4K UHD mulai hadir di smartphone

Seperti diketahui 4K adalah teknologi resolusi video tertinggi yang ada hingga saat ini. Setidaknya pada tingkat konsumen. Kalo kita bicara mengenai teknologi 4K tidak terlepas dari dua hal yaitu, teknologi recording, atau perekaman video yang terdapat pada camera dan teknologi display atau tampilan gambar yang terdapat pada layar seperti pada TV yang sudah banyak beredar di pasaran.

Teknologi 4K pada smartphone bisa bermakna dua hal yaitu camera yang mampu merekam video dengan kualitas 4K UHD (2160p) atau layar tampilan / display dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160). Terlepas dari perdebatan istilah 4K dan UHD, toh tetap saja resolusi sisi layar terpendek keduanya adalah 2160. Tentang apa itu 4K silahkan lihat di sini.

Camera.
Smartphone dengan camera yang mampu merekam video 4K sudah cukup banyak beredar di pasaran. Hampir semua merek memilki varian yang mampu merekam video 4K. Camera smartphone pertama yang mampu merekam video 4K adalah Apple iPhone 6s yang dirilis September 2015. Untuk memastikan apakah camera smartphone nya mampu merekam video 4K bisa dilihat di bagian settings camera:

(Aktifkan camera > Settings > Video quality)

Atau di bagian settings hp:

(Menu Apps > Settings > Apps > Camera > Quality)

Jika terdapat pilihan UHD / 4K / 2160p, berarti camera nya mampu merekam video 4K. Di bagian bawah tulisan ini kami sajikan daftar smartphone dengan camera yang mampu merekam video 4K.

Display.
Untuk smartphone yang sudah menggunakan display atau layar tampilan 4K dengan resolusi layar 3840 x 2160, sejauh ini hanya Sony Xperia Z5 Premium dengan ukuran layar 5,5 in yang dirilis pada November 2015. Cameranya pun mampu merekam video dengan qualitas 4K (2160p) pada 30 fps. Sebuah hp yang sangat prestige. Berikut spec Sony Xperia Z5 Premium:

  • Chipset: Qualcomm® Snapdragon™ 810, 64-bit Octa-core
  • Display: 5.5” 4K UHD (3840×2160), 806 PPI dengan auto upscaling
  • OS        : Google Android 6.0 (Marshmallow)
  • Camera : 1/2.3” 23 MP Exmor RS™ for mobile sensor, Hybrid AF 0.03 sec, 5 x Clear Image Zoom, ISO 12800 Photo / 3200 Video, SteadyShot™ with Intelligent Active Mode, 4K video recording.
  • Memory & storage: 3 GB RAM, Up to 32 GB flash memory, Up to 200 GB microSD™ card
  • Battery: 3430 mAh

Xperia Z5 Premium

(Source: https://www.sonymobile.com/global-en/products/phones/xperia-z5-premium/)

Untuk menyematkan kedua teknologi 4K, Camera dan Display, pada sebuah smartphone sepertinya bukan hal mudah. Merekam video 4K dan menampilkan video 4K tentu akan membutuhkan energi yang besar dengan kecepatan pemrosesan yang tinggi. Namun sejak Qualcom merilis chipset Snapdragon 800 series nya, yang memiliki kecepatan tinggi dengan daya rendah, kemungkin menyematkan dua teknologi 4K pada smartphone jadi terbuka. Dan seperti yang sudah diperkirakan, pada 2017 ini akan muncul lagi beberapa smartphone dengan layar tampilan 4K UHD. Di antarannya adalah Samsung Galaxy S8, Apple iPhone 8, LG G6, Sony Xperia X series dan HTC 11.

Kritik pasarpun mulai bermunculan menanggapi kemunculan teknologi layar 4K pada smartphone. Kata yang tepat mungkin adalah “terlalu berlebihan”. Alasannyapun masuk akal. Mata manusia tak akan mampu membedakan kualitas Full HD dengan 4K apalagi dengan ukuran layar selebar telapak tangan. Pada TV saja, kita baru bisa membedakan sensasi layar 4K dengan layar full HD pada layar TV 60 an inchi. Bagaimana dengan layar yang cuma seukuran telapak tangan. Namun, seperti pengalaman yang sudah-sudah berlebihan atau tidak semua tergantung konsumen. Dan teknlogi tak akan bisa dibendung ketika konsumen menerima dengan senang hati walau manfaat tak sebanding dengan harga.

Sebagai tambahan, jika anda ingin mengecek resolusi layar bisa menggunakan aplikasi seperti Dev check yang bisa didownload dari play store. Terkadang resolusi layar tampilan juga diukur dari jumlah pixel per inchi, PPI yang mengacu pada panjang diagonal layar. Untuk menghitung jumlah PPI layar hp anda bisa gunakan aplikasi PPI Calculator juga dari play store.

Berikut daftar smartphone yang sudah menggunakan camera 4K;

Smartphone dengan camera 4K 
Acer Liquid Jade PrimoOnePlus 3T
Apple Iphone 6sOnePlus One
Apple Iphone 6s plusOppo Find 7
Apple Iphone 7Oppo Find 7A
Apple Iphone 7 plusOppo R9S
Apple Iphone SESamsung Galaxy Alpha
Asus Zenfone 3 ZE552KLSamsung Galaxy Note 3
Blackberry PrivSamsung Galaxy Note 4
Google Pixel XLSamsung Galaxy Note Edge
HTC 10Samsung Galaxy Note 5
HTC 10 EvoSamsung Galaxy Note 7
HTC One E9+Samsung Galaxy S5
HTC One M9Samsung Galaxy S5 Active
Huawei Mate 9Samsung Galaxy S6
Huawei Mate 9 ProSamsung Galaxy S6 Edge
Huawei Nexus 6pSamsung Galaxy S6 Edge +
Huawei NovaSamsung Galaxy S7
Huawei Nova plusSamsung Galaxy S7 Edge
Lenovo P2Sony Xperia M5
Lenovo Vibe Z2 ProSony Xperia XZ
LG G Flex 2Sony Xperia Z2
LG G Pro 2Sony Xperia Z3
LG G3Sony Xperia Z3 Compact
LG G4Sony Xperia Z3+
LG G5Sony Xperia Z5
LG Nexus 5XSony Xperia Z5 Compact
LG V10Sony Xperia Z5 Premium
LG V20Vivo V5 +
Microsoft Lumia 950Vivo Xplay 5 Elite
Microsoft Lumia 950 XLVivo Xshot
Motorola Moto X (2nd gen)Xiaomi Mi 4
Motorola Moto X ForceXiaomi Mi 5
Motorola Moto ZXiaomi Mi 5s
Motorola Moto Z PlayXiaomi Mi 5s+
Motorola Nexus 6ZTE nubia 9
OnePlus 2ZTE nubia 11
OnePlus 3

(Source: http://www.gsmarena.com/)


Artikel terkait:
– Apa itu Ultra HD atau 4K TV?
– Apa maksud Upscaling pada pesawat TV UHD / 4K?
– Yang perlu diketahui mengenai konten Ultra HD / 4K
– Mencari konten video 4K / Ultra HD di Youtube dan cara memainkannya
– Apa beda HDTV dengan UHDTV
– Apa maksud smartphone atau tablet refurbished
– Fitur dan spec Samsung Galaxy S8 dan S8+ 2017
– Apa itu Android TV, merk TV apa saja yang menggunakan android TV
– Maksud dan fungsi HDR pada camera smartphone