Setup DLNA pada Xiaomi Redmi Note

Smartphone Xiaomi Redmi Note 4 (dan produk Redmi lainnya) tidak DLNA Certified, artinya secara native Redmi Note tidak memiliki fitur DLNA (Digital Living Network Alliance). Tanpa bantuan aplikasi dari pihak ketiga, smartphone Redmi Note 4 tidak bisa sharing file video, audio, photo ke perangkat lain seperti smartphone lain, tablet atau Smart TV. Fitur yang dimiliki smartphone Redmi adalah Wireless Display. Ini adalah fitur Miracast (Screen mirroring), bukan DLNA. Untuk mengetahui apa beda Miracast dan DLNA silahkan lihat pada Apa itu Miracast, bedanya dengan DLNA, Wi-Fi Direct, Intel® WiDi, AirPlay dan Chromecast

Jadi untuk setup DLNA pada smartphone yang tidak memiliki fitur DLNA seperti Redmi Note 4, harus menggunakan aplikasi dari pihak ke tiga yang didownload dari playstore.
Jika anda belum mengetahui apa itu DLNA, silahkan lihat pada Membangun jaringan DLNA di rumah

Tulisan ini berfokus pada bagaimana cara setup smartphone Redmi Note agar bisa berbagi media file (video, audio, foto) dengan perangkat lain, seperti laptop, smart TV atau tablet/smartphone lain dalam jaringan DLNA. Dalam hal ini Redmi Note berkedudukan sebagai penyedia file atau dikenal sebagai DMS (Digital Media Server) dalam jaringan DLNA. Istilah ‘berbagi’ (sharing) yang dimaksud bukan berarti memindahkan atau meng-copy kan file ke perangkat lain tapi mengijinkan perangkat lain untuk mengkases media yang tersimpan di smartphone Redmi Note sehingga pengguna smartphone/tablet lain atau smart TV dapat juga menikmati media yang tersimpan di Redmi Note tanpa harus meng copy file tersebut. Jadi kedudukan Redmi Note bersifat pasif.

Selain sebagai penyedia media, Redmi Note sekaligus juga dapat mengakses dan memainkan media yang disediakan oleh perangkat lain seperti dari laptop, tablet/smartphone lainnya. Dalam hal ini Redmi Note berkedudukan sebagai DMP (Digital Media Player). Selain DMS dan DMP, ada lagi komponen dalam jaringan DLNA, yaitu DMC (Digital Media Controller) dan DMR (Digital Media Renderer). Namun yang paling sering dipakai adalah DMS dan DMP saja. Jadi di sini kita akan menjadikan Redmi Note sebagai DMS dan DMP dalam jaringan DLNA.

Dalam jaringan DLNA yang terpenting adalah adanya Akses Point (titik akses) tempat di mana semua perangkat “berkumpul” dan saling berkomunikasi. Dan umumnya yang digunakan adalah wifi router/modem. Jika tidak memiliki wifi router bisa dengan cara mengaktifkan fungsi hotspot pada salah satu perangkatnya. Dan perangkat yang lain harus terkoneksi dengan wifi hotspot ini. Silahkan lihat pada Menggunakan DLNA tanpa W-Fi router/modem.
Selain itu, dalam jaringan DLNA yang di share adalah tiga jenis file saja, yaitu video, audio dan foto. Ketiga jenis file ini diistilahkan dengan media saja.

Setup Redmi Note sebagai DMS (Digital Media Server). Namun sebelumnya hubungkan dulu ke wifi router atau hotspot.
1. Download aplikasi DLNA dari play store. Dalam contoh ini kami menggunakan iMediaShare karena sederhana dan mudah dimengerti. Setelah proses instalasi selesai, aktifkan.
2. Pilih jenis file yang akan dishare, video, audio atau foto.

SIlahkan aktifkan perangkat yang berfungsi sebagai player (DMP), misalnya Smart TV.
– Pilih Home screen
– Pilih Input. Terlihat pilihan iMediashare yang berasal dari Redmi Note.
– Klik iMediashare dan pilih file yang akan dimainkan di smart TV.

Setup Redmi Note sebagai DMP (Digital media player).
Ini berarti kita ingin agar smartphone Redmi Note 4 dapat mengkases media yang di share dari perangkat lain, seperti laptop atau smartphone/tablet lainnya.

Sebelumnya, aktifkan dahulu fungsi DMS pada perangkat lain.
1. Jika menggunakan laptop ikuti caranya di sini
2. Jika menggunakan smartphone atau tablet lakukan seperti langkah di atas jika tidak memiliki fitur DLNA.

Dari smarphone Redmi:
1. Buka kembali aplikasi iMediashare.
2. Pilih Media server.
3. Akan muncul pilihan input dari perangkat lain yang berfungsi sebaga DMS.
4. Pilih media yang akan dilihat atau dimainkan.
5. Pilih aplikasi yang akan memainkan media tersebut. Video player, Gallery atau Foto.

Bisa juga anda menggunakan aplikasi lain seperti VLC (download dari play store) untuk melengkapi fungsi smartphone sebagai Media player. Jika menggunakan VLC:
1. Aktifkan VLC
2. Pilih Menu, pojok kiri atas
3. Klik Local network. Akan muncul pilihan input dari perangkat DMS.
4. Pilih media yang akan dimainkan dari perangkat tersebut.

Semoga bermanfaat.