Smart cover pada hp android; Tips dan solusi

Smart cover adalah salah satu jenis flip cover (cover buka tutup seperti buku) hp atau smartphone yang berakibat hp akan memberikan reaksi tertentu jika cover depan ditutup atau dibuka. Smart cover biasanya didesain khusus untuk hp model tertentu. Dan bisa dipastikan hp jenis ini memiliki pilihan fitur smart cover di dalam settings nya. Smart cover selain berfungsi melindungi dan mempercantik hp, yang utama adalah untuk menghemat konsumsi battery hp.

Fitur smart cover pada hp didasarkan pada medan magnet yang diterima oleh sensor magnet yang terdapat pada sebuah hp. Sensor ini dinamakan Hall Effect sensor atau Magnetometer. Dengan demikian, hp yang memiliki fitur smart cover akan memiliki sensor medan magnet (Hall effect sensor) dan pada cover nya terdapat sebuah magnet kecil dan tipis. Letak magnet pada cover sejajar dengan letak sensor medan magnet pada hp. Saat cover ditutup, sensor medan magnet pada hp akan mendeteksi medan magnet dari cover dan hp akan memberikan reaksi tertentu, seperti mematikan dan mengunci layar atau menampilkan sesuatu tergantung desain produsen hp tersebut.

Untuk mengetahui letak sensor medan magnet cukup mudah, yaitu dengan menggunakan sebuah magnet. Aktifkan pilihan smart cover di dalam menu settings, letak opsi ini masing-masing berbeda tergantung dari model yang dimiliki.

Pada Xiaomi Redmi Note 4: Settings > Lockscreen & Password > Smart cover mode > Pilih jenis cover: Tertutup semua (Opaque) atau ada jendela (Transparent).

Pada Asus Zenfone 5 : Settings > di bagian Device, Asus Cover > Aktifkan Enable Asus Cover

Kemudian gerakkan magnet di permukaan hp. Pada posisi tertentu layar hp akan terkunci dan mati. Berarti sensor medan magnet terdapat di posisi tersebut seperti terlihat pada gambar berikut. Kita juga bisa merasakan tarikan cukup kuat di posisi tersebut.

Mencari letak hall effect sensor (sensor agnet) pada hp

Untuk mencari letak magnet di cover hp, cukup menggunakan peniti atau klip kertas. Gerakkan peniti atau klip kertas di permukaan bagian dalam cover sampai peniti atau klip kertas menempel. Di situ letak magnetnya.

Posisi magnet pada smart cover

Cover jenis ini (yang terdapat magnet) memang direkomendasikan untuk hp yang memiliki fitur smart cover. HP jenis ini dipastikan dilengkapi sensor medan magnet yang akan bereaksi terhadap cover yang ada magnetnya.

Contoh kasus.
Namun ada contoh kasus misalkan anda telah membeli cover yang katanya memang diperuntukkan untuk hp anda. Desain dan ukurannya pas. Namun setelah cover tersebut dipasang dan settings smart cover di hp telah diaktifkan, ternyata hp tidak bereaksi apa-apa ketika cover tersebut dibuka atau ditutup. Ini berarti cover tersebut tidak memiliki magnet di dalamnya. Tidak sesuai dengan hp anda yang memiliki fitur smart cover.

Untuk kasus seperti di atas, masih ada solusi untuk cover yang tidak cocok tersebut, yaitu dengan memanfaatkan sensor proximity hp dan menggunakan aplikasi smart cover yang banyak terdapat di play store. Bisa dipastikan semua hp dilengkapi sensor proximity karena pada asalnya, sensor proximity diperuntukkan untuk mendeteksi jarak antara hp dan telinga kemudian mematikan layar hp disaat hp didekatkan atau ditempelkan ke telinga ketika sedang menelpon. Ini untuk menghindari terjadinya input atau eksekusi yang tidak diharapkan ketika telinga menyentuh layar hp. Karenanya letak sensor proximity selalu berada di sebelah (kanan atau kiri) speaker bagian atas dari layar hp. Dan bisa dipastikan semua hp android memiliki sensor ini kecuali tablet mungkin tidak memiliki sensor ini.

Untuk mengetahui letak sensor proximity atau memastikan sensor ini berfungsi baik atau tidak yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga dari play store, seperti Proximity Sensor Finder. Dari aplikasi ini kita bisa memastikan posisi sensor dan jarak kemampuan sensor terhadap objek. Berikut contoh gambar penggunaan aplikasi Proximity Sensor Finder.

Sensor proximity

Silahkan download aplikasi smart cover dari play store. Lakukan settings pada aplikasi tersebut agar cover yang salah beli tadi dapat berfungsi layaknya smart cover yang asli. Mungkin perlu dilakukan pengetesan terhadap beberapa aplikasi yang lain hingga menemukan aplikasi smart cover yang berfungsi baik di hp anda.

Fitur dari aplikasi ini juga sangat beragam. Sebagai contoh, jika cover memiliki jendela, kita bisa menentukan apa yang harus ditampilkan di jendela cover sesaat sebelum layar terkunci (hanya beberapa detik saja).

Catatan.

  • Untuk yang hp nya memiliki fitur smart cover, yang terbaik memang seharusnya saat membeli smart cover bawa hp nya agar bisa langsung di test.
  • Jika sudah terlanjur beli smart cover yang salah, sebagai solusi alternatif bisa menggunakan aplikasi smart cover yang terdapat di play store.
  • Untuk hp yang tidak memilki smart cover dan ingin covernya berfungsi layaknya smart cover, solusinya sama dengan point di atas, menggunakan aplikasi dari pihak ke tiga.
  •  Sejauh yang kami coba, semua aplikasi smart cover dari play store memanfaatkan fungsi sensor proximity. Kami belum menemukan aplikasi yang bekerja dengan memanfaatkan Hall effect sensor. Mungkin dikarenakan tidak semua hp memiliki sensor ini. Ini berarti tidak semua hp memiliki fitur smart cover.
  • Untuk memastikan hp memiliki fitur smart cover atau tidak, yaitu dengan cara mencarinya di dalam menu settings. Atau tanyakan ke forum yang berkaitan dengan merek hp anda.
  • Yang perlu diperhatikan dalam memilih aplikasi smart cover adalah selain kemampuan mematikan dan mengunci layar hp saat cover ditutup. Adanya fitur pengecualian terhadap aplikasi tertentu, seperti ketika ada telpon masuk, saat camera aktif, atau sedang main game. Jika tidak ada fitur pengecualian ini, sebaiknya pilih aplikasi smart cover yang lain.

Artikele terkait:
– Launcher dan cara mengganti launcher pada android
– Fingerprint reader: Setup pembaca sidik jari pada HP Android
– Membangun jaringan DLNA di rumah (DLNA Home Network)
– Apa itu NFC dan bagaimana cara menggunakannya
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Menyembunyikan dan mengembalikan file yang tersembunyi pada Redmi Note 4
– Fitur-fitur pada ZenUI yang mungkin belum anda ketahui
– One-handed mode: Mode Satu tangan pada Redmi Note 4
– Fitur dan spec Samsung Galaxy S8 dan S8+ 2017