TrackR, alat bantu mencari benda hilang menggunakan android atau iOS

TrackR adalah sebuah alat yang dilekatkan atau digantung pada sebuah benda sehingga kita dapat mendeteksi keberadaan benda tersebut dengan menggunakan smartphone atau tablet android atau iOs. TrackR bisa dimasukkan dalam dompet atau digantung pada tas atau kunci kendaraan mobil / motor atau binatang kesayangan yang kita tidak ingin benda, kendaraan atau binatang kesayangan tersebut hilang.

Pilihan warna TrackR bravo

Cara kerja TrackR.
TrackR bekerja berpasangan dengan aplikasi TrackR yang bisa di download gratis di Playstore untuk Android dan di Apps store untuk iOS. Alat ini menggunakan Bluetooth Low Energy (BLE) untuk berkomunikasi dengan aplikasi TrackR yang diinstall di handphone android atau iOS. Dan Apikasi TrackR akan selalu terupdate menunjukkan lokasi TrackR yang berpasangan dengannya.

TrackR Breavo dan aplikasi TrackR

Jika TrackR berada di luar jangkauan sinyal bluetooth (100 ft – 180 ft [~30,5 meter] tergantung model yang digunakan), aplikasi TrackR akan menunjukkan lokasi terakhir saat TrackR masih terdeteksi. Jika TrackR tetap belum dapat ditemukan, kita akan tetap dapat melacak keberadaan TrackR milik kita dengan bantuan Crowd Locate.

Alat TrackR ini bekerja dengan daya dari battery koin CR2016 atau CR1620 (tergantung jesni TrackR) yang dapat bertahan selama satu tahun. Baterry ini sangat mudah menggantinya dan banyak dijual di pasaran.

TrackR battery Type

Mengganti battery TrackR

Crowd Locate.
Crowd Locate adalah teknik pencarian secara gotong royong yang terdapat pada aplikasi TrackR. Teknologi ini bekerja ketika mendeteksi sinyal identitas yang unik, yang dipancarkan oleh TrackR yang hilang melalui gelombang Bluetooth Low Energy. Teknik ini bekerja secara diam-diam tanpa diketahui pengguna TrackR. Jika seorang pengguna TrackR berada dalam jangkauan buetooth TrackR yang hilang, aplikasi TrackR akan memberi tahu ke server TrackR, kemudian mengirimkan data lokasi TrackR yang hilang ke pemilik asalnya. Namun ini tergantung dari banyaknya pengguna TrackR di lokasi tersebut.

Untuk melihat seberapa banyak pengguna TrackR di lokasi anda silahkan lihat di sini, thetrackr.com, (geser layar ke bagian tengah). Masukkan nama tempat atau provinsi di kotak yang tesedia. Misalkan Jakarta, Indonesia. Peta akan melakukan scan untuk melihat seberapa banyak pengguna TrackR di wilayah tersebut. Titik-titik hijau menunjukkan pengguna TrackR. Semakin banyak pengguna TrakR, maka akan semakin mudah menemukan barang yang hilang diuar jangkauan bluetooth pemiliknya.

Misalkan kita kehilangan mobil atau motor yang telah dilengkapi dengan TrackR. Jika motor atau mobil di sembunyikan di hutan, kemungkian besar TrackR nya sulit dilacak. Namun jika disembunyikan di sebuah tempat di kota besar yang sudah banyak yang menggunakan TrackR, maka kemungkinan menemukannya jadi lebih mudah.

Berikut screenshot contoh pengguna TrackR di Jakarta dan Singapore hingga 13 April 2017 .

Singapore TrackR User

Singapore’s TrackR Users

Pengguna TrackR di Jakarta

Pengguna TrackR di Jakarta

Persyaratan.
Untuk menggunakan TrackR persyaratannya yaitu: Memiliki TrackR dan Smartphone atau tablet Android versi 4.4 Kitkat ke atas atau iOS 8 ke atas untuk menjalankan aplikasi TrackR secara tersembunyi.

Beberapa model Track R.

1. TrackR sticker

TrackR Sticker

  • Diameter: 25mm
  • Ketebalan: 5mm
  • Jenis Battery: CR2016
  • Daya tahan battery max: 1 tahun
  • Versi Bluetooth: 4.0
  • Jangkauan bluetooth: Hingga 100ft (~30,5 meter)

2. TrackR bravo

TrackR Bravo

  • Diameter: 31 mm
  • Ketebalan: 3,5 mm
  • Jenis Battery: CR1620
  • Daya tahan battery max: 1 tahun
  • Versi Bluetooth: 4.0
  • Jangkauan bluetooth: Hingga 100ft (~30,5 meter)

3. TrackR wallet

TrackR Wallet

  • Diameter: (65 x 40) mm
  • Ketebalan: 4 mm
  • Jenis Battery: CR2016 (2x)
  • Daya tahan battery max: 2 tahun
  • Versi Bluetooth: 4.0
  • Jangkauan bluetooth: Hingga 100ft (~30,5 meter)

Jika anda berminat membelinya silahkan ke toko onlinenya di sini, thetrackr.com. Harganya rata-rata $29.9 tergantung jenis TrackR. Untuk ke Indonesia atau wilayah Asia lainnya, harga ditambah $10 sebagai ongkos kirim. Sebelum anda membeli perhatikan persyaratannya dan mungkin promosi jika ada. Saat tulisan ini dibuat sedang ada promosi beli 3 gratis 2.


Catatan:
– Tulisan ini kami buat sekedar sebuah review saja. Kami, de-tekno.com sama sekali tidak ada hubungan dengan produk ini. de-tekno.com bukan sebagai agen, distributor atau bagian dari pemasaran TrackR.
– Jika anda merasa dirugikan dengan membeli produk ini, itu diluar tanggung jawab kami, de-tekno.com
– Materi dan foto yang ada dalam tulisan bersumber dari situr online TrackR, thetrackr.com dan beberapa situs lainnya.


Lihat juga:
– Cara melacak perangkat android yang hilang dengan Android Device Manager
– Melacak perangkat android dengan mesin pencari Google
– Apa beda laptop, notebook, netbook, ultrabook, chromebook dan macbook
– Apa itu SSD (Solid State Drive), apa bedanya dengan Hardisk (HDD)?
– Apa itu 4G LTE