Cara menggunakan Zoom pada handphone dan laptop bagi pemula - de-Tekno

Cara menggunakan Zoom pada handphone dan laptop bagi pemula

Sebelum menggunakan Zoom kita harus tentukan dulu posisi diri kita. Jika kita berinisiatif mengadakan pertemuan atau meeting, maka posisi kita sebagai Host atau Moderator. Sebagai moderator ia memiliki kekuasaan penuh terhadap meeting atau pertemuan tersebut.

Seorang guru atau mentor yang ingin mengadakan kelas online, atau seorang atasan yang ingin mengadakan meeting dengan karyawannya, maka posisi kita sebagai Host. Sebagai Host wajib mengirimkan “undangan” ke Participant, atau peserta meeting sehingga kelas online atau meeting  dapat dihadiri siswa atau karyawan. Undangan tersebut berisi Link website, Meeting ID dan Password.

Jika anda seorang siswa atau karyawan yang menerima undangan menghadiri acara kelas atau meeting, maka posisi kita sebagai Participant atau peserta. Yang perlu dilakukan sebagai peserta hanya menghadiri undangan meeting tersebut.

Jadi ada dua posisi yang berbeda dalam menggunakan Zoom. Sebagai Host meeting atau moderator dan sebagai Participant atau peserta meeting. Berikut cara menggunakan Zoom di handphone atau di laptop baik sebagai Host atau sebagai Participant atau peserta.

A.Cara menggunakan Zoom di handphone

1. Sebagai Host

Buka aplikasi Zoom atau jika belum ada, silahkan di download dulu di Playstore untuk Android atau Appstore untuk iPhone. Sebagai Host kita harus membuat akun atau mendaftar diri dulu untuk menggunakan Zoom. Jika sudah punya akun Google, langsung saja Sign-in. Jadi tidak perlu Sign-Up (daftar) lagi. Secara otomatis, anda sudah terdaftar dengan akun Google anda.

  • Klik Sign-In with Google.
  • Jika anda memiliki akun Google lebih dari satu, maka anda akan diminta memilih akun Google mana yang akan digunakan untuk menggunakan Zoom.
    Jika sudah, akan muncul untuk kembali membuka (launch) aplikasi Zoom. Klik saja launch seperti gambar berikut.
  • Untuk membuat meeting baru, klik New Meeting, kemudian klik Start Meeting. Saat ini kita sudah siap untuk melakukan meeting. Tinggal mengundang peserta meeting.
  • Klik Participants dimenu bagian bawah untuk mengundang peserta meeting. Kemudian klik Invite (pojok bawah kiri).
  • Lalu muncul cara untuk mengirimkan undangan. Ada banyak pilihan yang disediakan Zoom untuk mengirim undangan meeting.

Namun agar kita juga tahu apa isi undangannya, sebelum terkirim, untuk saat ini kita pakai Gmail saja. Hasilnya terlihat seperti gambar berikut dimana terdapat Link website, Meeting Id dan Password.

Jika kita sudah tahu isi undangannya, kita tinggal copy lalu kirim menggunakan WA saja. Karena sekarang orang lebih sering buka WA daripada email. Caranya, copy isi email di atas, paste kan di WA, kemudian kirim ke peserta yang akan diundang.

Jika ada peserta yang akan bergabung, klik Admit (di sebelah kanan peserta yang baru bergabung, agar peserta tersebut langsung bisa join ke dalam meeting.
Selesai, kita sudah siap melakukan meeting dengan menggunakan Zoom Cloud Meeting di handphone.
Untuk mengakhiri meeting, klik End di pojok kanan atas. Jika “End” tidak nampak dilayar, ketuk layar untuk memunculkan menu Zoom termasuk tombol “END”.

Lihat juga:
Menggunakan HP lawas sebagai webcam Zoom di laptop/PC
Cara mengaktifkan dan menggunakan Virtual Background pada Zoom

2. Sebagai Participant atau peserta undangan.
Jika posisi kita sebagai peserta meeting yang mendapat undangan meeting, caranya sangat sederhana, kita tidak perlu punya akun Zoom. Cukup buka aplikasi Zoom Cloud Meeting di hp. Jika belum punya download dari Playstore untuk Android, dan Appstore untuk iPhone.

  • Klik Join a Meeting
  • Masukkan Meeting ID dan kemudian Password yang didapatkan dari pihak yang mengundang meeting, Host. Kemudian Klik Join Meeting.
  • Untuk setting video dan microphone biarkan saja dulu apa adanya.

