Apa itu NFC dan bagaimana cara menggunakannya

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang berarti komunikasi jarak dekat. Sesuai namanya, dua perangkat yang memiliki teknologi NFC dapat berkomunikasi satu sama lain jika keduanya saling berdekatan.

Teknologi NFC sudah disematkan pada smartphone atau tablet android sejak dirilisnya Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang dikenal dengan Android Beam. Dengan teknologi NFC ini ke dua smartphone/tablet android dapat saling bertukar data seperti foto-audio-video-atau file lainnya dengan mudah.

NFC logo

Cara mengetahui ada tidaknya NFC pada smartphone/tablet
Tidak semua smartphone/tablet dilengkapi teknologi NFC. Untuk memastikan apakah smartphone anda memiliki fitur NFC,

  1. Buka menu Settings
  2. Dibagian Wireless & Network, Klik More
  3. Geser layar ke bawah. Jika smartphone/tablet anda dilengapi teknologi NFC, harusnya ada pilihan NFC dan Android Beam.
NFC di dalam menu settings
NFC di dalam menu settings

Pada beberapa smartphone/tablet, dibelakang cover nya terdapat logo NFC yang menandakan smartphone/tablet tersebut dilengkapi teknolgi NFC.

Cara menggunakan NFC
Untuk melakukan transfer data antara dua perangkat menggunakan NFC, syaratnya ke dua smartphone/tablet:

  • harus dilengkapi dengan teknologi NFC
  • harus berada dalam jarak yang berdekatan sekitar 2 inch atau 10 cm
  • tidak boleh dalam keadaan Sleep atau Locked

Untuk mengaktifkan fitur NFC ini, di menu Settings seperti di atas, klik ON di tombol virtual sebelah NFC dan secara otomatis Android Beam juga akan aktif. Atau dari menu Quick settings (tarik layar ke bawah untuk membuka menu Quick settings) terlihat pilihan NFC. Klik pilihan NFC untuk mengaktifkannya, jika menyala terang berarti NFC sudah aktif.

Setelah memenuhi syarat di atas dan NFC sudah diaktifkan, untuk melakukan transfer:

  1. Pilih file yang akan di kirim dari salah satu smartphone/tablet
  2. Dekatkan ke dua smartphone/tablet saling membelakangi
  3. Tunggu nada atau konfirmasi bahwa ke dua smartphone/tablet saling mendeteksi
  4. Pada layar smartphone/tablet pengirim file muncul popup “Touch to Beam” lalu klik layarnya. Proses pengiriman akan segera berlangsung dan tunggu hingga selesai. Jangan pisahkan ke dua smartphone/tablet sebelum proses transfer data selesai.
  5. Jika sudah selesai akan terdengar audio konfirmasi dan popo up bahwa transfer sudah selesai.

Cara kerja NFC
Seperti halnya Bluetooth atau Wifi, NFC bekerja dengan prinsip mengirim data melalui sinyal gelombang radio. Teknologi yang digunakan NFC didasarkan pada RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan induksi elketromagnetik untuk mengirimkan informasi. Frekuensi transmisi data NFC adalah 13,56 MHz dan data dapat dikrim dengan kecepatan 106, 212, atau 424 kbps. NFC dapat menginduksikan arus listrik terhadap komponen NFC pasif seperti yang terdapat pada stiker yang tidak memiliki power atau daya sendiri. Sehingga komponen NFC pasif tersebut dapat bekerja. Ini merupakan perbedaan mendasar NFC dengan Bluetooth/Wifi.

NFC digolongkan ke dalam dua bagian berdasarkan jenisnya, yaitu:

  1. NFC Passive: NFC jenis ini tidak memerlukan daya atau power sendiri. Dikenal juga dengan NFC tag. NFC tag terdapat sebuah chip komponen tanpa daya yang biasa di tempelkan pada sebuah kartu, stiker, gantungan kunci atau lainnya. NFC tag hanya menyimpan data saja yang dapat di baca maupun ditulis oleh perangkat NFC Active.
  2. NFC Active: Ini yang banyak terdapat pada smartphone/tablet atau perangkat portabel lainnya. NFC jenis ini memerlukan power untuk dapat berkomunikasi dengan NFC aktif lainnya atau dengan NFC pasif.

