Cara menggunakan Google drive di handphone android

Cara menggunakan Google drive di handphone android

Di perangkat android seperti handphone atau tablet, aplikasi Google drive sudah tersedia. Ini termasuk salah satu aplikasi bawaan (pre-installed). Namun jika aplikasi tersebut sudah terhapus, bisa didownload lagi di play store. Cara menggunakan Google drive di hp tidak jauh beda dengan cara menggunakan Google drive di PC/laptop. File-file yang tersimpan di Google drive yang muncul di PC/laptop juga akan muncul di perangkat android selama akun Google nya sama.

Cara menggunakan Google drive di perangkat android tidak terlalu sulit. Kita tinggal menjalankan aplikasinya. Halaman pertama yang muncul adalah halaman My drive. Di sini terlihat seluruh file dan folder yang ada di Google drive. Menu burger pojok kiri atas (garis horisontal lapis tiga) melihat daftar folder, dan ikon + pojok kanan bawah adalah menu membuat folder baru, Upload, membuat file baru menggunakan aplikasi Google docs, Google Sheets dan Google slides. Ke tiga aplikasi ini adalah aplikasi Google office yang fungsinya sama dengan Microsoft Office; Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power point.

cara menggunakan Google drive

Mengupload files/folder:

  1. Dari halaman utama My drive, masuk ke folder tujuan. Misalkan ingin upload foto liburan, pilih dulu folder foto liburan.
  2. Klik tanda +, (kalau di PC/laptop = New)
  3. Klik Upload
  4. Pilih foto yang akan di upload, dan foto akan segera terupload ke folder foto liburan di Google drive.

Upload file dengan cara yang disediakan Google drive ini hanya ada dua pilihan, yaitu upload file satu item saja. Maksudnya hanya satu file sekali upload. Pilihan lainnya yaitu upload foldernya sekalian. Jika ingin upload beberapa file sekaligus, sepertinya tidak bisa. Jika ingin upload beberapa file sekaligus gunakan aplikasi file manager atau explorer saja. Caranya:

  1. Jalankan aplikasi File Manger / Explorer.
  2. Pilih beberapa file yang ingin di upload dengan menekan agak lama file-file tersebut sampai muncul tanda centang.
  3. Klik menu titik tiga di pojok kanan atas.
  4. Klik Move to. (Ini berarti beberapa file yang dipilih tersebut akan dipindah ke Google drive)
  5. Pilih Google drive dan folder tujuan. Klik OK.Tunggu proses selesai.

Download files/folder.
Caranya:

  1. Cari file dan tekan agak lama file yang akan didownload sampai muncul tanda centang dan menu di sisi bawah layar.
  2. Klik Download (ikon anak panah yang mengarah ke bawah).
  3. File yang di download secara default (jika belum anda ganti) akan tersimpan di folder Download. Cari file yang barusan di download di Folder download dengan menggunakan File Manager atau Explorer.

Aplikasi Google office.
Berbeda kalau kita buka Googe drive di PC/laptop. Akan tersedia banyak aplikasi selain Google docs, Google sheets dan Google slides. Seperti Google forms, Google drawings, Google My map dan Google sites. Bahkan aplikasi dari pihak ke tiga. Namun di perangat android hanya disediakan tiga aplikasi Google office saja, yaitu Google docs, Google sheets dan Google slides. Dugaan kami, karena semua aplikasi yang diinginkan di perangkat android sudah disediakan oleh Google play store. Kita tinggal mencari yang kita butuhkan dan kemudian download/install. Toh aplikasi Google office yang disediakan oleh Google drive di perangkat android, Google Docs, Goolge sheets dan Google slides, juga harus didownload dan diinstall juga jika belum ada. Bedanya kalau di PC/laptop, aplikasi-aplikasi yang disediakan Google drive tidak perlu diinstall karena aplikasi tersebut langsung dijalankan di web browser. Sedangkan di perangkat android, aplikasi tersebut harus dinstall dulu dari Google Play store dan tersimpan seterusnya di perangkat android.

Untuk membuat file menggunakan Google offfice:

  1. Klik tanda + , kemudian pilih dari tiga aplikasi yang disediakan, misalnya Google docs.
  2. Karena aplikasi ini belum terdapat di perangkat android, kita diminta install dahulu, klik Get docs. Tunggu sampai install Google docs selesai.
  3. Karena baru diinstall, Google docs tidak segera aktif. Ulangi langkah pertama.
  4. Halaman Google docs terbuka dan silahkan membuat file baru. Hasilnya akan tersimpan secara otomatis di Google drive.

