Beda antara Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro

Kalau melihat di situs resmi Xiaomi Indonesia, kita tidak melihat nama Xiaomi Redmi Note 5 Pro di daftar handphone yang dirilis di Indonesia. Kita hanya akan menemukan Xiaomi Redmi Note 5 saja. Ya karena memang penggunaan nama Xiaomi Redmi Note 5 Pro hanya dikhususkan untuk India.

Dari info salah satu pegawai distributor resmi Xiaomi di wilayah kami, juga mengatakan hal serupa.”Kalo di Indonesia namanya Xiaomi Redmi Note 5, tapi kalo di India namanya Xiaomi Redmi Note 5 Pro, Oom. Spec-nyapun sama, lebih kurang lah”.

Redmi Note 5 vs Redmi Note 5 Pro

Anehnya beberapa waktu lalu, beberapa reviewer pun sudah pamer produk Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini. Secara fisik kotak berbeda, jelas tertulis “Xiaomi Redmi Note 5 Pro” dan warnanya putih, sedangkan Xiaomi Redmi Note 5 kotaknya warna orange atau merah. Mungkin saja sudah ada importir yang mendatangkan produk tersebut sehingga sudah ada yang nge-review.
Sayangnya tukang review gak jelaskan apakah produk ini akan dirilis di Indonesia atau tidak.

Yang unik kalo melihat beberapa penjual hp online untuk varian ini, judulnya tertera jelas “Xiaomi Redmi Note 5 Pro” tapi barang yang dikirim, di kotak luarnya hanya tertulis “Note 5” saja tanpa tulisan “Pro”. Nampaknya pembelinya gak protes, tetep kasih bintang 5. Ya mungkin saja sang pembeli sudah paham sehingga tidak komplain. Tapi seharusnyalah barang yang dikirim sama dengan judul barang yang dijual agar tidak membingungkan. Toh antara keduanya tetap saja ada perbedaannya, gak sama persis.

Walaupun dikatakan sama, antara Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro tetap ada perbedaannya. Berikut beberapa perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Xiaomi Redmi Note 5.

 Xiaomi Redmi Note 5 (Indonesia)Xiaomi Redmi Note 5 Pro (India)
Warna KotakOrange / Merah "Note 5"Putih "Note 5 Pro"
Camera belakang12MP F/1.912MP F/2.2
Camera depan13MP with A.I20MP
MIUIMIUI 9.5 / Android 8.1 OreoMIUI 9 / Android 7.1.1 Nougat
Memory3/32GB dan 4/64GB4/64GB dan 6/64GB

Kemudian menurut situs gsmarena.com, nama “Xiaomi Redmi Note 5” versi Indonesia juga sama seperti versi China, tidak ada “Pro”. Specnyapun sama persis seperti versi Indonesia. Sedangkan nama “Xiaomi Redmi Note 5” versi India, sama dengan nama “Redmi 5 Plus” versi Indonesia.
Ringkasnya:

Versi IndiaVersi Indonesia
Redmi Note 5Redmi 5 Plus
Redmi Note 5 ProRedmi Note 5
Redmi Y1Redmi Note 5A Prime
Redmi Y1 LiteRedmi Note 5A

(Hehe..bingung ya. Ya sudah mengacu saja pada situs resminya di Indonesia)


Lihat juga:
– Asus Zenfone Max Pro (M1), sang jagoan makan mi
– Setup DLNA pada Xiaomi Redmi Note
– Menyembunyikan dan mengembalikan file yang tersembunyi pada Redmi Note 4
– One-handed mode: Mode Satu tangan pada Redmi Note 4
– Setup DLNA pada Xiaomi Redmi Note
– Membedakan varian Xiaomi Redmi 5, 5A, 5Plus dan Redmi Note 5, Note 5A, Note 5A Prime