One-handed mode: Mode Satu tangan pada Redmi Note 4

Salah satu fitur yang ada pada hp Xiomi/Redmi Note 4 adalah mode Satu tangan, One-handed mode. Sesuai namanya fitur ini bertujuan memudahkan pengguna untuk mengoperasikan hp Redmi hanya dengan menggunakan satu tangan dengan cara memperkecil ukuran layar sehingga mudah di jangkau oleh jari (jempol) si pengguna. Dengan mode ini pengguna dapat menjangkau setiap sudut layar hp dengan mudah menggunakan satu tangan saja. Bagi yang merasa layar hp Redmi Note terlalu besar untuk ukuran tangannya, fitur ini bisa dimanfaatkan.

Kita bisa memilih dari tiga ukuran layar yang disediakan yaitu, 4.5 inchi, 4 inchi, dan 3.5 inchi. Sedangkan ukuran layar penuh redmi note 4 adalah 5 inchi.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, yaitu dengan menggeser jari dari tombol Home (tengah) ke kanan atau ke kiri. Jika menggeser jari dari posisi tombol Home (tengah) hingga ke tombol Back sebelah kanan, akan memperkecil layar ke arah pojok kanan bawah.

Redmi Note-One handed mode-right

Jika menggeser jari dari posisi tombol Home (tengah) hingga ke tombol Recents sebelah kiri, akan memperkecil layar ke arah pojok kiri bawah.

Redmi Note-One handed mode-left

Di sebelah kiri atau sebelah kanan layar yang mengecil tadi terdapat tombol settings seperti gambar di atas. Di dalam settings One Handed Mode ini terdapat beberapa pilihan,
– Ask before entering One-handed mode (On/Off): Jika On, akan selalu ada konfirmasi (OK/Cansel) sebelum mengaktifkan mode satu tangan. Jika Off, maka layar akan langsung mengecil tanpa ada konfirmasi.

Redmi Note-One handed mode-confirmation
– Di bawahnya terdapat pilihan ukuran layar, 4.5 inchi, 4 inchi dan 3.5 inchi. Silahkan pilih hingga anda merasa cocok dengan tangan anda.

Untuk masuk ke bagian settings One handed mode bisa juga melalui:

Settings > di bagian System & Device klik Additional Settings > One-handed mode

Pada saat mode satu tangan ini aktif, semua ikut mengecil termasuk keyboard-nya juga. Sehingga saat mengetik bisa juga dilakukan dengan satu tangan saja.

Untuk keluar dari mode satu tangan ini, cukup klik di area bagian luar layar yang mengecil tadi dan layar akan normal kembali.


Artikel terkait:
– Menyembunyikan dan mengembalikan file yang tersembunyi pada Redmi Note 4
– Beda antara Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro
– Launcher dan cara mengganti launcher pada android
– Fingerprint reader: Setup pembaca sidik jari pada HP Android
– Cara menulis cepat pada keyboard android dengan fitur Trace input
– Fitur-fitur pada ZenUI yang mungkin belum anda ketahui
– Membedakan varian Xiaomi Redmi 5, 5A, 5Plus dan Redmi Note 5, Note 5A, Note 5A Prime