Fitur dan spec Samsung Galaxy S8 dan S8+ 2017

Fitur dan spec Samsung Galaxy S8 dan S8+ 2017

Akhirnya Samsung secara resmi mengungkap identitas produk smartphone andalannya ke publik, Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Seperti diketahui produk seri Galaxy S merupakan kebanggaan/ andalan (Flagship) dari beberapa seri smartphone Samsung. Karena di seri Galaxy S disematkan semua fitur dan teknologi terbaik yang ada pada saat itu. Wajar kalau kehadiran seri Galaxy S ini menjadi acuan sebagai handphone tercanggih.

Di tahun 2017 ini Galaxy S hadir dalam dua variant, Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Masing masing dengan ukuran layar, 5,8 inchi dan 6,2 inchi. Kehadiran Galaxy S8 dan S8 Plus tahun ini seperti memikul beban berat. Satu sisi Galaxy S8 harus mampu kembali menata pasar akibat ulah sepupunya sendiri Galaxy Note 7 yang terbakar tahun lalu. Namun di sisi lain, Galaxy Note 7 yang telah sembuh dari opname, kabarnya juga akan turun ke pasar di bulan April ini dengan status Refurbished!

Apalagi di tahun ini juga akan turun ke pasar rival bebuyutannya, iPhone 8 (produk andalan Apple) yang menurut rumor juga memiliki desain yang mumpuni dan disertai fitur terbaik nya.

Berikut desain dan beberapa fitur terbaik Samsung Galaxy S8:

1. Tombol Navigasi.
Selama ini tombol Navigasi (Home, Back dan Recent) terlihat jelas di semua handphone Samsung. Namun pada Galaxy S8 kali ini tombol navigasi didesain tersembunyi dan akan mudah diakses di saat dibutuhkan. Ini tidak sama dengan tombol navigasi virtual yang selama ini terdapat pada beberapa handphone.

Samsung Galaxy S8 Navigation Buttons

2. Layar.
Walaupun ukuran fisik Galaxy S8 sama dengan pendahulunya Galaxy S7, namun pada Galaxy S8 terkesan lebih ramping atau tinggi. Ini dikarenakan ukuran layarnya memang lebih panjang dengan menempati ruang bekas tombol fisik Home. Umumnya rasio layar smartphone adalah 16:9, namun dengan bertambahnya tinggi layar, rasio layar Galaxy S8 menjadi agak ganjil, 18,5 : 9.

Samsung Galaxy S8 and S8+ screen display

Sepertinya Samsung belum tertarik menggunakan layar resolusi 4K, seperti pendahulunya masih menggunakan layar Super Amoled QHD. Namun kali ini Samsung memberikan pilihan resolusi layar FullHD (2220 x 1080)atau QHD (2960 x 1440). Pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan, misalkan ketika ingin battery tahan lebih lama karena dalam peralanan jauh misalnya, pengguna dapat memilih mode FullHD.

3. BixBy.
Apple punya Siri, Amazon punya Alexa, Microsoft punya Cortana. Dan kini Samsung punya Bixby yaitu semacam digital asisten dengan perintah suara pengguna. Seperti Siri dan Alexa, Bixby terintegrasi dengan aplikasi bawaan Samsung seperti telpon, sms, galery dan settings. Bixby bisa diperintahkan untk menelpon atau mengirim pesan ke sesorang atau mencari gambar di dalam galery. Namun Samsung juga mengintegrasikan bixby ke dalam Camera dan Samsung Pay (sistem pembayaran dari Samsung). Dan ini kelebihan Bixby dari rivalnya. Untuk memudahkan mengaktifkan Bixby, Galaxy S8 dilengkapi tombol fisik Bixby di samping nya seperti tombol power.

Contoh penggunaan Bixby pada camera. Misalkan pengguna naksir sepatu atau jam tangan kawannya. Dari pada repot-repot nanya beli di mana, berapa harganya mereknya apa, cukup foto saja barang tersebut dan bixby akan mencari tahu data tentang jam tangan atau sepatu tersebut. Dari data yang diberikan bixby, kita jadi tahu merek jamtangan atau sepetu kawan, tempat membelinya lengkap dengan harganya. Jika tertarik kita perintahkan bixbi untuk membelinya sekaligus pembayarannya dengan Samsung Pay.

Samsung Galaxy S8 Bixby

Kedepannya Bixby akan dapat diintegrasikan ke apikasi dari pihak ketiga. Samsung akan memberikan development tool (SDK) yang bisa digunakan para developer untuk mengintegrasikan Bixby ke dalam aplikasi yang dibuatnya.

