Menggunakan DLNA tanpa wi-fi router

Salah satu syarat penting dalam jaringan DLNA adalah wi-fi router yang berfungsi sebagai titik akses bagi perangkat – perangkat yang terkoneksi dalam jaringan DLNA. Namun jika tidak ada wi-fi router, kita tetap bisa membangun jaringan DLNA dengan cara membuat hotspot sendiri.

Di sini tujuannya adalah kita membuat wifi hotspot sendiri sebagai titik akses bagi perangkat-perangkat dalam jaringan DLNA. Hotspot ini tidak membutuhkan konesi ke jaringan internet karena memang DLNA tidak membutuhkan koneksi internet. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah titik akses tempat semua perangkat yang ingin saling berbagi media (video, audio, foto) dapat saling berkomunikasi.

Fitur hotspot ini bukanlah fitur baru pada perangkat-perangkat pintar. Bisa dipastikan semua smartphone, tablet dan smart TV memiliki fitur hotspot ini. Istilahnya saja yang berbeda tergantung mereknya. Seperti Pesonal Hotspot, Wi-Fi Hotspot, Wi-Fi Tethering, Soft AP (Acces Point) pada smart TV LG dan Samsung. Intinya sama, menjadikan perangkat tersebut sebagai Access Point (titik akses) bagi perangkat lain.

Namun yang perlu diperhatikan, hanya perangkat yang berkedudukan sebagai player (DMP) saja yang diaktifkan fungsi hotspotnya, sedangkan perangkat yang berkedudukan sebagai server (sumber media) tidak perlu mengaktifkan fitur hotspot. Wi-Fi nya dikoneksikan ke hotspot yang berasal dari perangkat yang berkedudukan sebagai DMP.

1. Mengatifkan hotspot pada Smart TV.
Fitur hotspot pada Smart TV istilahnya juga berbeda-beda tergantung mereknya. Untuk Smart TV LG dan Samsung fitur hotspot diistilahkan dengan Soft AP (Acces Point). Silahkan masuk ke bagian Setting > Network > Hotspot, aktifkan. Sebagai contoh silahkan lihat pada Memanfaatkan fitur Soft AP pada Smart TV.

Soft AP

2. Mengaktifkan hotspot pada smartphone/tablet.
Silahkan masuk ke Settings > Personal Hotspot atau Tethering > Wi-fi Tethering. Masing-masing merek letaknya berbeda-beda. Selengkapnya mengenai Wi-Fi Tethering silahkan lihat di sini.

3. Mengaktifkan hotspot pada laptop/PC.
Untuk mengaktifkan fungsi hotspot pada Laptop/PC agak rumit, kita bahas lain waktu.

Jika fitur hotspot pada perangkat yang berkedudukan sebagai player (DMP) sudah diaktifkan, koneksikan wi-fi dari perangkat yang berkedudukan sebagai server (DMS) ke hotspot dari player (DMP) tadi.
Sampai batas ini, jaringan DLNA sudah terbentuk. Kita sudah bisa menggunakannya untuk berbagi video, audio atau foto.

Sebagai contoh kasus misalkan kita ingin nonton film di tablet. Film tersebut tersimpan di smartphone. Kita tidak perlu mentransfer video tersebut ke tablet. Dan kita juga tidak punya wi-fi router/modem. Caranya, aktifkan fungsi wi-fi thetering di tablet. Kemudian koneksikan wi-fi smartphone ke hotspot tablet. Aktifkan fitur DMS pada smartphone. Dari tablet buka video player, misalkan VLC player. Buka menu VLC player, pilih Local Network. Nama smartphone muncul sebagai server. Klik server smartphone kita, plih video yang akan di putar. Selesai.

Sebagai tambahan, jika anda memiliki smartphone atau tablet yang tidak terpakai, bisa digunakan sebagai Acces Point. Aktifkan fungsi Wifi Tethering nya, lalu koneksikan semua perangkat ke wifi hotspot dari barang bekas ini. Jadi barang bekas ini kita fungsikan seperti wi-fi router/modem sederhana. Jika perlu isikan paket data internet juga sehingga semua anggota keluarga dapat juga terhubung ke internet.

Kesimpulan
– DLNA sering dianggap sebagai streaming media lokal. Kita dapat mengakses, memainkan atau melihat media (video, audio, foto) dari perangkat lain tanpa harus meng-copy atau memindahkan file tersebut ke perangkat kita. Setelah dimainkan, tidak ada file yang tersimpan di perangkat kita. Persis seperti streaming pada internet.
Namun jika ingin meng-copy atau memindahkan media (video, audio, foto) atau bahkan file jenis lain ke perangkat kita secara wireless, kita menggunakan aplikasi yang lain seperti Share Link. Share Link bekerja seperti pada artikel ini, mengubah fungsi wi-fi menjadi hotspot secara otomatis pada perangkat penerima file. Dan setelah transfer file selesai, fungsi wi-fi akan kembali seperti semula. Mengenai ShareLink selengkapnya lihat di ShareLink: Aplikasi transfer file antara komputer dan perangkat android dengan atau tanpa wi-fi.