Maksud dan fungsi dual camera pada handphone

Yang dimaksud dengan Dual Camera adalah terdapat dua fisik camera pada bagian belakang handphone. Dual camera bukan berarti terdapat camera satu di belakang satu di depan. Di bagian belakang handphone betul-betul terdapat dua camera secara fisik. Jumlah total camera yang terdapat pada hp dual camera adalah 3 camera bahkan lebih. Dua di belakang, satu di depan. Jadi istilah hp dual camera berarti hp tersebut memiliki camera ganda di belakangnya.

HP dual camera mulai banyak beredar di pasaran saat ini. Tujuannya jelas untuk semakin meningkatkan kualitas gambar atau video. Namun apa fungsi atau kegunaan dari dual camera ini? Masing-masing produsen memiliki trik nya sendiri-sendiri. Secara umum, camera utama berfungsi seperti camera pada umumnya. Sedangkan camera ke dua berfungsi menangkap elemen objek yang tidak bisa ditangkap oleh camera utama. Biasanya masalah ke dalaman objek gambar (depth of field). Kemudian hasil dari dua camera ini dipadukan oleh aplikasi camera dan akan menghasilkan gambar yang lebih realistik.

Berikut beberapa fungsi dari dual camera

Efek 3D
Manusia dikarunia dua mata. Jika dilihat dengan mata kanan, letak suatu benda akan berubah posisinya jika dibandingkan dengan mata kiri. Kemudian hasil penglihatan ke dua mata di terjemahkan oleh otak sehingga kita bisa memperkirakan mana benda yang lebih dekat dan mana yang lebih jauh dari kita. Ini yang dimaksud dengan kedalaman gambar. Coba test dengan melihat sebuah benda dengan menutup salah satu mata kita secara bergantian antara kiri dan kanan. Hasilnya posisi benda tersebut akan berubah dan kita sulit memperkirakan mana yang dekat mana yang jauh. Dual camera meniru fungsi mata ini. Persfektif antara ke dua camera berbeda sehingga akan menghasilkan gambar yang lebih mendekati efek 3D.

Efek Bokeh
Efek Bokeh maksudnya, objek yang bukan sebagai fokus akan di kaburkan. Yang dikaburkan biasanya terletak dibelakang dan di sekitar objek utama. Sedangkan objek yang menjadi fokus akan semakin diperjelas.

Meningkatkan detail gambar
Camera kedua tidak menangkap warna objek, tapi lebih ditujukan menangkap detailnya saja. Akan menghasilkan gambar hitam putih dengan detail lebih baik. Detail gambar ini dipadukan dengan hasil gambar dari camera utama. Hasilnya, gambar dengan detail yang lebih baik.

Objek dengan pencahayaan kurang
Sering kita menghadapi situasi seperti ini. Hari mulai agak gelap dan objek tidak terlihat jelas. Di situasi seperti ini camera ke dua berperan penting. Memperjelas detail objek dan menambah pencahayaan. Hasilnya, gambar akan tetap terlihat cerah dan akan lebih lebih baik daripada hanya menggunakan satu camera.

Sudut pengambilan gambar lebih lebar (Wide Angle)
Dengan adanya camera ke dua, sudut pengambilan gambar menjadi lebih lebar. Ini sangat bermanfaat untuk mengambil gambar pemandangan sehingga objek gambar tertangkap lebih lebar.

Augmented Reality (AR)
Handphone dual camera dengan fungsi augmented reality pastinya lebih komplex. Tidak hanya untuk menghasilkan gambar yang bagus, tetapi lebih ditujukan untuk memenuhi standar projek Daydream Google. Karena semakin banyak orang menggunakan hp untuk bermain Virtual Reality (VR).

Jika anda sudah memiliki handphone dual camera, silahkan explore fungsi-fungsi di atas. Tentunya tidak semua fungsi di atas terdapat pada dual camera anda. Karena tujuan penggunaan dual camera tergantung dari masing-masing merek handphone. Salah satu cara untuk mengetesnya yaitu dengan mengambil gambar dengan menutup salah satu cameranya dengan jari secara bergantian. Adakah camera yang menghasilkan gambar hitam putih? Apakah posisi objek terasa berbeda?


– Maksud dan fungsi HDR pada camera smartphone
– Asus Zenfone Max Pro (M1), sang jagoan makan mi
– Settings Anti Flicker (anti kedip) pada camera android