Tunggu sebentar sampai Host mengijinkan (admit) kita berkabung.
Selesai kita sudah ikut meeting.
Oh ya jangan lupa, kita harus ikut meeting disesuaikan dengan jadwalnya. Jika anda datang ke meeting, sebelum jadwal yang ditentukan olah Host (moderator), maka anda akan disuruh menunggu sampai Host atau moderator memulai meeting tersebut.

B. Cara menggunakan Zoom di laptop.

1. Sebagai Host.
Tidak berbeda jauh jika anda menggunakan Laptop untuk menggunakan Zoom Cloud Meeting.

  • Download kemudian install Zoom di laptop. Klik https://zoom.us/download untuk mendownload Zoom.
  • Buka aplikasi Zoom yang baru saja di install.
  • Klik Sign-in.
    Pilih Sign-in with Google saja agar tidak repot.
  • Pilih akun Google yang ingin digunakan.
  • Klik Open Zoom Meeting atau Launch Zoom untuk membuka aplikasi Zoom.
  • Klik New Meeting untuk membuat meeting sekarang.
  • Klik Participant, kemudian di pojok kiri bawah klik Invite untuk mengundang peserta meeting.
    Dibagian ini anda disuruh memilih cara untuk mengirim undangan meeting. Bisa dengan menggunakan email atau WA jika dilaptop sudah ada WA nya. Lakukan seperti cara di bagian pertama (A) untuk mengundang peserta meeting.
    Jika di laptop sudah ada WA nya, kita bisa langsung kirimkan undangan menggunakan WA.
  • Jika ada peserta yang akan bergabung, klik Admit (di sebelah kanan peserta yang baru bergabung, agar peserta tersebut langsung bisa join ke dalam meeting.
  • Selesai, kita tinggal menunggu kehadiran peserta meeting.
  • Jika ingin menakhiri meeting, klik End di pojok kanan bawah, lalu klik End Meeting for All.

2. Sebagai Participant atau peserta undangan

  • Download dan kemudian install dulu Zoom di laptop. Setelah selesai buka aplikasi Zoom.
  • Klik Join a Meeting
  • Masukkan Meeting ID lalu klik Join.
  • Isi nama anda di bawahnya, sebagai identitas yang bisa dikenal Host.  Karena sebagai participant / tamu undangan anda tidak perlu Sign-in ke Zoom.
    – Jika meeting ini terjadwal rutin, bisa di centang bagian “Remember My Name for future meetings” agar pada meeting berikutnya tidak perlu mengisi nama lagi.
  • Masukkan password yang didapatkan dari pihak yang mengundang meeting seperti gambar berikut. Lalu klik Join Meeting.

Undangan ini bisa dikirim melalui email atau WA oleh Host yang mengundang kita.

Akan ada permintaan untuk menggunakan camera dan audio laptop, ikuti saja atau klik yes.
Tunggu sebentar sampai Host mengijinkan (admit) kita berkabung.
Selesai kita sudah ikut meeting.
Selesai kita sudah bisa hadir di meeting dengan menggunakan Zoom di laptop.

Sebagai participant atau peserta meeting, kita tidak punya wewenang untuk mengakhiri meeting. Pilihan hanya dua, menunggu meeting sampai berakhir, atau kita bisa minta ijin untuk meninggalkan meeting sementara meeting akan tetap berlangsung. Untuk meninggalkan meeting tinggal klik Leave Meeting.

Sebenarnya banyak fitur di sini yang bisa digunakan agar meeting terasa lebih hidup…Karena tulisan ini bersifat tutorial praktis agar pembaca bisa langsung segera menggunakan Zoom bagi yang belum pernah menggunakan Zoom. Selengkapnya fitur pengguanaan Zoom ini kita bahas di tulisan berikutnya saja.

Selain itu perlu diketahui juga oleh pengguna aplikasi Zoom, bahwa penggunaan Zoom gratis hanya durasi 40 menit saja. Jika sudah sampai 40 menit meeting berlangsung maka meeting akan terputus. Untuk melanjutkan meeting lagi, Host harus membuat meeting baru dan mengirimkan undangannya lagi. Jika meetingnya tidak ingin terganggu karena terputus setelah 40 menit, ya harus membeli paket yang disediakan oleh pihak Zoom.