Tampilkan (Mirror) hp ke Laptop dengan fitur Connect (Windows 10) - de-Tekno

Tampilkan (Mirror) hp ke Laptop dengan fitur Connect (Windows 10)

Biasanya untuk menampilkan (mirror) layar hp ke laptop, kita membutuhkan aplikasi pihak ke tiga yang di-install di hp dan di laptop. Namun kini, untuk menampilkan (mirror) layar hp ke laptop, cukup dengan menggunakan aplikasi bawaan (build in) Windows 10. Aplikasi ini dinamakan Connect. Teknologi yang digunakan adalah Wireless display yang sudah terdapat di hp maupun di laptop.

Teknologi Wireless display sudah ada di hp sejak Android Kitkat (Android 4.2 ke atas). Namun istilah yang dipakai di berbeda-beda tergantung merk hp nya. Ada istilah Cast, Mirror, Wireles display. Untuk laptop keluaran 4 tahun ke belakang pun dipastikan juga sudah dilengkapi teknologi ini.

Berikut langkah-langkah untuk tampilkan layar hp ke laptop.

A. Settings laptop.
– Klik ikon Notifikasi [Win10_Notifications]pojok kanan bawah.
– Di menu klik Connect, lalu klik “Projecting to this PC
Di dalam jendela Projecting to this PC terdapat beberapa kotak pilihan seperti gambar berikut. Pilih seperti petunjuk berikut.

Windows Connect Settings
  1. Available everywhere,
    agar laptop selalu siap digunakan untuk menampilkan layar hp.
  2. First time only,
    ijin koneksi muncul pertama kali saja. Pada permintaan koneksi berikutnya (untuk hp yang sama) akan langsung terkoneksi begitu saja. Jika ingin selalu muncul Notifikasi ijin koneksi, pilih “Everytime a connection is requested“.
  3. Never,
    perlu tidaknya untuk menggunakan PIN jika ada permintaan koneksi dari hp. Jika perlu menggunakan PIN silahkan pilih selain “Never”
  4. Off,
    ijinkan koneksi ke laptop kapanpun baik sedang di cas atau tidak. Jika angin terkoneksi dengan hp saat di cas saja, pilih ON.
    Tutup jendela Settings. Laptop siap menerima koneksi dari hp.

B. Settings di hp.
Buka Settings lalu cari Wireless display. Istilahnya berbeda-beda tergantung merk hp nya. Bisa Mirror, Cast atau Wireless display. Untuk lebih mudahnya silahkan cari kata “Mirror, Cast atau Wireless display” menggunakan kotak pencarian di dalam menu settings bagian atas.

Phone Settings

Kemudian klik ikon titik tiga vertikal pojok kanan atas. Lalu aktifkan Wireless display nya.

Phone wireless display

Jika laptop dan hp terkoneksi dengan jaringan wifi yang sama maka akan muncul pilihan laptop anda di dalam pilihan Wireless display. Klik nama laptop tersebut untuk mulai koneksi dengan laptop.

Akan muncul jendela notifikasi di laptop. Ada empat pilihan yang disediakan:

phone mirror permission
  • Always allow. Artinya hp yang digunakan akan selalu diijinkan koneksi. Sehingga pada koneksi berikutnya notifikasi ini tidak akan muncul. Ini harus sinkron dengan pilihan “First time only” di dalam settings Connect di bagian A(2) di atas. Jika settings di laptopnya, bagian A(2) di atas dipilih “Everytime a connection is requested“, notifikasi ini akan tetap muncul walaupun di pilih Always allow.
  • Allow once. Setiap ada permintaan koneksi dari hp akan muncul notifikasi ini.
  • Block once. Koneksi ditolak untuk jali ini. Dan koneksi berikutnya akan muncul notifikasi lagi.
  • Always block. Selamanya hp ini akan di block setiap akan koneksi ke laptop.

Terakhir klik OK.

Lihat juga Youtube-nya:
Mirror hp ke laptop menggunakan fitur Connect (Windows 10)

Untuk mengakhiri koneksi, buka menu Quick settings dengan menarik layar hp ke bawah, klik ijon Wireless display. Lalu klik Disconnect. Jika didalam menu Quick settings tidak terdapat ikon Wireless Display, anda bisa buka kembali Wireless display di dalam Settings. Klik nama laptop yang sedang terkoneksi dengan hp, lalu klik Disconnect.

Phone Wireless dispay

Menghapus hp yang tersimpan di memory aplikasi Connect.
Jika di dalam pilihan Notifikasi koneksi di atas, anda memilih Always Allow atau Always Block. Maka jika ingin melakukan koneksi berikutnya, Notifikasi tidak akan muncul. Jika pilih Always block selamanya hp tersebut akan di block tanpa ada Notifikasi. Nah jika anda kemudian hari berubah pikiran maka perlu memunculkan Notifikasi kembali agar bisa memilih jenis “ijin” yang diinginkan. Caranya:

  • Buka aplikasi Connect. Paling mudah dengan mengetik “Connect” di kotak pencarian Task Bar Windows 10 pojok kiri bawah. Di hasil pencarian pilih Connect app.
  • Tekan Control + S untuk membuka Settings aplikasi Connect.
    Di dalam Devices list, terdapat dua bagian Allowed Devices dan Blocked Devices.
  • Klik kotak sampah di sebelah nama hp yang akan di hapus dari memory Connect.
COnnect,devices access list

Tampilkan (Mirror) layar Laptop ke TV dengan fitur Project (Windows 10)

Catatan
– Pada beberapa kasus, koneksi dengan laptop gagal terus. Dengan melakukan Re-Start laptop, hal ini akan cukup membantu. Terutama jika anda menggunakan hp yang berbeda pada koneksi berikutnya.