalah dengan layanan yang digunakan, akun G Suite (dalam hal ini pihak admin dari lembaga tersebut) akan mendapat support 24/7 lewat telpon atau email.

Lihat juga:
Google Classroom: Menambahkan dan Login dengan akun G Suite serta settings bahasa Indonesia
Menggunakan GOGGLE MEET dan presentasi di hp
Menggunakan GOOGLE MEET dan presentasi di laptop/PC
Menggunakan Zoom pada handphone dan laptop bagi pemula
Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android

Source:
- https://emailanalytics.com/g-suite-vs-gmail-7-main-differences/
- https://usefyi.com/what-is-g-suite/