Apa itu streaming dan hal yang perlu diketahui pada streaming video dan audio

Apa itu streaming.
Streaming adalah teknlogi untuk mengirimkan konten – berupa data audio atau video – ke komputer atau handphone (hp) melalui jalur internet secara konstan, sehingga pengguna bisa langsung menikmati konten tersebut. Sebagai contoh, jika anda biasa nonton video dari Youtube, berarti anda telah menikmati konten streaming. Jadi konten yang dikirim dari penyedia layanan streaming seperti Youtube, bisa langsung di nikmati tanpa harus menunggu semua data selesai dikirim ke komputer atau hp.

Streaming video dan audio

Perbedaan antara streaming dengan download.
Sebelum teknologi streaming populer, cara untuk menikmati video atau audio dari internet dengan mendownload nya terlebih dahulu. Setelah file tersebut selesai didownload dan tersimpan di komputer atau hp, baru kemudian video atau audio tersebut bisa dinikmati. Kita tetap bisa menikmati file tersebut selama masih tersimpan di komputer atau hp tanpa harus terkoneksi lagi dengan internet. Jadi internet hanya dibutuhkan saat download saja.

Sedangkan streaming, konten video atau audio yang di kirim bisa segera dinikmati tanpa harus menyimpan file tersebut di komputer atau hp. Memang ada sedikit file yang tersimpan di komputer atau hp sebagai buffer, agar konten yang sedang dinikmati tidak terputus jika ada gangguan di jalur internet yang akan berpengaruh pada proses pengiriman data. Setelah konten selesai dinikmati, tidak ada data yang tersimpan di komputer atau hp. Jika kembali ingin menikmati video atau audio tersebut, pengguna harus terkoneksi lagi ke jalur internet. Jadi untuk menikmati konten video atau audio secara streaming, pengguna harus tetap terkoneksi dengan internet.

Persyaratan
Tidak ada persyaratan khusus untuk download sebuah konten. Selama tersedia jalur internet dan ruang penyimpan di komputer atau hp, kita bisa melakukan download jika filenya juga masih tersedia untuk didownload.

Namun untuk streaming yang menjadi faktor utama adalah kecepatan internet. Seberapa besar kecepatan internet yang dibutuhkan tergantung dari jenis konten yang akan dinikmati. Streaming siaran radio membutuhkan kecepata internet yang berbeda jika dibandingkan dengan streaming video kalitas HD atau 4K misalnya.

Kecepatan internet untuk streaming Audio.
Contoh mudah dari streaming audio adalah menikmati siaran radio dari internet. Umumnya kecepatan internet yang dibutuhkan antara 128 hingga 320 Kbps (Kilobytes per second). Untuk mendengarkan musik streaming dengan kualitas audio terbaik disarankan memiliki jalur internet dengan kecepatan 1 hingga 1,5 Mbps. Sebaiknya dicek dahulu kecepatan internet yang dimiliki menggunakan tool gratis seperti Speedtest.net. Selengkapnya lihat Cara test kecepatan internet di laptop/PC dan android

Kecepatan internet untuk streaming Video.
Untuk streaming video dibutuhkan kecepatan internet yang lebih besar lagi dan juga tergantung kualitas video. Ambil contoh Youtube yang merekomendasikan minimal kecepatan internet adalah 0,5 Mbps. Youtube juga menyediakan pilihan resolusi video. Dari 144p, 240p, 360p, 480p, 720p (HD) dan 1080p (FullHD). Youtube secara otomatis bisa mendeteksi kecepatan internet dan perangkat yang digunakan. Sehingga kualitas video yang dikirimkan sesuai dengan kecepatan internet dan perangkat yang anda miliki. Misalkan anda menggunakan handphone untuk nonton Youtube. Umumnya Youtube akan memberikan video dengan resolusi antara 144p hingga 360p. Tergantung dari ukuran layar hp. Resolusi video ini bisa diganti secara manual. Jika anda merasa memiliki internet yang lebih cepat, anda bisa memilih kualitas video yang lebih tinggi, misalkan 480p atau 720p. Untuk kualitas video HD (720p), kecepatan internet yang dibutuhkan adalah 2,5 Mbps.

Kualitas video yang disediakan Youtube

Sebagai perbandingan, berikut kecepatan internet yang direkomendasikan oleh beberapa situs layanan video streaming komersial.

Netflix:

  • 1 Mbps – streaming di laptop/PC.
  • 2 Mbps – kualitas SD – standard definition video (480p) untuk TV
  • 4 Mbps – kualiatas HD dan FullHD (720p, 1080p)
  • 15 – 25 Mbps – kualitas 4K. Juga disarankan memiliki TV 4K dengan HEVC decoder. (Baca tentang HEVC di sini)

Vudu:

  • 1.0 – 2.3 Mbps – kualitas SD.
  • 2.3 – 4.5 Mbps – kualitas HD (720p).
  • 4.5 – 9 Mbps – kualitas Full HD (1080p).
  • 9 Mbps atau lebih – kualitas 3D HD.
  • 11 Mbps atau lebih – kualitas 4K + Dolby Vision HDR. Disarankan memiliki TV 4K HDR.

Hulu and Hulu Plus:

  • 1.5 Mbps – kualitas SD.
  • 3 MbPs – kualitas HD (720p).
  • 6 Mbps – kualitas Full HD (1080p).
  • 13 Mbs – kualitas 4K Ultra HD.

Lihat juga:
– Android TV pada set top box. Hati-hati membeli set top box android
– Apa itu Android TV, merk TV apa saja yang menggunakan android TV
– Apa itu Ultra HD atau 4K TV?
– Apa maksud Upscaling pada pesawat TV UHD / 4K?
– Yang perlu diketahui mengenai konten Ultra HD / 4K
– Apa beda HDTV dengan UHDTV
– 4K UHD mulai hadir di smartphone
– Cara test kecepatan internet di laptop/PC dan android