Android Printing: Print via USB OTG menggunakan print service plugin pengganti Printershare (Update 2017)

Pada tulisan sebelumnya (Android Printing: Print file langsung dari perangkat android via USB OTG), print atau cetak file langsung dari hp android via USB OTG menggunakan aplikasi Printershare. Namun sejak akhir 2016 lalu Printershare tidak bisa digunakan lagi secara bebas/gratis. Untuk bisa mencetak bebas file seperti pdf, doc atau xls, atau dari halaman sebuah situs, diharuskan upgrade ke premium (bayar). Untuk print foto masih bisa dengan menunggu hitungan mundur (count down). Bagi yang tidak keberatan membuka dompet untuk upgrade ke premium, silahkan toh harganya pun tidak terlalu mahal. Namun bagi yang masih mencari solusi yang gratis, mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu.

Di sini kami tidak lagi menggunakan aplikasi printing semisal printershare, karena beberapa aplikasi sejenis sepertinya diharuskan upgrade ke premium juga untuk bisa bebas mencetak file. Salah satu solusinya yaitu cukup dengan menginstall plugin yang sesuai dengan merk printer yang digunakan. Beberapa jenis printer plugin ini tersedia di play store seperti HP Print service plugin, Canon Print service, Epson Print Enabler, dan sebagainya. Namun sebelum anda download baca dulu baik-baik penjelasan dari masing-masing plugin tersebut berikut review nya.

Sebelum download printer plugin hapus/uninstall dahulu aplikasi printer yang anda download sebelumnya. Untuk menghapus atau uninstall aplikasi masing-masing merk hp memiliki gayanya sendiri-sendiri. Namun secara umum untuk uninstall aplikasi:

Settings > Apps (atau Installed apps) > pilih aplikasi yang bersangkutan > Uninstall

Cara uninstall seperti ini akan berguna juga untuk menghapus plugin printer yang pernah diinstall dan tidak digunakan. Karena plugin tidak akan muncul di dalam menu aplikasi (apps drawer) hp android.

Menginstall printer.
Caranya:

  1. Download / install plugin yang sesuai dengan merk printer anda di play store.
  2. Setelah selesai muncul notifikasi untuk mengatifkan plugin ini seperti gambar berikut. Klik notifikasi tersebut dan aktifkan print service nya.
    Notifikasi print service pluginBisa juga dengan cara:
    Settings > Printing > Di bagian print service klik plugin yang baru di install untuk mengaktifkannya.
    Atau
    Settings > di bawah System and Device klik Additional Settings > Printing > Di bagian print service klik plugin yang baru di install untuk mengaktifkannya. (Settings pada Mi Note 4).
  3. Saat di aktifkan plugin printer akan melakukan scan terhadap printer yang terpasang. Segera pasang atau colokkan printer ke hp android menggunakan kabel USB OTG.
  4. Setelah printer terbaca dan muncul dalam daftar printing service berarti instalasi selesai.

Untuk memulai mencetak file berupa foto, doc, xls atau pdf, gunakan aplikasi yang bersesuaian yang terdapat opsi print di dalam menunya. Umumnya aplikasi pdf reader atau office untuk android sudah memiliki opsi print ini. Bahkan kita bisa langsung print dari halaman situs dengan menggunakan pejelajah internet seperti Chrome.

Cara mencetak file.

  1. Buka aplikasi yang diinginkan.
  2. Pilih menu lalu klik print. Akan masuk ke halaman printing. Halaman pencetakkan ini tidak akan muncul jika setup printer nya tidak berhasil.
  3. Di halaman pencetakan, di bagian paling atas pilih printer yang baru di install.
  4. Lakukan settings sesuai keperluan, seperti ukuran dan jenis kertas, dll.
  5. Klik ikon bergambar printer untuk memulai pencetakkan.

Jika tidak terlihat pilihan Print dari menu aplikasi tersebut, gunakan Share dan akan terlihat pilihan Print seperti pada aplikasi situs penjelajah internet Chrome berikut.

Cara print halaman situs pada Chrome

Sekarang kita bebas mencetak file langsung dari perangkat android tanpa syarat apapun.

Catatan:

  • Dalam percobaan ini kami menggunakan printer jadul merk HP Deskjet 1000. Karenanya kami gunakan HP Printer service plugin, android yang kami gunakan adalah Redmi Note (Android 6 Marshmallow), Padfone (Android 6 Marshmallow) dan Zenfone 5 (Android 5 Lollypop).
  • Syarat agar bisa mencetak menggunakan kabel USB OTG:
    • Hp atau tablet android nya dilengkapi fitur USB OTG. Cara mengetahui apakah hp android memiliki fitur USB OTG silahkan lihat di sini.
    • Untuk HP Print service pugin, sistem Android yang digunakan minimal Android 4.4 Kitkat. Untuk mengetahui Android versi berapa yang ada di hp anda, silahkan lihat caranya di sini.
  • Jika plugin printer yang dicari tidak terdapat di playstore atau bermasalah dengan plugin tersebut silahkan kunjungi situs dukungannya.

Demikian semoga berhasil….


Artikel terkait:
– Android printing bag-3: Print file langsung dari perangkat android via USB OTG
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Cara mengetahui nama dari versi Android pada smartphone/tablet
– Android Printing bag-2: Cara setup dan menggunakan Google Cloud Print
– Android printing bag-1: Print file langsung dari perangkat android
– Smart cover hp android; Tips dan solusi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...