NFC bekerja dalam tiga mode.

  1. NFC Peer-to-peer: NFC aktif dapat berkomunikasi dengan NFC aktif lainnya untuk saling bertukar data. Smartphone/tablet yang dilengkapi NFC mengirim data dengan memancarkan gelombang radio (RF) kepada smartphone/tablet NFC aktif lainnya. Smartphone/tablet penerima akan menonaktifkan RF saat menunggu kiriman data. Begitu juga sebaliknya sehingga kedua smartphone/tablet dapat saling bertukar data.
  2. NFC Reader/Writer: Smartphone/tablet yang dilengkapi NFC aktif akan membaca data yang tersimpan dalam NFC pasif. Saat akan membaca data, NFC aktif memancarkan induksi medan magnet yang akan mengoperasikan NFC pasif sehingga NFC pasif dapat memancarkan data yang tersimpan di dalamnya. Jadi NFC pasif mendapatkan power dari induksi magnet yang dipancarkan perangkat NFC aktif. Untuk membaca atau menulis data di NFC pasif dapat menggunakan aplikasi seperti Trigger app yang bisa didownload di Play store. NFC Tag yang diprogram menggunakan aplikasi ini hanya bisa dibaca menggunakan aplikasi yang sama.
  3. NFC card emulator: Di sini smartphone/tablet yang dilengkapi NFC berfungsi layaknya sebuah kartu kredit virtual yang dapat digunakan melakukan pembayaran pada toko dengan alat khusus. Tentu sebelumnya kita harus memiliki akun pembayaran online semacam Google Wallet, Samsung Pay, Apple Pay atau lainnya dengan kartu kredit yang valid.

    Pembayaran dengan teknologi NFC
    Pembayaran dengan teknologi NFC

Perbandingan NFC dengan Bluetooth
Ada beberapa perbedaan mendasar yang membuat NFC lebih unggul dibandingkan Bluetooth pada keadaan tertentu. Diantaranya:

  1. Konsumsi daya NFC lebih rendah dibandingkan dengan Bluetooth, bahkan dengan Bluetooth 4 (Bluetooth Low Energy) sekalipun. Dan bahkan NFC pasif dapat beroperasi hanya dengan induksi magnet saja.
  2. NFC memiliki kecepatan koneksi lebih unggul dibandingkan Bluetooth karena tidak memerlukan manual pairing seperti Bluetooth. Manual pairing pada bluetooth adalah mengisikan kode berupa angka ketika akan berpasangan dengan perangkat Bluetooth lainnya.

Kekurangan NFC dibandingkan Bluetooth:

  1. Bluetooth memiliki jangkauan yang lebih luas sekitar 10 meter sedangkan NFC hanya sekitar 10 cm saja. Namun ini dianggap sebagai kelebihan pada NFC jika digunakan untuk pembayaran. Jarak yang dekat lebih aman untuk melakukan transaksi.
  2. Kecepatan transfer NFC lebih lambat dibandingkan dengan Bluetooth. Kecepatan transfer maksimum NFC hanya 424 kbps, sedangkan Bluetooth mampu mencapai 2,1 Mbps (Bluetooth 2.1) dan 1 Mbps dengan Bluetooth Low Energy.

Artikel terkait:
– Manfaat lain Wifi Tethering, Solusi koneksi antar perangkat tanpa jaringan internet
– USB OTG (On The Go), apa maksud dan fungsinya
– ShareLink: Aplikasi transfer file antara komputer dan perangkat android dengan atau tanpa wi-fi
– Fitur baru PC Link: Merekam video layar android dan Koneksi tanpa kabel menggunakan Wi-Fi
– Koneksi Asus Padfone ke laptop/PC dengan kabel USB
– Antara Wi-Fi, Wi-Fi Direct dan Bluetooth
– Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB
– Bluetooth Tethering: Berbagi koneksi internet dengan Bluetooth
– Launcher dan cara mengganti launcher pada android