Antara M.2, M.2 NVME SSD dan M.2 SATA SSD - de-Tekno.com

Antara M.2, M.2 NVME SSD dan M.2 SATA SSD

M.2 adalah spesifikasi bagi kartu akspansi (expansion card) yang terpasang secara internal pada sebuah motherboard. Sebelumnya M.2 dikenal dengan istilah NGFF, Next Generation Form Fator. Dan M.2 SSD berarti SSD Card atau module yang memenuhi standard M.2 dan menempati slot atau soket M.2 pada motherboard.

Spesifikasi M.2 ini ditetapkan oleh lembaga kerjasama SATA-IO dan PCI-SIG, sehingga slot M.2 interfacenya bisa berbasis PCIe ataupun SATA. Misalkan jika kartu yang ditancapkan di slot M.2 berupa SATA SSD Card, secara otomatis motherboard akan mendeteksi dan memberikan intraface SATA. Jika yang ditancapkan adalah PCIe SSD, maka akan diberikan interface PCIe.

Spesifikasi M.2
Setidaknya ada dua hal yang bisa kita pahami dari spesifikasi ini yaitu, M.2 Card, yang berupa card atau module yang mengadopsi standard M.2, yang kelak nantinya akan ditancapkan ke motherboard, dan M.2 Slot/Soket yang berupa slot/soket konektor yang juga mengadopsi standard M.2, tempat di mana M.2 Card di tancapkan yang terdapat pada motherboard.

Secara fisik spesifikasi M.2 adalah berupa Notch atau Key. Notch/Key bisa kita artikan tanda fisik. Pada M.2 Card, notch berarti coakan atau takik pada ujung kaki koneksinya. Sedangkan Notch pada M.2 slot konektor berupa tonjolan. Tonjolan ini akan terselip ke dalam coakan pada kaki M.2 Card jika ditancapkan ke dalam M.2 slot. Jika letak notch/coakan pada card posisinya tidak sama dengan letak tonjolan pada soket, maka M.2 card tidak bisa ditancapkan ke M.2 soket/slot.

Notch on  M.2 Slot and M.2 Card
M.2 Notch pada SSD Card dan Socket

Letak Notch (tanda fisik berupa coakan atau tonjolan) berbeda-beda posisinya baik pada M.2 Card maupun pada M.2 slot, tergantung fungsinya. Untuk M.2 slot/soket konektor hanya boleh memiliki satu notch atau key. Sementara untuk M.2 Card atau module boleh memiliki 2 notch atau key.

Berikut table letak notch atau Key berdasarkan fungsinya menurut standard M.2.

M.2 Specification

Dari tabel di atas, spesifikasi M.2 tidak hanya diperuntukan bagi SSD, tetapi juga dapat berupa kartu atau modul ekspansi lainnya selain SSD. Misalnya kartu wireless wifi atau bluetooth.

Selain Notch, dalam spesifikasi M.2 juga ditetapkan dimensi ukuran dan controller nya. Ada beberapa dimensi yang ditetapkan untuk M.2 card. Khusus untuk SSD, umumnya yang bisa ditemukan dipasaran saat ini memiliki dimesi 2280. Lebar 22 mm dan panjang 80 mm. Sedangkan untuk controller, digunakan AHCI (Advanced Host Controller Interface) untuk M.2 SSD yang berbasis SATA dan NVMe (Non Volatile Memory express) untuk M.2 SSD berbasis PCIe.

M.2 SSD dimension
Ukuran M.2 SSD

Khusus untuk spesifikasi M.2 SSD, ada 3 kemungkinan, yaitu:
1. B-Key, Interface-nya support SATA atau PCIe protocol. Untuk PCIe bus nya hanya support PCIe x2.
2. M-Key, Interface-nya support SATA atau PCIe protocol dan PCIe bus nya support PCIe x4.
3. B-key + M-key. Sama dengan no 1, support SATA dan PCIe x2.

Dari spesifikasi di atas akan kita temukan dua jenis M.2 SSD yaitu M.2 SATA SSD yang berbasis SATA dan di tulis, M.2 SATA SSD, dan M.2 PCIe SSD, yang berbasis PCIe yang sekarang lebih dikenal dengan M.2 NVMe SSD.

