Tampilkan (Mirror) layar Laptop ke TV dengan fitur Project (Windows 10) - de-Tekno

Tampilkan (Mirror) layar Laptop ke TV dengan fitur Project (Windows 10)

Untuk menampilkan (Mirror) layar laptop ke TV, Windows 10 menyediakan fitur yang dinamakan Project. Sesuai dengan namanya, yaitu untuk memproyeksikan apa yang muncul di layar laptop ke TV.

Ini adalah update dari tulisan sebelumnya dengan beberapa fitur tambahan dari Windows 10 (2020). Di samping koneksi ke TV (smartTV) yang sangat mudah dan mulus, juga terdapat pilihan fungsi seperti, untuk nonton video, untuk presentasi atau bahkan bermain game. Fitur ini tersedia di Settings bar, di sisi atas layar Windows yang bisa di sembunyikan.

Untuk memulai mirror / proyeksi ke TV, laptop dan TV keduanya harus terkoneksi dengan jaringan wifi yang sama. TV yang digunakan adalah smart TV yang sudah tentu ada perangkat wifi-nya.

Langkah berikutnya, aktifkan (ON-kan) fitur Wireless Display (WiDi) di smart TV. Mungkin istilah wireles display agak berbeda untuk masing-masing merk TV. Seperti, Mirror, Miracast, WiDi.

LG-WiDi Miracast

Kemudian di Laptop buka menu Notifications pojok kanan bawah dan pilih Project. Pilih Connect to wireless display. Tunggu sampai muncul pilihan nama TV anda. Lalu pilih TV tersebut. Notifikasi permintaan koneksi akan muncul di TV, klik OK. Dan tunggu sampai layar laptop tampil di TV anda.

Win10_project_TV

Jika sudah terkoneksi dengan TV, di sisi atas layar laptop terdapat menu settings bar atau notifications bar seperti gambar berikut.

Win10_project_Notifications bar

1. Ikon Pin, Auto hide notifications bar. Berfungsi untuk menyembunyikan bilah notifikasi. Untuk memunculkannya, geser mouse ke sisi atas layar.

2. Ikon gear, Settings. Terdapat pilihan fungsi seperti, Gaming (untuk mainkan game), Working (untuk kerja atau presentasi) dan Watch video (untuk nonton video).

3. Disconnect, untuk stop koneksi atau proyeksi dangan TV.

Lihat juga Youtube:
Proyeksikan (Mirror) Layar Laptop Windows 10 ke TV
Tampilkan layar hp (Mirror) ke laptop PC dg fitur Connect (Windows 10)

Perlu diketahui juga bahwa kedua perangkat, TV dan Laptop, harus sudah dilengkapi teknologi wireless display atau Miracast. Smart TV dan laptop keluaran 4 tahun belakang umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi wireless display.

Coba lakukan dulu proyeksi ke TV dengan cara di atas. Jika gagal, coba Restart laptop nya. Jika masih belum bisa, baru cek apakah laptop dan TV sudah support teknologi wireless display atau tidak. Lihat tulisan terdahulu cara cek TV dan laptop apakah support wireless display atau tidak.

Lihat juga:
Tampilkan (Mirror) hp ke Laptop dengan fitur Connect (Windows 10)