Fingerprint reader: Setup pembaca sidik jari pada HP Android

Seperti diketahui, salah satu fitur yang ditawarkan OS Android 6 Marshmallow adalah terdapat fitur fingerprint atau sidik jari sebagai tambahan sistem keamanannya. Fitur ini memungkin penggunaan sidik jari saat mengakses hp miliknya. Tentu dengan syarat hp nya juga dilengkapi dengan sensor sidik jari atau fingerprint reader. Tanpa dilengkapi dengan pembaca sidik jari, fitur dari Marshmallow ini tidak bisa digunakan.

Letak fingerprint reader atau sensor pembaca sidik jari ini tergantung dari merek hp yang di gunakan. Sebagian besar berada di cover belakang hp di bawah kamera seperti pada hp ASUS Zenfone 3, Xiaomi Redmi Note 4, dan lainnya. Namun ada juga yang letaknya di samping kanan seperti hp Sony Experia Z5 persis di atas tombol power On/OFF dan pada tombol Home di bawah layar hp seperti pada Samsung Galaxy S6.

Sebelum melakukan setup fingerprint ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya,

  1. Jari tangan harus bersih dan tidak berair atau berminyak.
  2. Untuk sensor sidik jari yang terletak di cover belakang hp, gunakan jari telunjuk kiri atau kanan tergantung dari kebiasaan anda memegang hp, menggunakan tangan kanan atau kiri.
  3. Untuk sensor yang terletak di samping kanan seperti pada hp Sony Experia Z5, gunakan ujung jari telunjuk kiri atau jempol tangan kanan tergantung dari kebiasaan anda memegang hp.

Berikut cara setup fingerprint untuk beberapa merek HP.

A. Asus Zenfone 3ASUS Zen3 Fingerprint2

  1. Settings
  2. Di bagian personal klik Fingerpprint
  3. Manage Fingerprint
  4. Pilih backup screen lock diantara 3  pilihan, Pattern , PIN dan Password. Misalkan pilih PIN
  5. Klik No thanks pada bagian Secure Start up
  6. Continue
  7. Lalu masukkkan PIN 4 angka dan ingatlah baik-baik. Klik Continue dan ulangi sekali lagi
  8. Pilih diantara 3 pilihan yang ada pada bagian Notifications
  9. Di bagian Fingerprint klik Continue
  10. Letakkan ujung jari di atas sensor sidik jari hingga terasa ada getaran, kemudian geser ujung jari ke posisi yang agak berbeda dari sebelumnya. Misalkan agak ke atas, bawah, kanan atau kiri sampai setup fingerprint komplit.
  11. Klik Done
  12. Layar kembali ke bagian Manage Fingerprint. Aktifkan (ON) pilihan Unlock Device. Ini berarti sidik jari digunakan untuk membuka hp pada saat sedang terkunci (Lock).
  13. Silahkan di coba dengan menekan tombol Power untuk mengunci hp. Kemudian letakkan ujung jari yang tadi digunakan saat setup untuk membuka hp.

B. Lenovo Vibe K4 Note

Lenovo Vibe K4 Note Fingerprint2

  1. Settings
  2. Di bagian System klik Fingerprint
  3. Di bagian pin masukkan 4 pin hingga 2 kali
  4. Klik Add fingerprint dan akan masuk ke halaman register Fingerprint dengan beberapa petunjuk di sana.
  5. Letakkan ujung jari hingga muncul getaran, pindahkan ujung jari ke posisi agak berbeda. Lakukan berulang ulang pada posisi yang berbeda hingga setup fingerprint selesai.
  6. Tekan tombol menu kembali ke layar utama.
  7. Tekan tombol power untuk mengunci layar.
  8. Letakkan ujung jari tangan yang tadi digunakan saat setup di atas sensor sidik jari untuk kembali membuka layar hp anda.

C. Samsung Galaxy S6

Samsung Galaxy S6 Fingerprint

  1. Settings
  2. Lock screen & Security
  3. Screen Lock type
  4. Fingerprints. Pada layar Disclaimer klik Confirm
  5. Muncul di layar petunjuk setup sidik jari. Perhatikan sebentar. lalu mulai lakukan setup sidik jari dengan meletakkan ujung jari pada sensor sidik jari. Ikuti seperti contoh animasi yang tadi muncul di layar.
  6. Setelah setup fingerprint selesai kita diminta memasukkan backup password minimal 6 karakter dan terdapat minimal 1 huruf atau 1 angka. Password ini sebagai pengganti sidik jari jika gagal menggunakan sidik jari. Password ini harap diingat selalu atau dicatat.
  7. Di bagian Notification, pilih bagaimana notifikasi akan muncul saat hp dalam keadaan terkunci. Lalu klik Done
  8. Selesai. Silahkan di test hasilnya.

D. Sony Experia Z5

SONY Experia Z5 Fingerprint

  1. Settings
  2. Security
  3. Fingerprint setup
  4. Get Start
  5. Pada Choose Screen Lock, pilih PIN. Lalu masukkan 4 angka yang mudah diingat, ulangi sampai 2 kali.
  6. Di bagian Notification, pilih bagaimana notifikasi akan muncul saat hp dalam keadaan terkunci. Lalu klik Next
  7. Masuk ke layar petunjuk letak posisi sensor fingerprint, yaitu persis nempel di tombol Power. Klik Got it
  8. Letakkan ujung jari yang mudah menjangkau sensor fingerprint. Seperti Jempol kanan, jika anda biasa menggunakan tangkan kanan. Atau jari telunjuk kiri jika anda biasa menggunakan tangan kiri.
  9. Tempelkan jari tersebut berulang-ulang pada posisi yang berbeda dari sebelumnya sampai setup ini komplit, lalu klik Done
  10. Pada Sony Experia Z5, sensor fingerprint mampu menyimpan 5 data sidik jari yang berbeda.
  11. Silahkan di tes kasilnya. Keluar ke layar uatama, kunci layar hp dengan menekan tombol Power. Tekan tombol Power kembali untuk mengaktifkan layar hp, namun layar dalam keadaan terkunci, lalu tempelkan sidik jari yang tadi digunakan untuk setup. Jika berhasil anda akan masuk ke layar utama.

E. Xiaomi Redmi Note 4

xiaomi redmi note 4 Fingerprint

  1. Settings
  2. Klik Lock screen & Fingerprint reader
  3. Klik Password & Fingerprint
  4. Masukkan pin 4 angka, dua kali
  5. Klik Add Fingerprint
  6. Masukkan PIN yang sama dengan langkah 4
  7. Letakkan ujung jari pada sensor sidik jari. Setelah ada getaran geser ujung jari ke posisi yang agak berbeda dari sebelumnya hingga terasa ada getaran. Lakukan berulang kali pada pada posisi yang agak berbeda dari sebelumnya hingga setup fingerprint selesai.
  8. Kembali ke menu utama, tekan tombol power untuk mengunci layar. Tempelkan ujung jari yang tadi digunakan untuk setup untuk membuka layar kembali.

Dari beberapa contoh  atas,  cara setup finger print tidak jauh berbeda di antara merek hp. Mudah-mudahan dari ke 4 contoh di atas dapat mewakili merek-merek hp lainnya dalam hal setup sidik jari.


Artikel terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...