M.2 SATA SSD.
M.2 SATA SSD adalah sebuah SSD Card /module yang diproduksi berdasarkan standard M.2 dan menggunakan interface SATA. Hingga saat ini interfacenya SATA 3. Kecepatan / performance nya maksimal 600 MB/s. Untuk dimensi fisiknya secara umum 2280. Controller yang digunakan adalah AHCI, Advanced Host Controller Interface.
Notch (coakan pada kaki konektor) yang digunakan adalah B-Key atau B + M Key. Namun sekarang M.2 SATA SSD lebih sering kita temukan menggunakan notch (coakan) B + M Key. Kenapa??
Agar kompatibel dengan motherboard yang memiliki soket B-key (motherboard yang hanya support SATA saja) dan juga kompatibel dengan motherboard dengan soket M-key (motherboard yang support SATA dan PCIe). Ini sesuai dengan ketentuan dalam spesifikasi M.2 di atas, bahwa pada nocth B dan M masing-masing support SATA interface. Namun tidak selamanya bahawa motherboard yang hanya terdapat soket M.2 dengan notch (coakan) M-key juga berarti support M.2 SATA SSD. Perlu kehati-hatian di sini.

M.2 NVMe SSD
M.2 NVMe SSD adalah SSD Card yang diproduksi berdasarkan standard M.2 dan menggunakan interface PCIe-3. Kecepatannya / performance bisa lebih dari 2000 MB/s. Untuk dimensi fisiknya secara umum 2280. Lebar 22mm dan panjang 80mm. Controller yang digunakan adalah NVMe, Non Volatile Memory express. Keberadaan controller NVMe ini bertujuan untuk memanfaatkan bandwith PCIe x4 secara maksimal, yang terdapat pada PCIe Gen 3. x4. Sesuai dengan spesifikasi M.2 di atas, untuk menggunakan interface PCIe x4, harus menggunakan notch (coakan) M-key. Dan hanya M-Key saja. Karenanya SSD M.2 dengan teknologi NVMe memiliki kecepatan hingga 3 GB/s, jauh di atas SSD M.2 SATA.

Lihat juga:
Apa itu SSD (Solid State Drive), apa bedanya dengan Hardisk (HDD)?
Jenis-jenis SSD, Solid State Drive

Motherboard.
Dalam urusan SSD, menurut ketentuan standard M.2 di atas, di motherboard yang support M.2 SATA SSD akan terdapat soket B-Key. Dan motherboard yang support M.2 NVMe SSD akan terdapat soket M-key. Dan menurut ketentuan dalam spesifikasi M.2 di atas, sebuah soket M.2 hanya boleh memiliki satu notch atau tonjolan saja.

Notch pada slot dan M.2 SSD
Notch pada slot dan M.2 SSD

Pada motherboard laptop/PC atau desktop PC keluaran terbaru nampaknya hanya memiliki 1 jenis soket M.2 saja, yaitu soket M.2 notch M-key saja, (bisa 1 atau 2 buah atau lebih). Kenapa..?
Karena soket M.2 notch M-key sudah mendukung M.2 SATA SSD dan M.2 NVMe SSD sesuai dengan ketentuan spesifikasi M.2 di atas. Tinggal lagi apakah motherboard nya hanya support M.2 NVMe SSD saja, atau support kedua-duanya (M.2 NVMe SSD + M.2 SATA SSD).
Mungkin saja kita akan menemukan soket M.2 dengan Notch B-key. Dan ini berarti bisa dipastikan motherboard tersebut support M.2 SATA SSD.

Yang kadang membuat konsumen bingung adalah keberadan soket M.2 notch M-key. Karena ada juga motherboard dengan soket M.2 notch M-key, hanya support M.2 NVMe SSD saja dan tidak support M.2 SSD jenis SATA. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli SSD jenis M.2, pastikan apakah motherboard nya support M.2 SATA SSD atau M.2 NVMe SSD atau keduanya.