Cara test kecepatan internet di laptop/PC dan android

Mengetest kecepatan internet yang dimiliki terkadang memang perlu dilakukan secara berkala. Untuk memastikan kecepatan internet yang kita miliki masih sesuai dengan janji penyedia jasa atau tidak. Atau sudah cukupkah kecepatan internet yang dimiliki untuk nonton acara TV streaming, film atau musik streaming atau bahkan game online? Karena untuk bisa menikmati konten secara streaming, kecepatan internet menjadi faktor utama.
Silahkan lihat persyaratan kecepatan internet yang dibutuhkan dari beberapa penyedia jasa konten streaming pada tulisan sebelumnya.

Test kecepatan internet di PC.
Ada banyak penyedia tool gratis untuk mengetest kecepatan internet di laptop/PC. Diantaranya yang cukup populer adalah speedtest.net, SpeedOf.Me, testmy.net, bandwidthplace.com. Namun sebelum melakukan tet, pastikan tidak ada pihak lain (hp, tablet atau smart TV) atau aplikasi lain (misalkan anda sedang download di PC) yang sedang menggunakan jalur internet yang anda miliki. Artinya jalur internet anda betul-betul kosong. Kemudian ikuti langkah berikut:

1. Buka browser internet. Kunjungi salah satu situs di atas. Ambil contoh situs speedtest.net
2. Klik GO atau START di halaman situs tersebut
3. Tunggu hasilnya beberapa saat sampai proses pengetesan selesai.

Di halaman situs speedtest.net terdapat tiga indikator utama yang diukur kecepatannya. Yaitu:

  1. Ping. Indikator ini berguna jika ingin menggunakan jalur internet untuk main game streaming. Untuk bisa main game streaming, nilai Ping harus kurang dari 100ms.
  2. Download. Indikator ini menunjukkan kecepatan data yang masuk ke komputer/PC dengan satuan Mbps (Mega bits per second) dan nilai yang didaptkan dibagian download ini menjadi acuan kecepatan internet yang anda miliki. Jika berbicara tentang kecepatan internet, nilai ini yang digunakan.
  3. Upload. Indikator ini menunjukkan kecepatan data yang dikirim dari komputer, juga dalam satuan Mbps. Nilainya jauh lebih kecil dari nilai Download. Nilai upload ini (bersama nilai Ping dan Download) berguna jika anda ingin melakukan video call / video chat dengan menggunakan Skype misalnya.

Test internet speed dengan speedtet.net

Test kecepatan internet di smartphone atau tablet.
Ada dua pilihan untuk mengetest kecepatan internet di smartphone atau tablet. Menggunakan browser internet seperti cara di atas atau menggunakan aplikasi dari google playstore.

Menggunakan browser internet.
Kelebihan cara ini adalah kita tidak perlu download dan menginstall aplikasi test kecepatan internet dari Google playstore. Cukup dengan menggunakan browser internet yang biasa anda gunakan di hp, lalu kunjungi salah satu situs SpeedOf.Me, testmy.net, atau bandwidthplace.com. Jika tidak bekerja di hp anda, pilih yang lainnya. Karena bisa jadi hp anda tidak support Flash player atau Java. Kemudian ikuti seperti cara di atas.

Test internet speed di android tanpa apps

Menggunakan aplikasi.
Silahkan cari aplikasi ‘speed test’ di play store. Pilih salah satu, misalkan speedtest kemudian diinstall. Speedtest juga tersedia untuk iOS dan Windows phone. Setelah selesai di install, jalankan aplikasi tersebut dan klik ‘Begin Test’. Tunggu beberapa saat sampai test selesai. Hasilnya menunjukkan tiga indikator utama seperti  di atas, yaitu: Ping, Download dan Upload.

Test internet speed di android menggunakan aplikasi speedtest


Lihat juga:
– Apa itu streaming dan hal yang perlu diketahui pada streaming video dan audio
– Android TV pada set top box. Hati-hati membeli set top box android
– Apa itu Android TV, merk TV apa saja yang menggunakan android TV
– Antara Browser dan Search Engine, apa bedanya?
– Bluetooth Tethering: Berbagi koneksi internet dengan Bluetooth