Launcher dan cara mengganti launcher pada android

Launcher secara umum adalah segala sesuatu yang berurusan dengan tampilan halaman depan (home screen) dan sekumpulan ikon yang terdapat di dalam halaman menu aplikasi (apps drawer) dari sebuah perangkat android. Dengan launcher kita dapat memodifikasi tampilan hp dan mengorgainisir puluhan ikon dari aplikasi bawaan hp atau aplikasi yang kita download.

Selain itu, Launcher tidak hanya berurusan dengan keindahan saja tetapi juga menambah fungsionalitas dari home screen dan halaman menu aplikasi. Karenanya masing-masing launcher memiliki fitur yang berbeda-beda dalam mengolah home screen maupun menu aplikasi.
Setiap hp android pasti memiliki Launcher. Dan Launcher ini merupakan bagian dari User Interface (UI). Developer yang bagus akan selalu memberikan update terhadap User Interface nya.

Berikut beberapa contoh fitur yang umum dari sebuah Launcher, diantaranya
• Mengganti wallpaper baik gambar yang didownload atau dari koleksi foto kita
• Mengganti Theme. Di dalam Theme ini juga terdapat piihan wallpaper dan juga ikon-ikon aplikasi. Jika kita mengganti theme maka ikon juga berubah gambar maupun bentuknya.
• Mengorganisir ikon applikasi ke dalam folder sehingga nampak lebih rapi
• Mengatur besar kecil ikon, warna-ukuran-jenis huruf nama ikon dan folder
• Mengatur perpindahan layar ketika layar di geser.
• Dan masih sangat banyak lagi.

Banyaknya fitur yang di tawarkan juga tergantung dari developer masing-masing. Di samping itu ada juga fitur yang tidak semua launcher memilikinya. Misalnya kemampuan menyembunyikan dan mengunci aplikasi serta adanya kemampuan menginstall icon pack dari pihak ketiga.

Selain launcher bawaan dari hp android, ada banyak juga launcher dari pihak ke tiga yang bisa kita download di playstore. Ada yang murni gratis, ada yang gratis setengah-setengah. Mayoritas fitur gratis tapi pada beberapa fitur yang ditawarkan kita harus upgrade ke premium yang berarti harus beli juga. Dan juga ada yang memang tidak gratis sama sekal. Dan sepertinya ini adalah salah satu kelebihan Android dimana kita diberi keleluasaan untuk mengganti Launcher.

Cara mengganti atau menginstall launcher.
Untuk mengganti launcher hp android, cukup dengan download launcher di playstore dan secara otomatis akan terinstall di hp android. Sesaat setelah terinstall, muncul popup untuk selalu menggunakan launcher tersebut atau hanya sekali itu saja. Silahkan pilih Always.

Pada sebagian hp android untuk melihat atau memilih launcher yang digunakan, masuk ke Settings > Home.
Di sini terlihat launcher bawaan hp anda dan launcher yang baru diinstall. Silahkan pilih launcher yang baru diinstall. Berikut contoh letak Launcher pada hp Asus.

Asus Launcher

Pada hp merk lain seperti Xiaomi, untuk  melihat atau memilih Launcher, masuk ke Settings > Installed Apps, di bagian bawah layar terlihat ikon settings kecil bertuliskan Default. Klik ikon tesebut dan akan masuk ke daftar default aplikasi. Paling atas terdapat pilihan Launcher. Klik untuk melihat launcher apa saja di dalamnya. System Launcher adalah launcher bawaan dari hp Xiaomi ini. Jika anda download launcher maka akan tersimpan di folder ini juga. Berikut contoh letak launcher pada hp Xiaomi Redmi.

Xiaomi Launcher


Artikel lainnya:
– Fingerprint reader: Setup pembaca sidik jari pada HP Android
– Apa itu NFC dan bagaimana cara menggunakannya
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– Cara melacak perangkat android yang hilang dengan Android Device Manager
– Android printing bag-3: Print file langsung dari perangkat android via USB OTG
– Smart cover hp android; Tips dan solusi
– Menyembunyikan dan mengembalikan file yang tersembunyi pada Redmi Note 4

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...