Cara non aktifkan layar login Windows 10

Cara non aktifkan layar login Windows 10

By default, pengguna Windows 10 diharuskan mengisi password pada layar login sebelum masuk ke akunnya setiap kali komputer di restart atau booting. Hal ini tentunya baik demi keamanan kita agar tidak sembarangan orang dapat menggunakan komputer tersebut apalagi jika komputer tersebut ada di perkantoran dan dipakai bersama.

Namun terkadang kita merasa repot harus terus mengisikan password setiap kali habis restart apalagi jika kita selalu ada di depan komputer atau laptop di rumah dan kita yakin aman-aman saja, tidak ada yang akan mengakses komputer kita secara fisik (duduk depan komputer). Dan untuk  by pass atau non aktifkan layar login, fitur ini disediakan oleh Windows 10.

Caranya, pertama kita masuk dulu ke akun Windows 10 seperti biasa.

1. Klik Start atau tekan tombol Windows di keyboard, lalu ketikkan netplwiz. Command netplwiz akan muncul di hasil pencarian di Start Menu Search. Klik hasil pencarian netplwiz tersebut atau tekan enter dari keyboard seperti gambar berikut.

By pass login screen Windows 10 - netplwiz

2. Muncul jendela “User Accounts” yang memuat semua akun pengguna komputer tersebut (jika ada pengguna lain). Klik akun anda kemudia hilangkan tanda centang pada kotak “Users must enter a user name and password to use this computer.”

By pass login screen Windows 10 - use accounts

3. Klik Apply, diikuti munculnya jendela “Automatically sign in” agar anda mengisikan password sesuai dengan akun anda. Ini untuk melindungi akun anda dari pengguna lain agar tidak dapat mengubah settings pada akun yang bukan akun miliknya.

By pass login screen Windows 10 - Auto sign in

4. Terakhir klik OK untuk menutup jendela “User Accounts”.

Coba test dengan melakukan restart atau reboot komputer anda setelah menyimpan semua pekerjaan yang sedang anda lakukan. Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, Windows 10 tidak akan menampilkan layar login lagi dan akan langsung masuk ke akun anda.

Lihat juga youtube tips & tricks Windows 10:
Proyeksikan (Mirror) layar laptop ke TV via wifi 
Cara by pass Notifikasi saat colok headset ke laptop

Terkait dengan hal ini, by pass layar login pada windows 10, tingkat keamanan komputer atau laptop anda jadi berkurang. Namun seperti disebutkan di atas, jika laptop atau komputer anda tidak pernah disentuh oleh pihak lain dan hanya digunakan dirumah saja, by pass layar login cocok buat anda. Karena langkah-langkah di atas hanya berfungsi bagi yang bisa mengakses komputer tersebut secara fisik. Jika anda atau siapapun yang mengakses komputer tersebut dari jauh (remotely), tetap akan diminta memasukkan user name dan password.

Sekalipun sekarang komputer anda layar login nya sudah di by pass, ada baiknya anda juga membuat folder atau drive khusus yang diberi password untuk menyimpan data-data yang sifatnya rahasia atau sensitif. Dengan menggunakan tool enkripsi yang disediakan Windows 10 atau dari pihak lain.


Lihat juga:
Manfaatkan Smart TV sebagai monitor kedua laptop/PC
Screenshot laptop: layar penuh, sebagian layar, cara cepat & klasik
Cara mudah mengirim file sesama Windows 10 (Nearby Sharing)
Trik menggunakan touchpad laptop agar tak tergantung mouse
– Cara sembunyikan “Test Mode Windows 10” pada halaman depan Windows 10
– Mengatasi problem Wi-Fi pada Windows 10
– Tampilkan layar laptop windows 8.1 dan 10 ke Smart TV dengan Miracast
– Perbedaan antara Windows 10 dengan Windows 8 dan Windows 7

error: Content is protected !!