4. Dex (Desktop Experience).
Dex berfungsi mengubah Galaxy S8 menjadi sebuah mini komputer dengan menghubungkan Dex ke layar yang lebih lebar seperti layar Desktop atau layar TV. Koneksi menggunakan dua cara, wireless atau dengan kabel USB. Dengan demikian pengguna dapat menjadikan Galaxy S8 sebagai sebuah Desktop komputer. Dex dijual terpisah.

Samsung Galaxy S8 Dex

5. Processor pertama dengan teknologi 10nm.
Galaxy S8 menggunakan processor Snapdragon 835 dari Qualcomm atau Exynos 8995 buatan Samsung sendiri. Jadi kelak ada Galaxy S8 yang menggunakan processor Snapdragon 835 dan ada yang mengunakan processor Exynos 8995. Kedua processor ini menggunakan teknologi 10nm pertama di dunia dengan kecepatan tertinggi namun konsumsi daya lebih rendah.

6. Iris Scanner dan Facial Recognition
Selain menggunakan password dan sensor sidik jari (fingerprint sensor), Galaxy S8 dilengkapi juga dengan Iris scanner (sensor iris mata) dan Facial recognotion (sensor pengenalan wajah). Sensor iris akan melakukan scan bola mata pengguna dan akan menciptakan code digital untuk mengaktifkan handphone.

Samsung Galaxy S8 Iris scanner

Sedangkan Facial recognition akan melakukan scan wajah pengguna yang kemudian tersimpan sebagai kode digital untuk mengaktifkan handphone atau keperluan lainnya.

7. Sistem Cas tanpa kabel
Seperti pendahulunya, Galaxy S8 juga menggunakan dua sistem pengecasan battery, dengan kabel seperti cas battery pada umumnya dan cas tanpa menggunakan kebel dengan munggunakan bantalan cas (Charging pad) yang dijual terpisah.

8. Kedap air
Satu lagi fitur dari Galaxy S8 adalah kedap air pada ke dalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Spesifikasi:

Dimensi :
Galaxy S8: 148.9 x 68.1 x 8.0 mm, 155 g
Galaxy S8 Plus: 159.5 x 73.4 x 8.1 mm, 173 g

Layar:
Galaxy S8: 5.8″ Quad HD+ Super AMOLED (2960×1440) 570 ppi
Galaxy S8 Plus: 6.2″ Quad HD+ Super AMOLED (2960×1440) 529 ppi

Camera:
Front:
8MP AF
F1.7 Aperture
Pixel size: 1.22µm
Sensor size: 1/3.6″
FOV: 80
Wide selfie

Rear:
Dual Pixel 12MP AF
OIS (Optical Image Stabilization)
F1.7 Aperture
Pixel size: 1.4µm
Sensor size: 1/2.55″
Max Zoom: 8x (digital)
4K video recording at 30 fps
1080p HD video recording at 30 fps or 60 fps
720p HD video recording at 30 fps
VDIS (Video Digital Image Stabilization)
Digital Zoom 8x

Processor:
Qualcomm’s Snapdragon 835
Samsung’s Exynos 8995
Octa-core (2.3GHz Quad + 1.7GHz Quad), 64 bit, 10nm processor
Octa-core (2.35GHz Quad + 1.9GHz Quad), 64 bit, 10nm processor

Memory:
4GB RAM (LPDDR4)
64GB (UFS 2.1)

Network & Konektivitas:
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz),VHT80 MU-MIMO,1024QAM
Bluetooth® v 5.0 (LE up to 2Mbps), ANT+, USB Type-C, NFC, Location (GPS, Galileo, Glonass, BeiDou)

OS : Android 7.0 Nougat

Koneksi ke TV :
Wireless: Smart View (Miracast 1080p at 30 fps)
Menggunakan Kable: supports DisplayPort over USB type-C.
Supports video out jika koneksi via HDMI Adapter. (DisplayPort 4K 60 fps)

Battery:
Galaxy S8 : 3000 mAH
Galaxy S8+ : 3500mAH

Sensor:
Iris Sensor
Pressure Sensor
Accelerometer
Barometer
Fingerprint Sensor
Gyro Sensor
Geomagnetic Sensor
Hall Sensor
HR Sensor
Proximity Sensor
RGB Light Sensor

Tombol:
On/Off key
Volume key
Bixby key


Lihat juga:
– Apa itu NFC dan bagaimana cara menggunakannya
– Fingerprint reader: Setup pembaca sidik jari pada HP Android
– Smart cover pada hp android; Tips dan solusi
– 4K UHD mulai hadir di smartphone
– Launcher dan cara mengganti launcher pada android
– Asus Zenfone Max Pro (M1), sang jagoan makan mi