Kini, file yang dibuat di Google office juga bisa disimpan ke format yang bisa terbaca langsung oleh Microsoft office. Caranya:

  1. Misalkan kita membuat file dengan Google docs. Dari halaman Google docs, klik menu titik tiga vertikal di pojok kanan atas.
  2. Klik Share & Export
  3. Klik Save as.
  4. Pilih format “Word (.docx), klik OK Tunggu proses konversi selesai.
  5. File akan tersimpan di Google drive dengan format yang bisa langsung di baca oleh aplikasi Microsoft Office Word atau aplikasi office lainnya.

Google Drive-mobile-convert docs file

Untuk aplikasi Google office lainnya, Google Sheets dan Google slides, caranya sama seperti di atas.

Sharing files/folders.
Sama seperti di PC/Laptop, sharing file dilakukan dengan mengirim link saja atau mengirim file tersebut langsung le pihak lain.


Sharing Link.

  1. Cari file yang akan dishare, tekan agak lama sampai muncul tanda centang.
  2. Klik link bergambar rantai di bawah layar. Sesaat kemudian file tersebut link nya sudah aktif, ini terlihat muncul ikon kecil bergambar dua orang di bawah file yang akan di share.
  3. Muncul daftar aplikasi untuk sharing, seperti WA, Facebook, SMS dan sebagainya. Silahkan pilih. Sebagai contoh kita pilih WA. Di halaman WA akan berformat seperti gambar berikut. Jika yang dikirim klik link yang kita kirim, orang tersebut akan melihat file yang kita kirim melalui web browser asalkan orang tersebut dapat terkoneksi dengan internet tentunya.

Google Drive-Sharing link-wa

Sharing file
Cari file yang akan di share:

  1. Klik ikon titik dua di sebelah kanannya
  2. Klik Add people
  3. Masukkan nama / email, dan pesan.
  4. Klik ikon pensil atau mata di sebelah kanan nama untuk menentukan apakah orang tersebut boleh mengedit file yang kita kirim atau sekedar melihat saja. Pilih salah satu.
  5. Lihat di bawah layar yang bertuliskan “Who has access”, jika link bergambar rantai belum hijau berarti link belum aktif. Jika sudah hijau berarti link sudah aktif. Untuk mengaktifkan link jika link belum aktif, klik gambar rantai tersebut. Klik “link sharing off” untuk mengaktifkannya. Kembali ke halaman sebelumnya, dengan klik tanda panah ke kiri di atas layar.
  6. Klik kepala panah paling atas layar untuk mengirim file tersebut.
  7. File akan terkirim melalui alamat email. Berikut contoh isi email si penerima.

Google Drive-Sharing file-email

Dari kedua cara di atas, keduanya harus mengaktifkan linknya dulu. File yang linknya sudah aktif ditandai dengan ikon bergambar 2 orang di bawah file tersebut.

Untuk menghapus atau memutus link sehingga tidak ada lagi pihak yang bisa mengakses file tersebut. Caranya seperti berikut:

  1. Klik ikon titik tiga vertikal sebelah kanan file yang linknya aktif.
  2. Klik Add people
  3. Klik ikon bergambar rantai di pojok kiri bawah yang sekarang berwarna hijau. Hijau berarti link aktif.
  4. Klik Link sharing on, kemudian pilih No Access, klik OK.
  5. Klik juga semua orang-orang yang sudah dikirimi file tersebut. Lalu pilih no access sehingga tidak ada satu orangpun yang bisa mengakses file tersebut.
  6. Ikon share pada file tersebut sudah hilang, berarti tidak ada lagi yang bisa mengakses flle tersebut.

Sharing switch off


Artikel terkait:
– Cloud storage, tempat menyimpan data digital di internet
– Google drive: Mengakses dan menggunakan Google drive dari PC
– Google drive: Berbagi file yang tersimpan di Google drive
– Settings Youtube dan Search engine agar aman buat anak-anak kita
– Cara menambahkan dan menghapus akun Google pada smartphone atau tablet android
Google Form part-1: Panduan bagi pemula